4 Nama Obat Tetes Telinga di Apotik Yang Paling Ampuh




Obat Tetes Telinga

Mengetahui apa saja jenis obat tetes telinga memang penting. Hal ini bertujuan agar jika sewaktu-waktu indra pendengaran Anda tersebut mengalami gangguan, Anda bisa segera mengatasinya. Adapun gangguan yang mungkin terjadi pada telinga, seperti telinga berdengung, telinga gatal dan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kotoran telinga yang menumpuk.

Telinga merupakan salah satu indera yang penting bagi tubuh Manusia. Sayangnya indra ini menjadi salah satu yang sering juga diabaikan oleh manusia. Artinya tidak sedikit orang yang enggan untuk merawat telinganya dengan baik.

Kasus paling umum adalah banyak orang yang tidak perduli kapan saatnya membersihkan telinga. Faktanya meskipun telinga memiliki zat khusus yang memiliki tugas ajaib untuk membersihkan telinga, namun nyatanya kotoran telinga tidak benar-benar bersih total. Alhasil, banyak kasus ditemukan telinga manusia dipenuhi dengan kotoran. Kotoran tersebut sering kali mengganggu, seperti telinga gatal.

Sudah saatnya semua orang sadar dengan kesehatan dan kebersihan telinga, agar semua fungsi panca inderanya berjalan dengan baik. Jika mengalami gangguan telinga, seperti telinga berdengung dan telinga gatal, segera ambil obat tetes telinga berikut ini.

4 Obat Tetes Telinga di Apotik

1. Erlamycetin

Obat Tetes Telinga ErlamycetinErlamycetin merupakan salah satu obat yang dapat mengatasi masalah infeksi pada telinga bagian luar yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Di dalam obat tetes telinga Erlamycetin terdapat Chloramphenicol dengan kadar 1%. Karena kandungan tersebut, maka obat ini menjadi kontra indikasi terhadap penderita yang sensitive terhadap kloramfenikol atau perforasi membrane timpani.

Cara memakai Erlamycetin sangat mudah. Anda cukup meneteskan obat ini ke dalam lubang telinga sebanyak 2 sampai 3 tetes saja. Lakukan pengobatan ini 3 kali dalam sehari. Atau apabila Anda mendapatkan obat ini dari resep dokter, maka lakukanlah pengobatan ini sesuai dengan petunjuk dokter.

Selama masa pengobatan dengan menggunakan obat ini, pastikan telinga selalu terjaga kebersihannya. Hal ini bertujuan agar dapat mempercepat proses penyembuhan.

Jika telinga Anda dirasa telah sembuh, maka hentikanlah pengobatan dengan obat tetes telinga ini. Siapa pun tidak disarankan untuk menggunakan obat ini dalam jangka panjang, karena dapat merangsang hipersensitivitas dan superinfeksi oleh kuman yang resistan.

Harga Erlamycetin dibanderol sekitar Rp 18.000 tiap botolnya.

2. Otopain

Obat Tetes Telinga OtopainOtopain merupakan obat tetes telinga yang tergolong ampuh mengatasi beragam masalah kesehatan telinga. Obat ini mengandung antibiotic (Polimiksin B Sulfat dan Neomisin Sulfat), Analgetik (Lidocain HCl) dan anti radang (Fludrokortison Asetat).

Kombinasi dari ketiganya dapat secara efektif mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada indera pendengaran, seperti telinga gatal, berair, nyeri, hingga telinga bengkak.

Meskipun memiliki khasiat yang efektif dalam mengobati berbagai gejala gangguan kesehatan pada telinga, namun Otopain tidak dapat digunakan pada pasien yang memiliki riwayat kesehatan, seperti;

  • Hipersensitif terhadap Otopain dan obat yang memiliki struktur kimia menyerupai Otopain.
  • Otitis eksterna akut yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti Varicella-zoster atau Herpes simpleks.

Obat tetes telinga ini dapat ditemukan di apotek. Untuk dosis dan cara pemakaian yang tepat, disarankan untuk mengikuti petunjuk dokter. Dosis umumnya yang disarankan adalah sebanyak 4-5 tetes yang diteteskan pada telinga dengan frekuensi tetesan 2-4 kali dalam sehari.

Apabila dalam jangka waktu 10 hari pengobatan, namun tidak kunjung sembuh, segeralah konsultasikan kembali dengan dokter.  Pasien mana pun tidak dianjurkan untuk menggunakan obat tetes telinga ini secara berkepanjangan, karena dapat menyebabkan pertumbuhan yang berlebihan dari organisme non sensitive. Otopain dibanderol dengan harga sekitar Rp 60.000 tiap botol.

3. Tarivid

Obat Tetes Telinga TarividDi dalam tiap kemasan Tarivid terdapat zat aktif berupa Ofloxacin 3 mg/mL. Salah satu obat tetes telinga recommended ini termasuk jenis antibiotic golongan fluorokuinolon generasi ke 2. Jenis ini memiliki spectrum yang luas dan aktif terhadap bakteri, baik gram positif maupun gram negative.

Cara kerja Tarivid adalah dengan cara menghambat dua tipe enzim II topoisomerase, yaitu;

  • DNA Gyrase

DNA Gyrase berfungsi sebagai supercoil DNA, sehingga akan cocok di dalam sel yang baru terbentuk.

  • Topoisomerase IV

Topoisomerase IV membutuhkan DNA terpisah yang telah direplikasi sebelum pembelahan sel bakteri.

Kombinasi dari keduanya sangat bagus untuk membunuh bakteri. Itulah mengapa Ofloxacin termasuk bakterisida. Adapun beberapa gangguan telinga yang bisa diatasi dengan obat tetes ini adalah sebagai berikut;

  • Otitis Media Akut

Otitis Media Akut merupakan salah satu infeksi telinga yang rentan terjadi pada anak usia minimal 1 tahun ke atas. Penyebab infeksi ini bisa beragam, seperti Streptococcus pneumonia, Moraxella catarrhalis, Haemophilus influenza, Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa.

  • Otitis Externa

Gangguan Otitis Externa biasa menyerang orang dewasa dan anak-anak dalam usia minimal 6 bulan ke atas. Penyebab infeksi ini adalah Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa.

  • Chronic Suppurative Otitis Media

Gangguan telinga ini berupa membran timpani yang berlubang. Biasanya menimpa pasien berumur minimal 12 tahun ke atas. Penyebabnya adalah Proteus mirabilis, Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa.

Tarivid dapat menyembuhkan beragam gangguan yang terjadi pada telinga, seperti yang telah diuraikan di atas. Tarivid merupakan obat tetes telinga yang direkomendasikan untuk anak-anak. Meskipun demikian, jika pasien menderita hipersensitivitas atau alergi terhadap obat Ofloxacin/ antibiotic golongan kuinolon, maka pasien tidak direkomendasikan untuk menggunakan obat tetes telinga ini.

Tarivid bisa didapat dengan harga di atas Rp 90.000. Meskipun harganya termasuk tinggi, namun khasiatnya mumpuni. Bahkan Tarivid termasuk salah satu obat tetes mata terbaik yang dapat meredakan berbagai masalah atau gangguan telinga.

4. Forumen

Obat Tetes Telinga ForumenForumen merupakan obat tetes mata yang cukup familiar di masyarakat. Obat ini dapat membantu pasien mengatasi telinga kotor, baik kotoran yang memang susah dikeluarkan ataupun yang memang telah mengeras di dalam. Tentu tidak akan nyaman jika memiliki kotoran di telinga, itulah mengapa para ahli menciptakan obat tetes mata ajaib ini.

Di dalam Forumen terkandung natrium dokusat sebanyak 5 mg yang secara ampuh dapat membantu mengeluarkan kotoran telinga. Cara kerja Forumen adalah dengan cara mengencerkan kotoran yang telah mengering, kemudian mengeluarkannya dalam bentuk cairan yang encer.

Apabila telinga Anda merasa terganggu karena kotoran yang ada di dalamnya, segeralah ambil obat tetes mata ini, kemudian teteskan secukupnya ke dalam telinga. Aturan pemakaiannya tidak cocok jika dipakai untuk 2 malam berturut-turut. Sementara untuk harga, Forumen dibanderol sekitar Rp 28.000 di apotek.

 

Meskipun banyak orang yang menyepelekan telinga, namun faktanya jika indera pendengaran tersebut mengalami gangguan, pasti aktivitas harian tidak akan berjalan dengan lancar.

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui obat-obat tetes telinga terbaik dan paling direkomendasikan.

Apabila Anda mengalami gangguan telinga, seperti telinga kotor, telinga sakit, telinga berdengung, dan berbagai gangguan telinga lainnya, segeralah ambil obat telinga yang direkomendasikan seperti di atas.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.