Kenali 6 Jenis Olahraga untuk Tulang dan Sendi yang Mudah Diterapkan




Olahraga untuk Tulang dan Sendi

Tulang dan sendi menjadi organ tubuh yang wajib Anda jaga untuk bisa tetap beraktivitas secara aktif dan lincah. Namun sayangnya, tidak jarang diantara kita seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan usia ketika kita jarang melakukan olahraga untuk tulang dan sendi ketika muda, kesehatan tulang dan sendi yang kita miliki berkurang. Salah satu yang biasanya terjadi adalah menurunnya tingkat kepadatan tulang dan sendi yang biasanya mengakibatkan berbagai masalah. Tidak hanya itu saja ada berbagai macam penyakit tulang dan sendi yang biasanya mengancam manusia menginjak masa tua. Di mana, beberapa penyakit tersebut akan Tips Kebugaran ulas selengkapnya di beberapa segmen berikut ini.

Meskipun setiap penyakit memang ada obat yang bisa menyembuhkan, bukan berarti Anda harus menunggu diserang penyakit agar bisa merawat tulang dan sendi Anda dengan baik. Seperti pepatah mengatakan jika mencegah lebih baik dari pada mengobati. Ada beberapa cara mencegah tulang dan sendi terkena penyakit. Salah satunya adalah dengan melakukan olah raga untuk tulang dan sendi secara teratur. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk merawat tulang dan sendi bisa terbilang cukup ringan dan mudah. Nah, untuk mengetahuinya lebih lengkap mari kita simak ulasan di bawah ini.

Penyakit Tulang dan Sendi

Penyakit Tulang dan Sendi

1. Bunions atau pembengkakan ibu jari

Seperti namanya, penyakit ini memang menyerang kedua bagian ibu jari kaku secara bersamaan. Biasanya, penyakit ini diakibatkan oleh penggunaan sepatu dengan ukuran yang terlalu sempit. Di mana, sepatu yang sempit tersebut akan menimbulkan tekanan pada jari-jari kaki yang akan berakibat pada peradangan yang menimbulkan rasa sakit. Penyakit tulang dan sendi yang satu ni sendiri biasanya ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Untuk mencegah sakit yang terjadi karena yang satu ini, Anda bisa melakukan beberapa olahraga tulang dan sendi yang rutin.

2. Calcaneal Spur atau sakit pada tumit

Tumit kaki bisa dibilang merupakan bagian pada kaki yang bekerja begitu keras untuk menopang seluruh tubuh. Beratnya beban yang dipegang oleh tumit kaki ini tidak jarang membuatnya bermasalah. Salah satunya adalah Calcaneal Spur yang merupakan penyakit pada tumit kaki karena diakibatkan bobot tubuh yang terlalu berat. Bobot tubuh yang terlalu berat ini membuat tulang pada tumit kaki menonjol keluar seperti taji. Anda bisa mengobatinya atau meredakannya dengan merendam kaki secara rutin pada air hangat dan memijatnya.

3. Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan sebuah penyakit tulang dan sendi yang biasanya menyerang para orang tua atau manula. Penyakit ini sendiri lebih familiar dan dikenal dimasyarakat dengan nama rematik. Rematik atau Osteoarthritis sendiri merupakan penyakit yang biasanya terjadi dengan ditandai rasa nyeri pada bagian sendi atau tulang dibeberapa bagian. Biasanya, rematik ini menyerang lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu dan pinggul.

4. Osteoporosis

Bisa dibilang penyakit yang satu ini menjadi penyakit pada tulang dan sendiri yang paling populer. Di mana, sama halnya dengan rematik, penyakit ini juga kebanyakan menyerang manusia usia lanjut atau manula. Osteoporosis terjadi dengan berkurangnya kepadatan tulang yang membuat tulang menjadi rapuh, keropos dan mudah sekali patah. Lakukan olahraga tulang dan sendi sejak dini sebagai pencegahan agar penyakit ini tidak menyerang Anda di kala masa tua.

 

Jenis Olahraga untuk Tulang dan Sendi

1. Jogging

Jogging menjadi salah satu olahraga untuk tulang dan sendi yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Meskipun mudah, namun rupanya manfaat jogging ini tidak bisa disepelekan. Pasalnya, jogging terbukti mampu memperkuat sendi serta meningkatkan kepadatan dari ulang manusia. Dengan rajin melakukan jogging, Anda bisa terhindar dari resiko osteoporosisi di waktu tua nanti.

Jogging Olahraga untuk Tulang dan Sendi

Banyak orang yang salah persepsi mengenai efek jogging ini pada tulang dan sendi. Pasalnya, tekanan tulang dan sendi yang ditimbulkan pada saat melakukan jogging banyak disalah pahamkan akan membahayakan tulang dan sendi. Padahal, pemahaman tersebut bisa dibilang seratus persen salah.

2. Berjalan kaki

Sama halnya seperti jogging, berjalan kaki juga bisa dibilang sebuah olah raga yang murah dan mudah. Bukan tanpa alasan, pasalnya berjalan kaki tidak membutuhkan alat bantu apapun untu melakukannya. Anda hanya perlu memiliki niat untuk melakukan jalan kaki. Berjalan kaki ini juga bisa menjadi pilihan olah raga yang paling cocok untuk lansia yang sudah tidak memiliki banyak tenaga untuk melakukan jogging atau berlari.

3. Latihan beban

Menurut penelitian, latihan beban merupakan olahraga untuk tulang dan sendi yang terbaik untuk dilakukan. Pasalnya, latihan beban disebut-sebut mampu mengendalikan kadar skerostin di dalam tubuh dan meningkatkan hormon khusus yang berperan dalam pertumbuhan tulang. Sklerostin sendiri merupakan salah satu protein alami dalam tubuh manusia yang mempengaruhi kekuatan tulang.

Di mana, jika kadar sclerostin dalam tubuh telah melebihi batas, maka hal tersebut akan membuat tulang menjadi lebih rentan terkena pengeroposan. Sehingga dengan demikian, dapat disimpulkan jika latihan beban dapat menunda dan mencegah kerusakan tulang.

4. Bersepeda

Bersepeda memiliki berbagai manfaat bagi tubuh khususnya tulang dan sendi. Meskipun sering dianggap sebagai penyebab sakit lutut, namun sebenarnya bersepeda memiliki manfaat yang sangat baik untuk sendi lutut. Pasalnya gerakan mengayuh pada sepeda diyakini mampu mendorong nutrisi pada tulang rawan yang ada di lutut. Untuk itulah mengayuh sepeda ini sangat bermanfaat bagi tulang khususnya lutut.

Bersepeda Olahraga untuk Tulang dan Sendi

Tidak hanya itu saja, bersepeda juga diyakini mampu menyembuhkan sakit yang terjadi pada tulang punggung. Di mana, bersepeda mampu mengembalikan kemampuan piringan-piringan pada tulang punggung dan mengoptimalkan kembali suplai nutrisi. Pasalnya, sakit pada punggung sendiri memang biasanya disebabkan karena piringan-piringan pada tulang punggung yang tidak mendapat nutrisi dengan baik.

5. Yoga

Yoga merupakan olah raga yang saat ini sudah cukup populer diberbagai kalangan dan sangat diminati karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tak heran jika yoga pun menjadi salah satu olahraga untuk tulang dan sendi yang cukup baik untuk bisa Anda lakukan. Menurut beberapa informasi dikatakan jika olahraga yoga ini sangat baik untuk mencegah osteoporosis.

6. Stretching

Stretching Olahraga untuk Tulang dan Sendi

Stretching adalah sebuah gerakan relaksasi atau peregangan otot yang biasanya dilakukan secara spontan ketika bangun tidur. Selain mampu mengendorkan otot dan merelaksasi tubuh, stretching disebut-sebut memiliki manfaat yang besar untuk tulang dan sendi. Pasalnya, gerakan stretching mampu membuat sendi-sendi yang kaku kembali normal. Tidak hanya itu saja, stretching juga mampu mengembalikan posisi sendi atau tulang yang salah ketika bangun tidak ke posisi yang normal.

Nah itulah beberapa olahraga untuk tulang dan sendi yang bisa Anda praktekan demi menjaga tulang atau sendi yang Anda miliki tetap sehat dan kuat. Lakukanlah beberapa olahraga tersebut secara teratur maka dipastikan tulang dan sendi Anda akan terawat dengan baik. Selamat mencoba. Be Healthy !!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.