9 Obat Vertigo di Apotik & Alami Yang Ampuh – Penyebab & Gejala




Obat Vertigo

Orang yang pernah mengalami sakit vertigo mengerti betul bagaimana rasa sakit yang terjadi di bagian kepalanya. Oleh sebab itu, bagi setiap penderita perlu mengetahui obat penyakit vertigo, agar rasa sakit tersebut lenyap.

Vertigo sendiri merupakan sebuah penyakit atau gejala yang menyebabkan si penderita merasakan sensasi terasa berputar, baik sensasi pada diri sendiri atau sensasi sekeliling yang terasa berputar.

Vertigo bisa muncul secara tiba-tiba. Kondisi penyakit vertigo yang dialami oleh satu orang dengan orang lainnya mungkin tidak semuanya sama. Ada jenis vertigo yang ringan, hanya sebentar dan tidak terlalu terasa, namun ada pula jenis vertigo yang terasa luar biasa dan parah.

Bahkan jenis vertigo dalam kategori parah bisa berlangsung lama dan terus berlangsung selama beberapa hari, sehingga tidak jarang kondisi ini menghambat rutinitas harian si penderita.

 

Penyebab Vertigo

Pada dasarnya, vertigo terjadi karena adanya ketidakseimbangan tubuh yang dikendalikan oleh otak kecil. Otak kecil inilah yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan yang terdapat pada organ pendengaran (telinga bagian tengah) dan organ penglihatan (mata). Jika diperjelas, maka penyebab penyakit vertigo ada dua, yaitu;

  1. Adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakberesan organ telinga bagian tengah dan organ telinga bagian dalam.
  2. Adanya gangguan yang disebabkan oleh organ penglihatan (gangguan penglihatan)

Selain itu, gangguan pada otak kecil juga bisa mungkin terjadi menjadi salah satu penyebab munculnya gejala penyakit vertigo. Gangguan yang terjadi pada otak kecil dapat mengakibatkan vertigo.

Meskipun kasus ini termasuk jarang ditemukan, namun ada. Hal ini dikarenakan otak memegang peranan penting pada sistem keseimbangan tubuh dan saraf. Kurangnya pasokan oksigen yang melaju menuju ke otak dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit vertigo.

Sejatinya penyebab vertigo bisa bermacam-macam yang pada dasarnya berasal dari otak, gangguan telinga dan penglihatan. Selain itu, ada pula beberapa penyebab umum munculnya gejala vertigo yang perlu diwaspadai, seperti;

  1. Penyakit Meniere, yaitu penyakit yang muncul akibat adanya peningkatan yang terjadi pada endolimfe. Endolimfe inilah yang memiliki hubungan dengan distensi seluruh sistem endolinfatik. Singkatnya penyakit Meniere merupakan penyakit yang dapat menyebabkan telinga bagian dalam menghasilkan cairan yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh.
  2. Penyakit Migrain, atau penyakit jenis sakit kepala yang dapat mempengaruhi penglihatan penderita.
  3. Adanya tumor di dalam otak
  4. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan pada indra pendengaran (telinga)
  5. Trauma yang disebabkan oleh luka yang terjadi pada bagian kepala dan leher
  6. Vestibular Neutonitis atau inflamasi saraf vertibular yang ada pada indra pendengaran (telinga) bagian dalam.
  7. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BBPV) atau Vertigo Posisi Paroksismal Jinak, yaitu penyakit vertigo yang disebabkan dari perubahan posisi kepala tertentu.

 

Gejala Vertigo

Penyakit vertigo terbagi menjadi dua kategori, yaitu vertigo ringan dan parah. Keduanya memiliki gejala yang berbeda-beda, yaitu;

1. Gejala vertigo ringan

Vertigo golongan ringan dapat dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut;

  • Pusing
  • Mual
  • Muntah
  • Muncul keringat dingin
  • Telinga terasa berdenging

2. Gejala vertigo berat (parah)

  • Kehilangan keseimbangan yang menyebabkan si penderita mengalami kesulitan untuk berdiri dan berjalan
  • Mual yang luar biasa dan tak tertahankan
  • Mengalami kesulitan mengeluarkan suara (berbicara)
  • Nistagmus atau gerakan mata yang tidak normal
  • Mengalami gangguan penglihatan

Jika Anda mengalami pusing yang tidak biasa, mungkin itu gejala vertigo. Jika vertigo Anda tidak kunjung sembuh atau vertigo ringan menjadi terasa berat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

 

5 Obat Vertigo di Apotik Yang Paling Ampuh

1. Vastigo

Vastigo merupakan obat vertigo jenis generic dalam bentuk tablet yang bisa didapatkan di apotek dengan kemasan Dos isi 10 strip. Selain dapat mengatasi gangguan pendengaran yang berkaitan dengan penyakit Meniere yang merupakan salah satu penyebab vertigo, Vastigo juga berkhasiat untuk meredakan tinnitus.

Obat vertigo ini merupakan jenis obat antagonis reseptor histamine H3 yang di dalamnya terkandung Betahistin Mersilat.

Obat generic ini dapat membantu Anda meredakan sakit vertigo. Namun, jika Anda merupakan penderita gastric ulcer dan asma bronkial, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsinya. Selain itu, obat ini juga tidak baik untuk ibu hamil dan menyusui.

2. Mertigo

Jika Anda mencari obat vertigo apotik yang ampuh, Mertigo jawabannya. obat ini berkhasiat untuk meredakan penyakit vertigo dan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh penyakit Meniere.

Meskipun obat ini ampuh untuk mengobati vertigo dan dapat ditemukan dengan mudah di apotek dan mini market, namun penggunaan obat ini haruslah sesuai dengan resep dokter.

Selain itu, penderita asma bronkial dan yang memiliki riwayat ulkus peptikum tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat vertigo ini.

3. Betaserc

Betaserc mengandung Betahistine yang dapat melebarkan pembuluh darah. Dengan pembuluh darah menjadi lebih lebar, maka sirkulasi darah akan kembali lancar.

Khasiat utama obat ini adalah untuk menyembuhkan penyakit Meniere. Sama seperti Mertigo, obat vertigo ini hanya bisa didapatkan di apotek dengan resep dokter.

4. Unalium

Unalium merupakan obat penyakit vertigo yang dapat didapatkan di apotek dengan harga yang terjangkau. Selain apotek, Anda pun dapat menemukan obat ini di toko-toko obat biasa.

Karena obat ini memiliki efek samping mendatangkan kantuk, maka tidak disarankan mengkonsumsi Unalium pada saat hendak atau sedang mengemudi.

Obat ini sangat ampuh untuk mengatasi gejala awal vertigo, seperti sakit kepala terasa berputar-putar dan migraine. Selain itu, Anda bisa menggunakan obat ini untuk mengatasi gangguan ingatan dan gangguan ritme tidur.

5. Sturgeron

Sturgeron merupakan obat vertigo paten yang memiliki khasiat ampuh untuk melebarkan pembuluh darah tanpa menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Selain itu, obat yang mengandung Cinnarizine ini juga dapat memperbaiki sirkulasi darah pada pembuluh darah yang menyempit dan mengurangi kekentalan darah. Dengan begitu, jelas jika Sturgeron dapat mengatasi penyakit vertigo, gangguan keseimbangan dan gangguan sirkulasi darah.

 

4 Obat Vertigo Alami Yang Paling Ampuh

1. Ramuan bunga matahari, telur ayam dan jahe

Cara membuat ramuan obat penyakit vertigo alami dengan bahan bunga matahari, telur ayam dan jahe, yaitu;

  • Cuci bersih bahan (bunga matahari, jahe dan telur ayam)
  • Rebus ketiga bahan tersebut dengan menggunakan air putih bersih sampai mendidih, kemudian biarkan surut hingga menjadi setengahnya.
  • Angkat ramuan, kemudian saring

Setelah disaring, ramuan obat vertigo alami tersebut bisa langsung dikonsumsi oleh penderita vertigo. Rutinlah mengkonsumsi ramuan ini 2 kali sehari hingga penyakit vertigo dirasa membaik. Telur ayam juga bisa dikonsumsi terpisah, yaitu setelah mengkonsumsi nasi.

2. Ramuan daun dan buah bunga melati

Cara membuat ramuan obat vertigo alami dengan memanfaatkan bunga melati, yaitu;

  • Sediakan satu genggam bunga melati dan 10 buah bunga melati
  • Campurkan kedua bahan tersebut agar menjadi Satu
  • Remas-remas dengan menggunakan tangan
  • Rendam dengan air di dalam rantang

Air hasil dari rendaman buah dan bunga melati tersebut digunakan untuk mengompres penderita penyakit vertigo.

3. Ramuan temulawak

Irisan temulawak juga dipercaya memiliki khasiat sebagai obat penyakit vertigo. Langkah membuat ramuan alami ini adalah sebagai berikut;

  • Iris rimpang temulawak, kemudian keringkan
  • Setelah kering, langkah selanjutnya adalah ditumbuk hingga halus seperti tepung
  • Campur 2 genggam tepung temulawak dan 4-5 gelar air, kemudian rebus hingga mendidih atau hingga air tersisa 3 gelas saja
  • Saring dan ramuan obat penyakit vertigo alami dari bahan temulawak sudah bisa dikonsumsi oleh penderita vertigo.

4. Ramuan jeruk nipis, madu dan teh kental

Vertigo juga bisa disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi ramuan dari jeruk nipis yang dipadu dengan madu dan air teh kental.

Caranya sangat mudah. Ketiga bahan tersebut disatukan, kemudian diaduk hingga merata. Konsumsi ramuan ini sekaligus atau dalam takaran satu kali minum saja.

Ramuan obat vertigo alami ini sebaiknya dikonsumsi 3 kali dalam 1 hari.

 

Obat penyakit vertigo ada beberapa macam, baik yang alami maupun yang bisa Anda dapatkan di apotek. Untuk obat vertigo yang tersedia di apotek, sebaiknya sebelum membeli, cermati terlebih dahulu informasi yang tertera di dalam bungkus obat tersebut.

Akan lebih baik jika Anda mengkonsultasikannya ke dokter, karena beberapa obat vertigo tersebut memiliki pantangan dan tidak semua orang boleh mengkonsuminya.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.