3 Bahan Alami Yang Dapat Dijadikan Obat Sakit Telinga

Obat sakit telinga

Obat Sakit Telinga – Berenang menjadi salah satu olahraga yang tidak hanya dapat menyehatkan saja namun juga menjadi olahraga yang menyenangkan. Tidak  hanya itu saja, berenang juga merupakan salah satu aktivitas yang dapat membuat tubuh menjadi lebih langsing, ramping, sehat dan bahkan mengesankan. Manfaat inilah yang membuat kebanyakan orang menyukai olahraga berenang. Walaupun olahraga ini sangat menyehatkan dan menyenangkan, namun aktivitas olahraga yang satu ini juga dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan lainnya yaitu masalah kesehatan telinga.

Untuk orang-orang yang aktif melakukan olahraga berenang, memang mereka tidak jarang mengalami telinga yang terasa nyeri atau pun sakit. Masalah nyeri telinga ini sendiri terjadi karena adanya suatu tekanan dari dalam air atau bisa juga karena telinga kemasukan air yang mengandung berbagai macam bakteri dan kuman. Namun kamu tidak perlu khawatir akan masalah nyeri pada telinga tersebut. Sebenarnya ada beberapa bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah nyeri pada telinga karena aktivitas berenang. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat sakit telinga akibat aktivitas berenang.

 

Obat Sakit Telinga Berbahan Alami

 

1. Bawang putih

Asam cuka - Obat sakit telinga

Obat sakit telinga yang pertama adalah bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu antimikroba dan antikuman yang dapat membunuh bakteri dengan cepat, salah satunya adalah bakteri penyebab telinga sakit dan nyeri. Untuk memanfaatkan bawang putih itu sendiri sangatlah mudah, hanya dengan memotong kecil-kecil 5 siung bawang putih. Campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun dan menghangatkannya sebentar. Setelah itu biarkan sampai dingin, kemudian teteskan minyak  yang sudah dicampurkan dengan bawang putih pada telinga. Kamu bisa melakukan cara ini setiap pagi untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

2. Bawang Merah

Asam cuka - Obat sakit telinga

Selain bawang putih, obat sakit telinga juga bisa didapatkan dari khasiat bawang merah. Bawang merah juga dapat  kamu manfaatkan untuk mengatasi infeksi telinga setelah berenang atau pun terlalu lama menggunakan earphone. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam bawang merah juga dapat membunuh bakteri pada telinga penyebab nyeri. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, hanya dengan memanggang atau memanaskan bawang merah sampai keluar minyaknya. Setelah minyak  itu dingin kamu bisa meneteskannya pada telinga. Lakukanlah cara ini secara rutin untuk dapat membuat masalah nyeri pada telinga secara perlahan menjadi  reda.

 

3. Cuka

Asam cuka - Obat sakit telinga

Obat sakit telinga yang terakhir bisa didapatkan dari asam cuka. Cuka juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati dan mengatasi masalah nyeri pada telinga. Kandungan nutrisi dan antioksidan  serta kandungan zat asam yang ada dalam cuka juga dapat membunuh bakteri dengan mudah. Hanya dengan mengambil beberapa sendok cuka kemudian mencampurkannya dengan alkohol. Kemudian kamu bisa meneteskan larutan ini pada telinga sekitar 2-3 tetes untuk dapat meredakan dan mengobati nyeri pada telinga.

 

Begitulah ulasan dari Tips Kebugaran mengenai beberapa bahan alami yang bisa anda jadikan sebagai obat sakit telinga secara mudah. Namun bila sakit masih terasa, sebaiknya segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih serius. Semoga info diatas dapat berguna bagi banyak orang. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 6 Macam Obat Sakit Telinga Berair Paling Ampuh Lengkap Dengan Aturan Pakai
  2. 7 Cara Efektif untuk Mengobati Infeksi Telinga Dengan Alami

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*