7 Obat Masuk Angin di Apotik & Alami Untuk Dewasa & Anak – Gejala & Penyebab




Obat Masuk Angin

Pernahkah Anda mendengar istilah penyakit masuk angin? Benar sekali, masuk angin merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah sering didengar dan diucapkan oleh orang-orang di Indonesia. Namun, sudahkah Anda tahu bahwa istilah masuk angin ini sebenarnya tidak ada dalam catatan kedokteran di manapun. Agar lebih jelasnya saya akan memberikan informasi tentang pengertian masuk angin, gejala, penyebab, dan obat masuk angin secara lengkap.

Pada dasarnya istilah masuk angin ini hanya dikenal dan diketahui oleh orang-orang yang tinggal di Negara Asia, terutama Indonesia dan Cina. Di Negara Cina sendiri, orang-orang sering menyebut penyakit masuk angin ini dengan sebutan “Cin Fong”. Meskipun sebenarnya istilah masuk angin ini tidak tercatat dalam Ilmu Pendidikan Kedokteran. Namun, masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan istilah masuk angin.

Sebenarnya masuk angin ini dapat dideskripsikan sebagai suatu kondisi tubuh yang terasa tidak nyaman di bagian saluran napas akibat masuknya jumlah oksigen yang terlalu berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini biasanya masyarakat Indonesia melakukan kebiasaan “kerokan” dan membeli obat masuk angin di warung terdekat.

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit masuk angin ini tidak hanya di alami oleh orang dewasa saja. Namun, anak-anak dan remaja pun seringkali terkena penyakit masuk angin saat kondisi badannya tidak stabil.

Meskipun penyakit masuk angin terdengar sangat ringan, namun Anda tidak boleh menganggapnya dengan enteng. Apalagi jika masuk angin tersebut terjadi pada anak Anda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan gejala dan penyebab masuk angin di bawah ini!

 

Gejala Masuk Angin Yang Patut Diwaspadai

Sebelum memberikan obat masuk angin yang tepat, sebagai orang tua Anda haruslah mengetahui beberapa gejala masuk angin pada anak-anak. Inilah beberapa gejala masuk angin yang perlu Anda waspadai.

  1. Demam ringan dan disertai dengan flu dan pilek

Saat putra atau putri Anda mengalami deman yang disertai dengan flu dan pilek, maka waspadalah karena bisa jadi itu tanda-tanda ia terkena masuk angin.

  1. Pusing

Pusing ialah gejala awal yang sering dirasakan oleh seseorang yang mengalami masuk angin.

  1. Kembung

Akibat oksigen yang berlebih dalam tubuh seseorang akan mengakibatkan terjadinya kembung. Jika Anda mengalami kembung, besar kemungkinan ia sedang mengalami gejala masuk angin.

  1. Sendawa-sendawa

Sendawa yang berlebihan dapat ditandai sebagai gejala masuk angin yang perlu Anda waspadai.

  1. Muntah disertai mencret

Saat Anda merasa pusing yang mengakibatkan muntah dan disertai mencret, maka kami pastikan Anda sedang mengalami masuk angin.

 

Penyebab Masuk Angin

Sebelum Anda membeli obat masuk angin yang tepat, Anda pun harus mengetahui penyebab masuk angin tersebut, antara lain:

  1. Sakit Maag

Terjadinya masuk angin dapat disebabkan akibat adanya gangguan pada sistem pencernaan. Sakit Maag ialah salah satu gangguan pencernaan yang sering menyebabkan masuk angin.

  1. Sembelit

Sembelit atau susah BAB ialah salah satu penyebab terjadinya masuk angin yang menyebabkan Anda merasakan mual dan pusing akibat masuk angin.

  1. Kedinginan

Kedinginan akibat kondisi AC yang kuat bisa menjadi penyebab terjadinya gejala kembung dari masuk angin. Selain itu, kehujanan pun bisa menjadi sebab lain dari penyakit ringan masuk angin.

  1. Keracunan makanan

Setiap makanan memiliki bakteri baik masing-masing. Namun, tidak semua orang dapat menerima bakteri baik yang ada dalam makanan. Saat pencernaan seseorang sensitif terhadap suatu bakteri makanan maka ia akan merasa mual hingga muntah. Keracunan makanan bisa menjadi salah satu penyebab masuk angin yang patut di waspadai.

 

3 Obat Masuk Angin Alami

Setelah mengetahui gejala dan penyebab terjadinya masuk angin, kini saatnya Anda mengetahui beberapa obat yang cocok untuk dikonsumsi. Di bawah ini ada obat masuk angin alami yang bisa menjadi rekomendasi Anda saat terkena masuk angin.

1. Ramuan tradisional temulawak

Ramuan temulawak merupakan salah satu obat masuk angin alami yang dapat Anda buat saat si kecil masuk angin. Ramuan ini dipercaya sangat efektif dalam mengatasi masuk angin secara tepat.

Cara membuat ramuan temulawak ini sangatlah sederhana yaitu hanya dengan merebus temulawak yang dicampur dengan air secukupnya, gula aren dan asam jawa. Air ramuan temulawak ini bisa digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi rasa mual akibat masuk angin.

Temulawak juga bisa digunakan sebagai obat cacar air dan obat vertigo.

2. Ramuan tradisional jahe dan madu

Campuran ramuan jahe dan madu dipercaya sebagai obat masuk angin yang paling ampuh. Obat ini memiliki khasiat untuk melancarkan pernapasan dan mengembalikan daya tahan tubuh yang turun saat terkena masuk angin.

Untuk membuat ramuan alami ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu perebus air jahe hingga mendidih. Setelah mendidih masukan dalam gelas dan campurkan dengan madu. Bantulah si kecil untuk mengkonsumsi obat ini hingga ia sembuh.

Jahe sendiri biasanya digunakan sebagai obat nyeri sendi dan obat nyeri tubuh.

3. Madu

Madu merupakan salah satu makanan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya ialah digunakan sebagai obat masuk angin pada anak kecil. Selain menggunakan berbagai macam ramuan tradisional, madu ini pun bisa langsung dikonsumsi saat si kecil masuk angin.

Madu memang lebih mudah dikonsumsi anak karena rasanya yang manis dan enak ditenggorokan. Usahakan anak Anda mengkonsumsi madu saat ia terkena masuk angin agar lekas sembuh.

Madu juga bisa digunakan sebagai obat panas dalam dan obat amandel bengkak.

 

4 Obat Masuk Angin di Apotik

Di samping obat masuk angin alami, Anda pun bisa mempercayakan beberapa obat masuk angin di apotik yang memiliki khasiat sama tinggi. Obat masuk angin yang sudah terbukti aman untuk di konsumsi oleh BPOM Indonesia, antara lain:

1. Inzana sirup

Inzana sirup ialah obat masuk angin di apotik yang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah masuk angin.

Obat berbentuk sirup yang memiliki rasa manis dan tidak pedas, membuat Anda mudah untuk meminumnya. Saat Anda terkena masuk angin, maka Inzana sirup bisa menjadi pilihan tepat.

2. Antangin junior

Obat masuk angin berikutnya ialah antangin junior, yang mana memiliki khasiat sama tingginya dengan merek obat sebelumnya.

Obat antangin junior ini bisa Anda dapatkan di apotik terdekat. Rasanya yang nyaman di lidah dan ditenggorokan akan memudahkan Anda membujuk anak Anda untuk meminumnya.

3. Bodrexin

Brodrexin ialah obat penurun panas rekomendasi kami untuk Anda yang sedang mengalami masuk angin. Untuk meredakan deman akibat masuk angin, Anda bisa mempercayakan bodrexin sebagai obat masuk angin terbaik.

4. Tolak Angin

Tolak angin ialah salah satu obat masuk angin di apotik yang bisa menyembuhkan masuk angin Anda secara cepat. Obat ini terbuat dari bahan rempah alami sehingga khasiatnya mampu bekerja secara baik.

Jika buah hati Anda yang terkena masuk angin, maka Anda juga bisa memberikannya Tolak Angin Anak yang berkhasiat sama.

 

Masuk angin memanglah termasuk penyakit ringan yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Meskipun demikian, Anda tidak boleh menganggapnya secara enteng, apalagi saat masuk angin menyerang anak Anda.

Kenali gejala, penyebab, dan obat masuk angin di atas agar Anda bisa mengambil langkah yang tepat saat masuk angin menyerang Anda atau buah hati Anda!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.