9 Obat Panu di Apotik & Alami Yang Paling Ampuh – Penyebab & Gejala




Obat Panu

Obat panu menjadi salah satu obat yang paling sering dicari oleh orang Indonesia, pasalnya banyak orang yang menderita penyakit ini. Bukan hanya rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya, namun panu akan membuat daerah area kulit yang berpanu akan berwarna tidak normal seperti bercak-bercak berwarna lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit aslinya.

Bahkan ada kasus pasien yang memiliki panu berewarna merah atau merah muda. Warna yang tidak biasa atau berbeda dari warna kulit aslinya itulah yang menjadi semacam gangguan, karena merasa tidak normal dan tidak nyaman.

Panu bisa menjangkit kulit daerah mana saja. Namun yang paling sering ditemukan, panu lebih suka menyerang daerah-daerah seperti panu di punggung, dada, leher dan wajah. Panu di wajah tentu sangat mengganggu penampilan.

Oleh sebab itu, orang dengan kondisi demikian pasti akan mati-matian mencari obat panu paling mujarab yang bisa menghilangkan panu dengan cepat dan tanpa bekas.

 

Penyebab Panu

Panu merupakan sejenis penyakit kulit yang muncul karena jamur Malassezia furfur atau pityrosporum ovale. Jamur ini sering ditemukan menyerang kulit manusia. Meskipun demikian, jamur penyebab panu ini tidak berbahaya.

Awalnya Malassezia muncul sedikit, namun lama-lama jamur ini bisa berkembang biak secara tidak terkendali. Perkembangbiakan yang besar-besaran ini menimbulkan bercak-bercak putih pada kulit.

Penyebab panu memang disebabkan oleh jamur Malassezia. Namun, pasien satu dan lainnya akan mengalami penyakit panu yang tidak sama.

Sebagian memiliki panu yang sedikit, sementara sebagian yang lain akan memiliki panu yang banyak. Sedikit dan banyaknya panu tersebut tergantung pada seberapa besarnya perkembangbiakan jamur Malassezia. Sayangnya sampai saat ini belum diketahui secara persis apa penyebab jamur tersebut memiliki kemampuan berkembang biak yang berbeda dari pasien satu dengan yang lainnya.

Di masyarakat, munculnya panu diidentikkan dengan kebersihan seseorang yang buruk. Namun faktanya teori ini tidak seratus persen benar. Menurut para ahli, munculnya panu disebabkan oleh salah satu atau beberapa faktor berikut ini;

  1. Kondisi kulit yang berminyak
  2. Sering berkeringat dengan jumlah yang banyak
  3. Cuaca yang lembab dan panas
  4. Sedang mengalami perubahan hormone
  5. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

 

Gejala Panu

Panu memang penyakit yang tidak berbahaya, namun penyakit kulit ini bisa menular. Penularan ini bisa melalui beberapa cara, seperti pemakaian handuk secara bersama-sama dengan pasien atau pakaian lainnya.

Kemunculan awal panu sering kali tidak disadari pasien, terlebih jika jamur Malassezia furfur mengincar daerah yang tidak mudah terlihat, seperti punggung. Meskipun demikian, gejala-gejala berikut ini bisa menjadi pertanda seseorang tengah diserang jamur penyebab panu tersebut, seperti;

1. Gatal-gatal

Gatal-gatal merupakan salah satu gejala panu, terlebih ketika pasien tengah berkeringat banyak,.

2. Permukaan kulit berubah warna

Gejala yang paling mudah dikenali dari penyakit panu adalah perubahan warna kulit dari pigmen kulit asli pasien ke warna yang berbeda, seperti putih, cokelat atau merah.

3. Muncul sisik halus yang menutupinya

 

4 Obat Panu Alami

Ada beberapa jenis bahan yang bisa dijadikan sebagai obat panu alami. Bahan-bahan di bawah ini sudah lama menjadi obat panu tradisional, karena ampuh dan cepat mengatasi panu, seperti;

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang sering juga digunakan sebagai obat. Bagian yang bisa menyembuhkan panu adalah getahnya. Cara membuat ramuan tradisional sebagai obat panu alami sangat mudah.

Siapkan 1 siung bawang putih, kemudian potong menjadi 2 bagian, lalu oleskan potongan tersebut pada bagian kulit yang berpanu. Lakukan pengobatan ini setiap hari setelah selesai mandi dan pada malam hari saat hendak tidur secara rutin sampai panu sembuh dan hilang.

Selain itu, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat kutil dan obat bisul.

2. Kombinasi belerang, air perasan jeruk dan minyak kelapa

Belerang telah terkenal sebagai obat segala macam penyakit kulit sejak dahulu kala. Di dalam belerang terdapat mineral di sangat mujarab membasmi jamur yang menjadi penyebab utama panu.

Cara mengobati panu dengan belerang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan belerang secukupnya saja, kemudian tumbu sampai halus. Setelah halus, kemudian campurkan air dari perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Oleskan obat panu alami dan ampuh ini 2- 3 kali sehari secara rutin.

Selain itu, terdapat juga banyak sekal manfaat minyak kelapa lainnya seperti digunakan sebagai obat memutihkan selangkangan.

3. Lidah buaya (aloe vera)

Daun lidah buaya yang berupa gel sangat ampuh untuk mengobati beragam penyakit kulit sekaligus merawat kulit agar tetap sehat dan cantik.

Cara menghilangkan panu dengan lidah buaya ini pun sangat praktis dan cepat, yaitu gunakan lender atau gel lidah buaya (daunnya) untuk menggosok-gosokkan kulit yang berpanu.

Lidah buaya sendiri memang sudah terkenal dapat digunakan sebagai obat-obatan seperti obat penyakit herpes. Selain itu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan adalah dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo dan cara merawat rambut berhijab.

4. Lengkuas

Satu lagi bumbu dapur yang bisa menjadi bahan efektif menyembuhkan panu, yaitu lengkuas. Sebelum menggunakan lengkuas sebagai obat anti panu, Anda harus memastikan bahwa kulit benar-benar telah kering dan terbebas dari keringat. Selain itu, lengkuas perlu dikupas, kemudian di cuci bersih sebelum digunakan.

Setelah dicuci, lengkuas yang sudah bersih tersebut ditumbuk sampai halus, kemudian dicampur dengan minyak tanah. Cara mengaplikasikannya sama seperti salep obat panu, yaitu dioleskan pada daerah kulit yang memiliki panu. Lakukan pengobatan tradisional ini rutis setiap pagi setelah mandi dan malam hari sebelum tidur.

 

5 Obat Panu di Apotik

Selain bahan-bahan tradisional di atas, panu juga bisa diobati dengan beberapa obat yang tersedia di apotik, seperti;

1. Terrasil Anti-Fungal Treatment

Terrasil Anti-Fungal Treatment merupakan obat panu di apotik dalam bentuk krim yang manjur untuk menghilangkan panu, bahkan yang telah menahun sekalipun.

Obat ini telah terdaftar di FDA. Jadi, selain mujarab, juga aman tentunya. Produk ini sendiri dibuat dengan cara menggabungkan sains dan beragam bahan-bahan alami juga organik.

2. Phytozine Anti-Fungal Ringworm Cream

Jika Anda mencari obat panu dalam bentuk salep mujarap dan cepat yang dijual di apotik, Phytozine Ringworm Cream adalah jawabannya. Di dalam produk ini terkandung mineral alami, unsur organic dan Tolnaftate.

Tolnaftate merupakan bahan aktif yang sangat efektif membasmi segala jenis jamur yang menyerang kulit. Bahkan, bahan aktif tersebut telah mendapatkan persetujuan dari FDA, sehingga aman dan layak digunakan.

3. PurTect Antiseptic Ointment

PurTect Antiseptic Ointment merupakan produk yang memang diproduksi untuk mengobati berbagai masalah penyakit kulit, seperti panu, iritasi dan kulit kering. Produk ini sangat baik untuk menenangkan kulit yang bermasalah, baik karena jamur ataupun karena luka bakar dan lainnya.

Kandungan Aloe, minyak kelapa, Emolien, Vitamin A dan E yang terkandung di dalamnya tidak hanya akan menyembuhkan penyakit kulit, tetapi juga menutrisi kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit sensitive, PurTect Antiseptic Ointment sangat cocok untuk Anda, karena obat yang berbasis antiseptic ini tidak mengandung pewarna dan pewangi.

4. TheraTree Therapeutic Soothing Lotion

TheraTree Therapeutic Soothing Lotion mengandung minyak atsiri yang terbukti manjur mengobati segala macam penyakit kulit, seperti panu, infeksi jamur, iritasi kulit, kulit kering, hingga bau kaki.

Selain itu, di dalam obat panu dalam bentuk lotion ini juga terkandung Peppermint yang sangat baik untuk menenangkan kulit yang gatal akibat panu.

5. Lotrimin AF Antifungal Powder Spray for Jock Itch

Gejala panu yang sangat mengganggu adalah rasa gatal yang sering kali tak tertahankan. Jika Anda terjangkit panu yang disertai dengan rasa gatal, Lotrimin AF Antifungal Powder Spray for Jock Itch merupakan salah satu pilihan obat panu terbaik.

Produk ini terbukti ampuh menghilangkan panu juga meredakan rasa gatal yang menyertainya. Kemasannya pun sangat unik dan praktis, yaitu berupa bedak yang dikemas dalam bentuk spray.

 

Panu memang penyakit umum dan tidak berbahaya. Meskipun demikian, akibat dari penyakit ini pasien memiliki bercak dengan warna yang sering kali kontras dengan warna kulit asli atau bawaan.

Warna yang kontras tersebut tentu menimbulkan rasa tidak percaya diri, terlebih jika panu menyerang kulit yang mudah terlihat, seperti wajah. Oleh sebab itu, wajar saja jika pasien yang menderita penyakit ini akan segera mencari obat panu paling ampuh dan cepat.

Jika Anda masih ingin mempelajri lebih lanjut mengenai pengobatan alami untuk penyakit panu, Anda juga bisa mengunjungi artikel Cara Menghilangkan Panu Secara Alami.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.