Penyebab Jantung Koroner Yang Harus Di Hindari Sedini Mungkin

Penyebab Jantung Koroner

Penyebab jantung koroner – Penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian terbesar selain kanker. Korbannya tidak memandang usia dan jenis kelamin. Siapa saja berpeluang terserang penyakit mematikan ini terlebih lagi untuk mereka yang memiliki pola hidup tak sehat. Saat saya mengatakan siapa saja berpeluang terkena jantung koroner, itu artinya Anda juga termasuk. Tidak percaya? Silahkan baca ulasan Tips Kebugaran dibawah ini hingga selesai.

 

Pengertian Jantung Koroner

Secara umum pengertian jantung koroner dapat di artikan sebagai terhentinya kerja jantung karena tidak mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi penting lainnya karena pembuluh darah yang membawanya tersumbat. Pada beberapa kasus bahkan orang yang terserang penyakit jantung koroner mengalami pecahnya pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah ke jantung terputus.

 

Penyebab Jantung Koroner

Penyebab jantung koroner yang paling utama disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Secara medis penyakit jantung koroner di sebabkan oleh terjadinya penyumbatan pada pembuluh arteri. Penyumbatan pada pembuluh arteri ini di sebabkan oleh tumpukan plak kolesterol dan zat racun. Jika hal ini terus di biarkan, maka lama-kelamaan pembuluh arteri yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh organ dalam tubuh akan semakin menyempit. Akibatnya terjadi proses degradasi organ tubuh yang di tandai dengan beberapa gejala seperti sesak napas, sakit pada dada sebelah kiri, dan pada akhirnya menyebabkan gagal jantung yang berujung pada kematian.

Beberapa penyebab jantung koroner yang paling umum berasal dari pola hidup buruk yang sering di lakukan tanpa sadar oleh banyak orang, seperti 3M dibawah ini :

1. Merokok

Penyebab jantung koroner yang paling utama adalah kebiasaan mengonsumsi asap rokok. Kandungan karbon monoksida dan nikotin yang masuk bersama asap rokok merupakan radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya jantung koroner. Selain itu tar yang ada pada asap rokok akan menumpuk di paru-paru dan akan ikut tersebar melalui darah. Zat-zat racun ini lama kelamaan dapat menyebabkan munculnya plak pada pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan. Dengan begini suplai darah dan oksigen untuk jantung akan berkurang, kemudian dapat berdampak pada melemahnya sistem pompa jantung.

2. Malas Berolahraga

Malas berolahraga juga bisa menjadi penyebab jantung koroner. Orang yang jarang berolahraga cenderung memiliki metabolisme yang lebih lambat, sehingga sangat berisiko mengalami obesitas. Selain itu peredaran darah menjadi kurang lancar apabila Anda tidak pernah berolahraga sama sekali. Dengan berolahraga, organ tubuh termasuk jantung dapat bergerak secara maksimal sehingga aliran darah menjadi stabil serta mencukupi sirkulasi oksigen untuk jantung.

3. Makanan Berkolesterol Tinggi

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa penyebab utama jantung koroner adalah penyumbatan pembuluh darah oleh plak kolesterol. Oleh karena itu, terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi sangat berisiko meningkatkan terjadinya serangan jantung koroner. Jika makanan seperti ini memang menjadi favorit Anda, cobalah untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Kemudian secara perlahan-lahan Anda harus meninggalkan makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan menggantinya dengan yang lebih sehat.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Kadar gula darah juga suatu hal yang mesti diperhatikan jika ingin terhindar dari penyakit jantung koroner. Kebiasaan mengonsumsi berlebihan pada makanan atau minuman yang mengandung gula dapat meningkatkan kadar gula darah. Tingginya kadar gula dalam tubuh dapat berisiko menjadi penimbunan lemak, sehingga aliran darah akan terganggu yang akan berdampak pada melemahnya jantung.

 

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Gejala penyebab jantung koroner terasa biasa saja, sehingga sering diabaikan dan disalah artikan sebagai sakit maag atau hulu hati. Tidak ada yang bisa tahu kapan penyakit jantung koroner akan menghampiri kita, namun kita perlu waspada jika gejala jantung koroner ini mulai terasa pada tubuh. Berikut beberapa gejala jantung koroner yang sering dirasakan oleh penderitanya :

  1. Terasa sakit di bagian kiri dada hingga ke pundak dan lengan kiri.
  2. Nafas menjadi sesak dan kepala terasa pusing.
  3. Detak jantung menjadi tidak stabil.
  4. Badan menjadi lemas dan mudah lelah.
  5. Keluar keringat tanpa melakukan kegiatan apapun.
  6. Perut sering mual serta berkurangnya nafsu makan.

 

Pengobatan Jantung Koroner

Jantung koroner bisa sembuh dengan melakukan beberapa tindakan pengobatan dan memperbaiki pola hidup, karena pada dasarnya faktor penyebab terjadinya jantung koroner adalah pola hidup yang tidak sehat. Jika Anda telah mengalami tanda-tanda adanya gejala jantung koroner, segeralah lakukan tindakan pengobatan sedini mungkin agar gejala ini tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius.

Cara mengobati jantung koroner yang paling mudah dan aman adalah dengan cara-cara yang alami dan tradisional. Selain aman, juga hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya. Pengobatan jantung koroner secara alami dapat di lakukan menggunakan bahan-bahan yang sebenarnya sudah sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa membuat beberapa ramuan obat tradisional jantung koroner dari tanaman herbal seperti mahkota dewa dan sambang darah. Cara-cara pengobatan alami seperti ini jauh lebih aman dan tidak memiliki efek samping.

 

Nah begitulah ulasan lengkap tentang penyebab jantung koroner lengkap dengan gejala serta pencegahannya. Jangan sia-siakan waktu sehat Anda, cobalah untuk disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat dan bersih agar tetap menjaga kesehatan Anda. Pencegahan terbaik dalam menghindari penyakit jantung koroner adalah menerapkan pola hidup sehat sejak masa muda dan dalam kondisi badan sehat dan bugar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi mereka yang masih belum bisa meninggalkan kebiasaan buruk dalam kesehariannya. Be Healthy !!

Baca Juga

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Mencegah Penyakit Jantung Yang Bisa Di Lakukan Setiap Hari - Tips Kebugaran
  2. Macam-macam Penyakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui - Tips Kebugaran
  3. Waspada Botak Saat Muda Sebagai Gejala Awal Kanker Prostat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*