11 Obat Sakit Mata Merah dan Gatal – Sebelah, Bengkak, Belekan, Berair




Obat Mata Merah

Obat mata merah ada berbagai macam jenis mulai dari yang alami sampai yang produk pabrik dan bisa Anda temukan di apotik. Mengalami mata merah memang sangat mengganggu penampilan dan tidak menyenangkan. Apalagi keadaan merah tersebut diikuti dengan rasa tidak nyaman seperti mata merah dan gatal atau perih dan juga mata merah sebelah.

Untuk pengobatan yang aman, apalagi untuk anak sebaiknya Anda memilih obat mata merah alami. Karena menggunakan obat yang diproduksi pabrik beresiko besar dan biasanya harus dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Namun untuk orang dewasa, kita bisa membeli obat mata merah di apotik yang dijual bebas dan tidak harus dengan resep dokter sebagai pertolongan pertama.

Hal ini dapat dilakukan sebagai upaya penyembuhan yang dapat segera dilakukan. Namun bila ditunggu dalam kurun waktu tertentu belum menunjukkan perkembangan membaik, segeralah ke dokter. Hal ini agar menghindarkan Anda dari efek yang fatal. Seperti yang kita tahu, mata kita adalah organ yang sangat berharga dan sangat sensitive terhadap benda asing.

Perlu kita ketahui, ada berbagai macam hal yang menyebabkan sakit mata merah tersebut. Seharusnya sebelum mengobatinya kita tahu terlebih dahulu penyebab mata merah agar dapat diobati dengan obat yang benar. Kesalahan pengobatan bisa jadi malah memperparah keadaan. Setelah tahu pasti, Anda bisa memutuskan untuk mengobatinya dengan cara yang paling efektif.

5 Penyebab Mata Merah

Mari kita simak beberapa hal yang menyebabkan mata menjadi merah agar tidak salah dalam pemberian obat dan memperparah keadaan.

1. Mata kering

Terlalu lama menatap layar televisi ataupun komputer terkadang membuat kita lupa berkedip. Selain itu keadaan kelenjar mata yang tidak bisa memproduksi cukup air mata juga bisa menjadi penyebabnya.

Efeknya, kelembaban mata kita menjadi berkurang dan mata menjadi kering. Hal itu tentu saja membuat mata menjadi iritasi dan memerah. Solusinya dapat diatasi dengan menggunakan obat tetes mata sebagai pelumas.

2. Mata alergi

Alergi yang diderita mata bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa karena adanya benda asing yang masuk seperti bulu, hewan kecil, serbuk sari, alergi terhadap cairan lensa kontak atau kontak lensa itu sendiri dan lain sebagainya. Karena alergi tersebut, mata bereaksi dengan mengeluarkan histamine yang membuat mata menjadi merah. Anda dapat mencoba mengatasinya dengan antihistamin.

3. Ulkus Kornea

Ini adalah infeksi kornea yang sangat berbahaya karena dapat mengancam penglihatan. Gejalanya biasanya dengan berair, sakit mata dan penglihatan berkurang. Hal ini biasanya timbul karena infeksi mata yang tidak diobati dengan baik.

4. Glaukoma

Glaucoma ini termasuk penyakit yang berbahaya, namun pada tahapan awal biasanya si penderita belum terlalu merasakannya. Namun tiba-tiba mata bisa menjadi merah, sakit dan lingkaran cahaya di sekitar pandangan. Bila sudah parah, penderita dapat kehilangan penglihatan.

5. Klorin pada kolam renang

Untuk Anda yang gemar berenang di kolam renang dapat juga menjadi penyebab mata menjadi merah. Untuk mencegahnya, ada baiknya Anda menggunakan kaca mata renang agar mata lebih terlindungi.

Setelah mengetahui beberapa penyebab mata merah seperti yang ditulis diatas, Anda dapat mengambil tindakan pengobatan yang sesuai. Menggunakan obat tradisional ataupun yang dijual di apotik sama baiknya. Namun lebih baik bila mencoba yang tradisional terlebih dahulu karena lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia.

 

7 Obat Mata Merah Alami

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan.

Cara penggunaannya adalah dengan memotong satu buah bawang putih menjadi 2 dan mengoleskannya di kelopak mata. Gunakanlah sebelum tidur agar rasa pedihnya tidak terlalu terasa.

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat panu dan obat kutil.

2. Susu murni

Ternyata sensasi dingin di susu murni ini dapat membantu meredakan mata merah karena memberikan rasa rileks. Caranya dengan mencelupkan kapas ke dalam susu murni dan menempelkannya di mata.

Susu juga bisa digunakan sebagai obat memutihkan selangkangan dan juga termasuk ke dalam menu diet golongan darah a.

3. Air mawar

Ternyata air mawar juga ampuh untuk obat mata merah karena dapat meredakan iritasi karena antioksidannya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi. Caranya adalah dengan membersihkan mata merah dengan air mawar 3 kali sehari dengan rutin.

4. Kunyit

Kunyit ternyata juga mengandung zat anti inflamasi untuk mengatasi mata gatal dan bengkak sekaligus membunuh bakteri.

Cara penggunaannya dengan memotong ruas kunyit menjadi beberapa bagian dan direndam di dalam air matang selama 10 menit. Setelah itu, gunakanlah air rendamannya sebagai obat tetes mata.

Kunyit merupakan tanaman obat di Indonesia yang juga sering digunakan sebagai obat panas dalam dan cara mengeringkan luka bernanah.

5. Daun sirih

Daun sirih sudah terkenal sekali khasiatnya sebagai obat mata merah. Daun ini mengandung banyak zat yang dapat meredakan iritasi.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu dengan merendam daunnya di air panas atau merebusnya dan ditunggu hingga dingin untuk membersihkan mata.

Daun sirih juga merupakan obat mata minus alami dan obat bau mulut alami.

6. Mentimun

Efek dingin dan anti iritasi yang terkandung dalam mentimun dapat mengatasi iritasi dan obat mata merah. Sensasi dinginnya tentu saja juga membantu mata menjadi lebih rileks sehinga otot dapat bekerja optimal lagi.

Cara penggunaannya dengan mengiris mentimun dan menempelkannya di mata dalam beberapa saat.

Mentimun sendiri juga bisa digunakan sebagai obat bisul dan obat penyakit eksim.

7. Air hangat

Cara ini tergolong obat mata merah yang paling simple dan dapat dilakukan tanpa ribet. Menggunakan air hangat dapat membuat kotoran yang menempel di kelopak mata menjadi terlepas. Hal ini tentu saja mencegah agar iritasi tidak semakin parah.

Caranya cukup membasuhkan air hangat ke mata 3 sampai 4 kali dalam sehari. Namun hindari penggunaan air panas karena akan semakin memperparah mata merah.

 

4 Obat Mata Merah di Apotik

1. Insto

InstoInsto adalah salah satu merek obat tetes mata yang paling banyak digunakan di Indonesia. Insto dapat digunakan untuk mengobati mata merah, sakt, dan pedih.

Obat tetes mata merah ini hadir dalam 2 kemasan yakni varian 15ml dan 7,5ml. Harga yang ditawarkannya juga cukup terjangkau yaitu Rp 13.000,- untuk kemasan 7,5ml dan Rp 21.000,- untuk kemasan 15ml.

Cara menggunakannya adalah cukup dengan meneteskannya pada mata merah sebanyak 3-4 kali sehari masing-masing 1 sampai 2 tetes.

2. Braito

BraitoBraito adalah salah satu obat tetes mata yang dijual di apotik. Obat ini dijual dalam bentuk 2 kemasan yang dijual 10 buah / dos.

Bagi pengguna lensa kontak wajib untuk ingat bahwa lensa kontak sebaiknya dilepas terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tetes mata Braito.

Dosis penggunaan Braito adalah 2-3 kali sehari sebanyak 1 sampai 2 tetes pada mata yang merah.

3. Rohto Cool

Rohto CoolRohto Cool merupakan obat tetes mata produksi Rohto Laboratorium yang dijual secara bebas pada apotek.  Harga yang ditawarkan untuk setiap botolnya adalah Rp 20.000,-. Rohto Cool dijual menggunakan kemasan 10ml.

Dosis penggunaannya adalah dengan meneteskan Rohto Cool sebanyak 3-4 kali sehari pada mata merah. Namun, perlu diingatkan bahwa obat tetes mata ini tidak dianjurkan untuk digunakan dalam waktu lama.

Oleh karena itu, jika dalam 3 hari kondisi mata belum membaik, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter mata terdekat.

4. Visine Original

Visine OriginalVisine Original adalah obat tetes mata produksi Pt Pfizer Indonesia. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit mata seperti mata merah, mata infeksi, mata alergi, dan kelelahan.

Visine Original merupakan obat tetes mata yang diperjualkan secara bebas di setiap apotek dan dijual sekitar Rp 13.000,-.

Penggunaan dalam jangka panjang sangat tidak dianjurkan karena obat ini mengandung pengawet benzalkonium klorida yang dapat menyebabkan kerusakan pada selaput mata jika digunakan secara berlebihan.

 

Nah, ternyata banyak sekali obat mata merah yang dapat menjadi pilihan Anda. Jangan biarkan mata merah Anda tidak diobati dan menganggap remeh penyakit ini. Karena kita tidak tahu pasti yang mungkin terjadi dan bila terlambat mendapatkan pertolongan bisa saja berakibat sangat fatal.

Oleh karena itu, segeralah obati mata merah Anda sesegera mungkin. Bila tak kunjung sembuh, segeralah berobat ke dokter agar tidak semakin parah.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.