4 Obat Luka Memar berbahan Alami dan Memiliki Khasiat yang Cepat




Obat Luka Memar

Obat Luka – Ketika Anda terbentur biasanya akan muncul luka memar yang biasanya juga disertai rasa nyeri. Tidak hanya itu saja, luka memar ini biasanya juga ditandai dengan munculnya perubahan warna pada kulit yang mengalami luka menjadi ungu atau bahkan hitam. Warna memar ini biasanya berbeda-beda pada setiap orang karena terkait dengan respon dari tubuh. Nah, ketika Anda mengalami masalah tersebut satu hal yang harus Anda siapkan segera adalah obat luka memar.

Saat ini untuk mengobati luka memar memang belum ada obat yang mampu menyembuhkan secara seketika. Yang artinya, luka memar memang tidak bisa langsung disembuhkan dalam waktu yang singkat. Pasalnya, luka memar pun sebenarnya bisa sembuh secara alami oleh tubuh dengan cara memecah dan menyerap kembali darah yang mengendap. Namun demikian, dengan menggunakan beberapa obat luka memar di bawah ini, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan luka memar yang sedang dialami tersebut. Baiklah, mari kita simak langsung ulasan Tips Kebugaran kali ini.

 

Obat Luka Memar Alami

 

1. Kompres Menggunakan Es Batu

Luka memar merupakan luka atau kerusakan pada jaringan dan pembuluh darah di bawah kulit yang diakibatkan oleh benturan atau biasanya yang disebut dengan inflamasi. Untuk mengurangi inflamasi atau radang, Anda harus menghentikan aliran darah dari jaringan lain ke area yang mengalami luka memar. Melakukan kompres menggunakan es batu pada area yang mengalami luka memar membuat area tersebut dingin dan reaksi inflamasi pun menjadi berkurang.

Es Batu Obat Luka Memar

Cara menggunakan es batu sebagai obat luka memar ini pun sangat mudah, yakni hanya dengan mengompreskannya ke area luka selama sekitar 10 menit. Namun, perlu dicatat dalam melakukan kompres hindari menempelkan es batu secara langsung pada kulit yang mengalami luka memar. Pasalnya hal tersebut justru bisa menimbulkan iritasi pada luka memar tersebut. Lakukan pengompresan dengan menggunakan handuk bersih untuk mencegah es batu mengenai langsung kulit yang memar.

 

2. Membalut Area Memar

Selain menggunakan es batu, membalut area tubuh yang mengalami luka memar dengan kencang juga bisa menjadi obat luka memar yang efektif. Di mana, dengan membalut area tubuh yang mengalami luka memar, hal tersebut akan membuatnya menghentikan kebocoran pada pembuluh darah. Sehingga, dengan demikian rasa sakit dan nyeripun akan berkurang atau bahkan hilang.

Membalut Area Memar

Namun demikian, jangan membalut area tersebut terlalu keras karena justru hal tersebut bisa menimbulkan bengkak pada luka memar. Balutlah area memar tersebut dengan kekuatan balutan yang cukup. Anda bisa mengetahui balutan yang Anda lakukan terlalu keras jika Anda merasakan kesemutan atau kebas pada area sekitar balutan tersebut.

 

3. Kompres Menggunakan Air Hangat

Jika pada cara mengatasi luka memar pertama menggunakan es batu, maka kali ini obat luka memar yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan air hangat. Namun untuk mempraktekkan hal ini, Anda perlu menunggu luka memar hingga 48 jam. Bukan tanpa alasan, tujuan pengompresan menggunakan air hangat ini adalah untuk memperlancar aliran darah yang membeku yang membuat warna kulit menjadi ungu atau kehitaman.

Air Hangat Obat Luka Memar

Untuk itulah, jika Anda melakukan cara ini ketika luka memar baru saja terjadi, kebocoran jaringan di dalam kulit justru akan semakin hebat. Lakukanlah pengompresan ini setelah 48 jam luka memar terjadi dengan menempelkan handuk yang telah direndam pada air hangat selama 10 menit, 3 kali sehari. Jika tidak memiliki handuk, Anda juga bisa langsung merendam luka memar pada air hangat.

 

4. Angkat Bagian Tubuh yang Memar

Selain menggunakan kompres maupun dibalut, Anda juga bisa mengobati luka memar dengan cara yang bisa dibilang cukup aneh yakni dengan meletakkan bagian yang memar di tempat yang lebih tinggi dari jantung. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya saat area yang mengalami luka memar diletakkan di tempat yang lebih tinggi dari jantung aliran darah ke area tersebut akan berkurang.

Angkat Bagian Tubuh yang Memar

Seperti yang kita tahu, memar terjadi karena luka pendarahan yang menjadi bengkak di dalam kulit dan menyebabkan kulit berwarna ungu, merah atau bahkan kehitaman. Jika Anda mengalami memar di bagian kaki tentu Anda akan kesulitan untuk meletakannya lebih tinggi dari jantung. Solusinya adalah Anda bisa mengangkat kaku Anda sembari terlentang. Meskipun cukup aneh obat luka memar yang satu ini cukup terbukti ampuh.

 

Nah, demikian beberapa obat luka memar yang bisa Anda gunakan untuk mengobati luka memar yang Anda alami. Dari beberapa cara pengobatan di atas, paling umum digunakan oleh banyak orang adalah cara dengan mengompreskan es batu ke area yang mengalami luka memar. Di mana, selain efektif cara ini juga terbilang mudah dan praktis. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.