8 Obat Panas Dalam di Apotik & Alami – Penyebab & Gejala




Obat Panas Dalam

Semua orang umumnya pernah mengalami panas dalam. Tidak hanya orang dewasa atau orang tua, anak-anak dan bahkan bayi pun bisa terkena gangguan kesehatan ini. Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari panas dalam membuat pasien ingin segera menyembuhkannya dengan mencari obat panas dalam paling manjur dan ampuh.

Panas dalam memang bisa menimpa siapa saja, namun obat untuk menyembuhkan gangguan kesehatan ini tentu harus disesuaikan dengan tingkat usia pasien. Khususnya untuk bayi, anak-anak dan ibu hamil yang sering kali harus lebih teliti dalam memilih obat-obatan, ada beberapa obat panas dalam baik alami maupun yang tersedia di apotik yang cocok untuk mereka.

 

Penyebab Panas Dalam Yang Perlu Diwaspadai

Panas dalam merupakan sejenis gangguan yang menyerang tubuh yang dikarenakan oleh beberapa faktor. Banyaknya faktor penyebab panas dalam kemudian memunculkan beragam jenis panas dalam.

Bisa dikatakan bahwa jenis panas dalam dipengaruhi oleh faktor penyebab yang meliputinya, seperti;

1. Panas dalam karena kekurangan vitamin C

Kekurangan vitamin C merupakan penyebab yang paling sering terjadi munculnya panas dalam. Wajar saja karena vitamin C memiliki fungsi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga kesehatan pada bagian mulut.

Sedangkan pada dasarnya panas dalam terjadi karena gangguan yang dirasakan pada bagian mulut, seperti sariawan, gangguan gusi bibir pecah-pecah, hingga rasa tidak nyaman. Jika seseorang kekurangan vitamin C, maka orang tersebut berkesempatan lebih besar untuk menderita panas dalam.

2. Panas dalam karena kurang serat

Kurang serat bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya panas dalam. Kurang serat dapat menimbulkan sistem pencernaan mengalami gangguan sekaligus rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Kedua gejala tersebut kemudian akan dapat memicu timbulnya rasa panas dalam.

Selain itu, kurang serat juga bisa mengakibatkan susah buang air besar dan beberapa ciri gejala panas dalam lainnya, seperti bibir kering dan pecah-pecah.

3. Panas dalam karena salah makan

Panas dalam merupakan gangguan kesehatan yang melanda area sistem pencernaan, dari mulut hingga tenggorokan. Oleh sebab itu, wajar jika salah makan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya panas dalam.

Makanan yang bersifat panas, seperti makanan bersantan, penuh lemak dan gorengan merupakan jenis-jenis makanan yang dapat mengakibatkan tenggorokan panas dan perut terasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, Anda perlu dihindari jenis makanan-makanan tersebut agar terjauhkan dari panas dalam.

4. Panas dalam karena cuaca yang ekstrem

Cuaca yang berubah-ubah tidak menentu sering menyebabkan tubuh terasa menjadi tidak nyaman. Kondisi tersebut bisa memicu timbulnya panas dalam. Gejala yang biasa ditimbulkan adalah bibir pecah-pecah, tenggorokan tidak nyaman dan sariawan.

5. Panas dalam karena bakteri atau virus

Bakteri atau virus bisa menjadi penyebab munculnya panas dalam. Apalagi jika bakteri atau virus tersebut menyerang bagian organ dari sistem pencernaan, seperti pada area bibir, mulut dan tenggorokan, maka panas dalam akan lebih mudah muncul.

 

Gejala Panas Dalam Yang Biasa Muncul

Sebenarnya dalam kedokteran, tidak ada istilah panas dalam. Istilah ini muncul karena adanya salah kaprah yang tersebar di masyarakat yang menyebut beberapa gejala gangguan kesehatan menjadi panas dalam. Gejala-gejala tersebut meliputi;

1. Sariawan

Umumnya, pasien panas dalam mengalami sariawan. Gejala panas dalam ini menandakan bahwa pasien kekurangan asupan vitamin C, sehingga tingkat kekebalan tubuhnya menjadi lemah.

Selain itu, kurang serat juga dapat memicu timbulnya sariawan atau panas dalam. Gejala panas dalam ini biasanya akan membuat pasien menjadi kehilangan nafsu makan, karena merasa tidak nyaman pada saat mengkonsumsi makanan.

2. Bibir pecah-pecah

Gejala panas dalam lain yang paling sering ditemukan adalah bibir pecah-pecah.

Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan cairan atau pasien sedang mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan inilah yang menjadi penyebab munculnya gangguan pada kulit, salah satunya area mulut atau bibir menjadi pecah-pecah.

3. Sakit tenggorokan

Panas dalam juga bisa dilihat dari rasa sakit pada tenggorokan. Rasa sakit ini seperti akibat dari terbakar, sehingga pasien sering kali merasakan kesulitan untuk menelan makanan.

Gejala panas dalam berupa sakit tenggorokan biasanya dipicu karena pasien kekurangan vitamin C, air putih, kelelahan, maupun sistem pertahanan tubuh yang lemah. Beberapa kasus, pasien yang mengalami sakit tenggorokan, juga akan disertai dengan batuk.

4. Bau mulut

Kekurangan cairan dan mengkonsumsi makanan berserat merupakan dua penyebab utama mulut menjadi kering.

Mulut yang kering merupakan tempat yang paling disukai oleh bakteri atau virus untuk berkembang. Perkembangan bakteri atau virus tersebutlah yang kemudian menjadikan mulut menjadi bau.

5. Muncul rasa ingin minum terus menerus

Salah satu penyebab panas dalam adalah dehidrasi. Pasien yang mengalami panas dalam karena faktor penyebab ini biasanya akan mengalami gejala rasa ingin minum terus menerus.

Untuk menghindarinya, selain menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, hindarilah makan makanan yang mengandung lemak, karena makanan tersebut juga merupakan penyebab panas dalam.

 

3 Obat Panas Dalam Alami

Panas dalam tergolong ke dalam gangguan kesehatan yang bisa dikatakan ringan. Selain karena hampir semua orang pernah mengalaminya, cara untuk mengobatinya pun relatif mudah.

Bahkan obat panas dalam alami dari dulu sampai sekarang masih popular meskipun telah tersedia beragam obat-obatan dari dokter. Berikut ini bahan-bahan tradisional yang bisa dijadikan sebagai obat panas dalam alami;

1. Jeruk

Di dalam jeruk terkandung senyawa yang dapat menetralkan asam lambung bernama asam askorbat. Apabila asam lambung dapat menjadi netral, maka gejala panas dalam akan mereda. Bahkan jeruk juga bisa menjadi obat panas dalam alami yang aman untuk ibu hamil.

Selain asam askorbat yang ampuh mengusir panas dalam, jeruk juga mengandung flavonoid dan fitonutrien yang baik untuk kesehatan dan kebugaran ibu hamil.

2. Air kelapa hijau

Kelapa hijau sudah terkenal sejak dulu berkhasiat untuk mengobati beragam penyakit, tak terkecuali meredakan panas dalam.

Tidak hanya cocok untuk pasien biasa dan ibu hamil, air kelapa hijau juga bisa menjadi obat panas dalam alami untuk anak-anak dan bayi. Anda cukup meminum air kelapa hijau, boleh juga dicampur dengan tiga sendok makan madu asli.

Air kelapa juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas cacar secara alami.

3. Kumur dengan campuran garam, kunyit, dan air

Kunyit, garam dan air merupakan obat panas dalam alami paling ampuh. Kumur campuran dari ketiga bahan alami tersebut, maka panas dalam Anda akan berangsur hilang.

Adapun takaran yang direkomendasikan untuk membuat ramuan tradisional obat panas dalam ini adalah 1 sendok teh garam, sejumput kunyit dan 200 ml air hangat. Kumur dengan ketiga bahan ini beberapa kali dalam sehari.

 

5 Obat Panas Dalam di Apotik

Untuk Anda yang tidak ingin ribet meracik dan mencari bahan-bahan alami untuk obat panas dalam, Anda bisa mendapatkan obat panas dalam di apotik. Berikut ini obat ampuh dan cepat untuk mengatasi panas dalam yang tersedia di apotik;

1. Parasetamol

Parasetamol merupakan obat pereda panas dalam paling familiar. Tidak hanya orang dewasa, parasetamol juga bisa digunakan untuk mengobati panas dalam pada bayi dan anak-anak. Anda bisa memilih beberapa jenis parasetamol, seperti tetes, sirup, suppositoria dan pil atau tablet.

Parasetamol jenis suppositoria bisa menjadi alternative terbaik bagi pasien yang tidak suka dengan rasa obat yang pahit. Jenis obat panas dalam yang tersedia di apotik ini memiliki cara unik, yaitu dengan memasukkan jenis parasetamol ini ke dalam dubur.

2. Sanmol

Sanmol merupakan salah satu jenis obat panas dalam yang mengandung parasetamol. Obat ini menjadi obat panas dalam yang manjur, karena parasetamol adalah bahan obat analgesic dan antipiretik

Selain itu, sanmol juga terbukti ampuh untuk menurunkan panas, baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak.

3. Larutan cap kaki tiga

Larutan cap kaki tiga merupakan obat panas dalam yang sangat terkenal sejak dulu. Obat ini tersedia dalam dua jenis, satu khusus obat panas dalam untuk anak-anak dan satunya lagi untuk orang dewasa. Larutan cap kaki tiga tersedia dalam beragam varian rasa, seperti original, leci, anggur, jambu, jeruk dan lainnya.

Karena banyak pilihan rasa inilah yang menjadikan larutan cap kaki tiga menjadi langganan obat panas dalam. Soal khasiat, jangan di Tanya, karena di dalam obat larutan penyegar ini terkandung komposisi yang ampuh meredakan panas dalam, seperti gypsum fibrosum, galcareous spar dan lainnya.

4. Adem sari

Sejak dulu, orang Indonesia tahu betul dengan adem sari. Obat panas dalam dalam bentuk sashet ini tergolong murah tapi tidak murahan.

Selain murah, adem sari sangat ampuh mengusir panas dalam, karena kandungan di dalamnya yang sangat berkhasiat, seperti Extract citrus aurantifolia, aayxia stellate ret cortex, vitamin C dan lainnya. Bahkan obat ini bisa digunakan sebagai minuman penyegar untuk meredakan dehidrasi.

5. Jesscool

Selain mengatasi panas dalam, jesscool juga bisa mencegah munculnya gejala panas dalam, seperti bibir pecah-pecah, susah buang air besar, sariawan dan sakit tenggorokan.

Di dalam jesscool terdapat kandungan yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi gejala panas dalam, seperti formula extract thyme dan chicory root.

Jesscool bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak dengan dosis yang berbeda, yaitu 3 kali sehari untuk dewasa dan 2 kali sehari untuk anak-anak.

 

Meskipun tergolong gangguan kesehatan yang ringan, namun panas dalam bisa mengganggu aktivitas harian.

Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, segeralah ambil obat panas dalam. Anda bisa memilih obat panas dalam alami maupun obat yang tersedia di apotik.

Yang paling penting agar terhindar dari panas dalam adalah dengan mengontrol pola makan dan jenis makanan, perbanyak air putih dan istirahat yang cukup.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.