10 Obat Mencret di Apotik & Alami Untuk Dewasa, Anak, Bayi Beserta Penyebabnya




Mencret atau istilah dalam dunia kedokteran ialah diare merupakan sebuah penyakit umum yang sering terjadi pada semua orang dalam segala jenjang usia. Mencret ini ialah proses dimana seseorang merasakan sakit di bagian perutnya yang menyebabkan ia buang air besar berair atau encer dengan frekuensi waktu yang sering. Mencret ini dapat terjadi pada segala usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa.  Semakin berkembangnya zaman, kini sudah tersedia banyak jenis obat mencret yang dijual di pasaran.

Tahukah Anda bahwa mencret bukanlah penyakit ringan yang bisa Anda anggap enteng. Memang kelihatannya sangat sepele, namun jika penyakit mencret ini dibiarkan begitu saja maka akan fatal akibatnya. Sudah banyak kasus bayi, anak-anak, dan orang dewasa meninggal akibat penanganan yang telat karena mencret. Oleh sebab itu, ayo lebih peduli lagi terhadap diri Anda atau orang di sekitar Anda saat penyakit diare menyerang.

Mengapa Anda harus waspada dengan penyakit diare atau mencret? Karena mencret merupakan salah satu penyakit ringan yang bisa menjadi suatu pertanda buruk bahwa tubuh Anda sedang bermasalah dan terancam terkena penyakit lainnya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sangat disarankan Anda untuk mengkonsumsi obat mencret yang tepat dan sesuai aturan.

Perhatikan dahulu beberapa penyebab mencret anak dewasa bayi yang sering terjadi.

 

Penyebab Mencret Pada Dewasa, Anak, dan Bayi

Dalam dunia kedokteran telah dijelaskan bahwa terjadinya penyakit mencret atau diare ini dapat diakibatkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan ekternal. Faktor internal dapat berasal dari penyakit dalam.

Sedangkan faktor eksternal mencret terjadi dikarenakan parasite, virus, bakteri, dan kelalaian manusia itu sendiri. Inilah beberapa penyebab mencret anak, dewasa, dan bayi sering terjadi pada umumnya, antara lain:

1. Penyebab mencret orang dewasa

  • Radang usus

Radang usus merupakan penyakit organ dalam yang serius yang sering ditandai dengan mencret. Saat orang dewasa mengalami diare yang tidak kunjung sembuh maka segeralah periksa ke dokter, bilamana Anda terkena radang usus.

  • Iskemia usus

Iskemia usus ialah suatu kasus dimana aliran darah orang dewasa mengalami masalah dan semakin berkurang. Hingga akhirnya menyebabkan pencernaan tidak bagus dan menimbulkan efek diare.

  • Virus norovirus

Virus ini merupakan salah satu jenis virus yang sering memicu terjadinya mencret pada seseorang. Norovirus ini biasanya akan menyerang orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

  • Makan makanan pedas dan kedaluarsa

Mengkonsumsi makanan pedas dan kedaluarsa ialah faktor eksternal yang kerap terjadi pada seseorang yang mengalami mencret.

Seseorang akan merasakan rasa sakit perut yang luar biasa hingga mengalami mencret saat pencernaannya tidak mampu menahan efek pedas makanan ataupun bakteri pada makanan kedaluarsa.

2. Penyebab mencret pada anak

  • Infeksi Virus

Rotavirus merupakan jenis virus yang sering menyerang bayi dan anak-anak dan mengakibatkan mereka terkena penyakit mencret.

  • Infeksi parasit

Parasit merupakan penyebab terjadi masalah mencret atau diare yang paling umum pada anak-anak. Parasit yang sering hinggap di makanan membuat makanan tersebut menjadi terkontaminasi dan tidak hieginis.

Saat makanan telah terkontaminasi, maka parasit akan mudah masuk ke saluran cerna anak. Akibat dari masalah ini, pencernaan anak Anda akan terinfeksi oleh parasit jahat dan terjadilah mencret.

  • Infeksi bakteri

Selain virus dan parasit, bakteri pun bisa mengakibatkan terjadinya penyakit mencret pada anak-anak. Bakteri yang sering mengganggu sistem pencernaan pada manusia terutama anak-anak ialah enterotoksigenik Escherichia Coli.

3. Penyebab mencret pada bayi

  • Mengkonsumsi susu

Beberapa orang memiliki pencernaan yang alergi terhadap beberapa jenis atau merek susu. Alergi pada susu biasanya akan mengakibatkan terjadinya penyakit mencret. Yang sering mengalami kasus ini ialah anak-anak dan bayi.

  • Malabsorpsi

Malabsorpsi ialah sebuah kasus dimana usus memproduksi cairan yang berlebihan hingga menyebabkan terjadinya gangguan mencret. Biasanya seorang bayi yang memiliki kelainan pada ususnya akan mudah mengalami malabsorpsi.

  • Lingkungan tidak bersih

Bayi sangat sensitif dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Jadi, saat lingkungan tersebut tidak bersih maka mudah bagi bayi tersebut terkena diare.

 

4 Obat Mencret Apotik

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab terjadinya mencret, kini saatnya Anda mengambil keputusan untuk memilih obat yang tepat. Obat mencret terbagi menjadi dua yaitu alami dan instant. Di sini kami akan memberikan rekomendasikan beberapa obat mencret alami dan Apotik yang bisa menyembuhkan sakit mencret.

Inilah beberapa merek obat mencret di Apotik yang sangat ampuh untuk menyembuhkan anak-anak dan dewasa.

1. Norit

Norit ini merupakan obat mencret khusus yang digunakan untuk membunuh racun di dalam pencernaan penyebab diare. Secara efektif obat ini mampu membuat anak-anak hingga orang dewasa sembuh dari mencret secara cepat. Obat ini disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh anak di bawah 6 tahun.

2. Loperamide

Loperamide ialah salah satu jenis obat mencret dewasa yang terbukti ampuh dalam mengatasi diare akut secara efektif. Untuk menghambat terjadinya diare yang berkelanjutan, Loperamide ini mampu meringankan gejala diare secara cepat.

3. Entrostop

Entrostop termasuk jenis obat mencret di Apotik yang sering digunakan oleh orang dewasa saat mereka terkena diare. Obat ini memiliki khasiat yang mampu membuat seseorang sembuh dari diare dalam waktu singkat.

4. Diapet

Diapet ialah obat mencret yang terbuat dari bahan herbal alami daun jambu muda pilihan. Dengan bahan alami ini, diapet ampuh mengatasi diare secara tepat dan aman. Obat ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa.

 

6 Obat Mencret Alami

Di samping menggunakan obat mencret di Apotik, Anda pun bisa mempercayakan obat mencret dari bahan-bahan alami. Penyembuhan diare dengan mengkonsumsi obat herbal alami secara langsung lebih efektif untuk keamanan pencernaan Anda.

Obat mencret alami, antara lain:

1. Oralit

Oralit merupakan obat diare yang sering digunakan sebagai pertolongan pertama saat seseorang terkena diare. Obat ini dapat mengatasi masalah mencret dan dehidrasi yang sudah parah secara efektif. Oralit biasa digunakan untuk anak-anak dan bayi.

Oralit dapat Anda buat sendiri dengan cara:

  1. Siapkan setengah sendok teh garam dan 8 sendok teh gula
  2. Campurkan ke 1 liter air matang
  3. Aduk sampai rata, dan oralit siap dikonsumsi

2. Daun kayu putih

Daun kayu putih ialah obat herbal alami yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan penyakit mencret. Obat ini dapat diminum untuk anak-anak dari umur 6 hingga 10.

Sementara itu, minyak kayu putih bisa digunakan sebagai cara mengobati penyakit bronkitis dan cara mengeringkan luka bernanah.

3. Daun prasma

Daun prasman ialah tumbuhan herbal alami yang sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk diare. Obat ini dapat dikonsumsi untuk anak-anak hingga dewasa.

4. Daun kesumba keling

Rebusan air daun kesumba keling bisa dikonsumsi secara berkala untuk menyembuhkan penyakit mencret akut maupun kronis. Obat ini terbukti sangat efektif membunuh bakteri dan virus penyebab diare dalam pencernaan manusia.

5. Tanaman anting-anting

Tanaman anting-anting ialah tanaman herbal alami yang berkhasiat menyembuhkan penyakit diare. Obat ini sangat ampuh menyembuhkan diare hingga ke akarnya akan dijamin tidak akan kambuh-kambuh lagi.

6. Kayu manis

Kayu manis ialah obat mencret alami dari bahan rempah yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Air rebusan kayu manis dapat dikonsumsi dalam waktu tertentu untuk menyembuhkan penyakit diare secara tuntas.

Ternyata, kayu manis sendiri juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi bau mulut dan cara menurunkan berat badan.

 

Dari penyebab dan obat mencret di atas, akhirnya kini Anda sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi masalah diare? Dengan obat-obatan yang mudah didapat kini mencret Anda akan segera sembuh hingga akarnya!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.