10 Makanan Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal




Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan – Anda pasti berharap memiliki berat badan yang pas dan tubuh yang bugar. Banyak metode yang diklaim ampuh menurunkan berat badan salah satunya dengan menjaga menu sarapan. Dengan disiplin mengonsumsi makanan sarapan untuk menurunkan berat badan yang sesuai dengan Anda, maka program diet yang Anda terapkan dapat membuahkan hasil yang diinginkan.

Anda bisa kok, menjalankan program diet sambil tetap makan makanan yang Anda sukai. Anda cuma butuh konsisten untuk memilih bahan dan sumber makanan yang tepat untuk asupan sehari-hari. Anda bisa memulainya dengan memperhatikan menu sarapan untuk menurunkan berat badan yang akan Tips Kebugaran bahas di bawah ini.

 

Menu Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

 

1. Kopi

Pecinta kopi tahu, tidak ada yang lebih baik dari secangkir kopi saat memulai kegiatan sehari-hari. Kafein di pagi hari, dapat membantu menambah metabolisme dalam tubuh dan membantu membakar kalori. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi 100mg kafein per hari, mampu membakar 79-150 kalori lebih banyak daripada orang yang tidak mengonsumsi kafein.

Kafein dalam kopi juga terbukti mampu membantu memperbaiki mood dan kondisi mental seseorang. Selain itu, kopi mengandung banyak antioksidan, dan penelitian menunjukan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu di Amerika. Antioksidan di kopi dapat membantu menurunkan resiko penyakit diabetes dan Alzheimer.

 

2. Teh Hijau

Dalam sebuah penelitian menunjukan, 5 gelas teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kafein dalam teh hijau dan antioksidan EGCG dapat membantu proses thermogenesis atau proses produksi panas dalam tubuh. Ketika termogenesis meningkat, pengeluaran energi dan metabolisme lemak meningkat. EGCG tidak hanya meningkatkan kemampuan untuk membakar lemak tetapi juga mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap lemak.

Teh Hijau Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Semua jenis teh kaya akan antioksidan, tetapi teh hijau merupakan salah satu yang tersehat diantara semua jenis teh. Konsumsi teh hijau secara reguler, dapat melindungi otak dari Alzheimer dan jenis-jenis penyakit demensia lainnya.

 

3. Oats

Oats adalah pilihan tepat untuk dijadikan sarapan untuk menurunkan berat badan. Oats memiliki tingkat “kekenyangan” yang paling tinggi dari jenis sarapan lain. Para peneliti juga menemukan bahwa serat dalam oats atau lebih dikenal dengan beta glucan, dapat menambah tingkat hormon PYY. Hormon PYY memiliki hubungan erat dengan tingkat nafsu makan.

Kolesterol LDL juga dapat dikurangi dengan beta glucan, berkurangnya kolesterol LDL dapat meningkatkan sensitifitas insulin dan meningkatkan sistem imun.

 

4. Telur

Telur merupakan sarapan kaya protein. Telur meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Sarapan kaya protein sebagai bagian dari penurunan berat badan akan membantu mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam kuning telur juga dapat membantu mencegah degenerasi makula.

 

5. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani mengandung protein hampir dua kali lebih banyak daripada yogurt biasa. Protein dapat membantu Anda makan lebih sedikit, serta meningkatkan metabolisme sebanyak 15 – 30%. Yogurt juga membantu meningkatkan kadar hormon nafsu makan GLP-1 dan PYY. Yogurt Yunani juga memiliki asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Yogurt Yunani Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

6. Keju Halus / Keju Cottage

Keju halus memiliki protein yang membantu meningkatkan metabolisme. Keju halus juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan rasa puas makan, sama bagusnya dengan telur. CLA juga ditemukan dalam keju halus yang full fat, dan dapat membantu metabolisme lemak.

 

7. Jeruk Bali

Makan setengah buah jeruk bali segar sebelum sarapan, dapat membantu meningkatkan upaya penurunan berat badan. Jeruk bali juga membantu dalam penyerapan air, yang penting untuk menjaga berat badan.

 

8. Blueberry

Blueberry memiliki rendah kalori dan tinggi serat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu mengurangi lemak perut. Hal ini diyakini karena tingginya tingkat phytochemical dalam blueberry. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi blueberry mempengaruhi gen yang terkait dengan pembakaran lemak dan penyimpanan lemak.

Blueberry juga membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia dan tekanan darah tinggi.

 

9. Selai Kacang Alami

Meskipun selai kacang mengandung banyak lemak dan kalori, selai kacang dapat memberikan rasa kenyang selama beberapa jam setelah makan. Hal tersebut yang membuat selai kacang sangat cocok dimasukkan kedalam menu sarapan untuk menurunkan berat badan.

Pada sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi selai kacang di pagi hari memiliki kadar hormon PYY yang lebih tinggi daripada yang tidak mengonsumsi selai kacang.

 

10. Alpukat

Alpukat juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan serat yang baik. Lemak dan serat tersebut membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pada sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi alpukat merasa 23% lebih kenyang dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan selama 5 jam berikutnya. Asam lemak oleat yang ditemukan dalam alpukat juga telah terbukti mengurangi lemak perut. Sebuah penelitian juga menunjukkan adanya penekan nafsu makan pada alpukat.

 

Nah, itulah beberapa menu sarapan untuk menurunkan berat badan yang bagus dalam membantu program diet yang sedang Anda jalankan. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengawasi asupan makanan kedalam tubuh, niscaya hasil yang Anda inginkan akan segera terwujud. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Be Healthy !!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.