7 Kumpulan Obat Kutil di Apotik & Alami Beserta Penyebabnya




Obat Kutil

Seperti penyakit lainnya, kutil juga bisa diatasi dengan obat kutil alami ataupun obat kutil yang tersedia di apotik. Kutil sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang terjadi karena adanya penebalan pada lapisan kulit secara berlebihan. Penebalan ini mengakibatkan kulit memiliki benjolan kecil bertekstur kasar.

Sejatinya kutil bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu yang relatif pendek. Meskipun demikian, tidak semua orang tahan dengan tampilan baru permukaan kulit yang dimilikinya. Terlebih kutil di bagian kulit yang sangat penting, seperti kelamin dan wajah.

Kutil di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Itulah mengapa pasien yang memiliki kutil di wajah ingin segera menyembuhkannya dengan mencari obat kutil terbaik yang ampuh dan mujarab.

 

Penyebab Kutil

Pada hakikatnya, penyebab kutil di sebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Virus ini menyerang lapisan kulit dan mengakibatkan produksi keratin atau protein menjadi keras dan meningkat pesat hingga melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. benjolan kecil bertekstur kasar yang muncul di permukaan kulit terjadi karena adanya penumpukan keratin ataupun protein yang berlebih.

Human papilloma virus bisa menyerang daerah mana saja yang kelebihan keratin ataupun protein. Namanya pun sama dengan daerah yang terjangkit virus ini, seperti kutil di wajah, kutil di bawah ketiak, kutil di leher, sampai kutil di kelamin atau kemaluan.

Apapun jenis kutil yang menyerang manusia, penyebabnya adalah sama, yaitu human papilloma virus. Virus penyebab kutil ini dapat menular dengan mudah. Penularan dapat terjadi melalui interaksi langsung pasien atau benda yang terkontaminasi virus HPV dengan manusia melalui sentuhan.

Proses penularan ini bisa lebih cepat jika manusia yang bersentuhan dengan pasien memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah. Begitu juga sebaliknya, orang yang memiliki sistem imunitas tubuh yang baik memiliki kesempatan lebih besar untuk tidak tertular penyakit kutil.

Orang yang memiliki riwayat imunitas tubuhnya bermasalah seperti penderita HIV/AIDS dan orang yang baru saja melakukan transplantasi organ, sangat perlu untuk menghindari pasien kutil, agar tidak tertular penyakit kulit ini.

 

4 Obat Kutil di Apotik Yang Paling Ampuh

Meskipun kutil termasuk penyakit yang menular, namun cara mengobatinya cukup mudah. Sangat jarang kasus pasien kutil yang harus melakukan pengobatan dengan cara operasi untuk menyembuhkannya.

Umumnya kutil bisa disembuhkan dengan obat yang tersedia di apotik. Berikut ini obat kutil paling ampuh di apotik;

1. Callusol

CallusolCallusol menjadi obat pertama yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan kutil. Selain kutil, obat yang mengandung komposisi asal salicilat 0.2 gram, polidocanol 0.02 gram dan asam laktak 0.05 gram ini juga bisa mengobati beragam penyakit kulit lainnya, seperti mata kaki dan bisulan.

Kandungan yang terdapat dalam obat kutil ini akan bekerja maksimal pada malam hari. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk menggunakan obat ini adalah pada waktu malam hari. Caranya adalah dengan menuangkannya terlebih dahulu di kapas, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang kutilan.

2. Collomack

Collomack

Di dalam Collomack terkandung asam salisilat sebanyak 40%. Kandungan tersebut merupakan zat yang sangat efektif dalam menyembu

hkan kutil, bisulan dan beragam gangguan kesehatan kulit lainnya. Jika Anda mencari obat kutil di Apotik yang cepat dan ampuh, Collomack jawabannya.

Seperti juga Collusol, waktu terbaik untuk mengaplikasikan obat ini adalah pada malam hari atau sebelum tidur. Caranya adalah dengan mengoleskan Collomack ke daerah kulit yang kutilan secara rutin. Obat ini bisa mengobati kutilan di area mana saja, termasuk kemaluan atau kelamin.

Tetapi, Collomack tidak bisa digunakan untuk area mata, oleh karena itu hindari mengoleskan Collomack di area sekitar mata.

3. Kutilos

Kutilos

Kutilos sangat ampuh untuk menghilangkan kutil di area mana saja, seperti leher, wajah, kaki dan lainnya. Baik orang dewasa maupun anak-anak, semuanya bisa menggunakan Kutilos dengan aman. Di dalam tiap 1 ml Kutilos terdapat asam salisilat 0. 2 gram, polidocanol 0.02 gram dan asam laktat 0.05 gram.

Dosis penggunaan Kutilos adalah tiga kali dalam sehari, yaitu pagi hari sebelum mandi, sore hari dan malam hari sebelum tidur. Caranya dengan mengoleskan Kutilos ke bagian kulit yang memiliki kutil. Akan lebih baik jika setelah Kutilos dioleskan, kemudian tutuplah area kutil tersebut menggunakan plester. Hal ini bertujuan agar cairan obat kutil Kutilos tidak meleber kemana-mana.

4. Benoson Cream

Benoson Cream

Benoson Cream merupakan obat kutil dalam bentuk salep yang efektif menghilangkan kutil di permukaan kulit. Selain itu, obat yang mengandung betametason 0.1% dan enomisin sulfat 0.5% ini juga bisa mengatasi masalah gatal dan alergi, bisul dan penyakit kulit lainnya.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan Benoson Cream pada tempat yang memiliki kutil dengan dosis 2 hingga 3 kali sehari. Lakukan pengolesan ini secara rutin hingga kutil benar-benar sembuh.

 

3 Obat Kutil Alami Yang Paling Ampuh

Selain obat kutil yang tersedia di apotik, penyakit kulit yang disebabkan oleh human papilloma virus ini juga dapat diatasi dengan bahan-bahan tradisional. Bahkan obat kutil alami ini bisa menyembuhkan penyakit kutil tanpa meninggalkan bekas.

Dengan begitu, tentu kulit pasien akan kembali sehat dan mulus. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat kutil alami;

1. Bawang putih

Sudah tidak diragukan lagi betapa besar manfaat bawang putih. Selain menjadi salah satu bumbu utama untuk memasak, bawang putih juga terkenal berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kulit kutil.

Di dalam bawang putih, terdapat senyawa alicin yang dapat berfungsi sebagai antivirus. Antivirus tersebutlah yang kemudian dapat membasmi kutil hingga tuntas tanpa bekas.

Sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat kutil alami, pastikan kulit Anda tidak alergi terhadap bumbu dapur ini. Berikut ini langkah-langkah menghilangkan kutil dengan bawang putih;

  • Cuci bersih kulit yang memiliki kutil menggunakan air hangat, sabun dan handuk, kemudian keringkan sampai kering.
  • Oleskan irisan bawang putih secara merata ke bagian permukaan kulit yang terjangkit virus kutil, kemudian plester dan biarkan hingga semalaman.

Lakukan pengobatan kutil dengan bawang putih ini pada malam hari dan lakukan berulang-ulang sampai kutil mengempis, lalu hilang.

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat bisul, obat sakit telinga, dan salah satu cara mengeringkan luka bernanah secara alami.

2. Lemon

Di dalam lemon terdapat vitamin C yang melimpah. Vitamin jenis ini sangat baik untuk menjaga sistem imun dalam tubuh manusia. Ingat bahwa orang dengan sistem imun yang kurang baik berpotensi besar mengidap penyakit kulit kutil. Oleh sebab itu, cara penyembuhannya adalah menggunakan bahan alami yang mengandung vitamin C, seperti lemon ini.

Cara mengobati kutil dengan lemon sangat mudah dan cepat. Anda cukup mengiris lemon kecil-kecil, kemudian letakkan irisan tersebut di atas kutil, lalu tutup menggunakan plester anti air.

Lakukan metode penyembuhan obat kutil alami ini rutin setiap hari sampai kurang lebih semingguan atau sampai kutil hilang.

Lemon juga sering kali digunakan sebagai obat kecantikan tubuh. Beberapa kegunaan lemon adalah digunakan untuk obat memutihkan selangkangan, cara memutihkan wajah secara alami, dan cara menghilangan komedo di wajah.

3. Minyak zaitun dan wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang juga merupakan sumber vitamin. Sementara minyak zaitun telah terkenal khasiatnya untuk beragam macam penyakit, khususnya penyakit kulit. Jika keduanya digabung, maka akan menjadi obat tradisional yang ampuh.

Campuran minyak zaitun dan wortel juga dapat mengobati kutil. Caranya adalah dengan menghaluskan wortel terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan minyak zaitun hingga membentuk adonan mirip pasta. Oleskan adonan tersebut ke bagian kutil, kemudian diamkan hingga 15-30 menitan.

Minyak zaitun sendiri merupakan pelembab alami yang bisa juga digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering dan cara mengatasi rambut kering.

Sementara itu, ada juga banyak manfaat wortel bagi kesehatan seperti digunakan sebagai cara mengobati eksim dan cara mengatasi mata minus.

 

Obat kutil memang bisa didapat dengan mudah, baik obat kutil di apotik maupun obat kutil alami. Meskipun demikian, semua orang tentu tidak ingin terjangkit penyakit kulit yang bisa mengganggu penampilan ini.

Oleh sebab itu, siapa pun memerlukan kesadaran untuk menghindari timbulnya kutil. Salah satu yang paling penting untuk menghindari kutil adalah dengan menjaga kebersihan anggota badan, terutama kaki dan tangan.

Selain itu, Anda perlu menjaga jarak dengan pasien, karena kutil merupakan penyakit kulit yang bisa menular.

Kutil kelamin atau kutil kemaluan juga sebaiknya dicek ke dokter sesegera mungkin karena merupakan area sensitif yang lebih rentan mengalami infeksi terhadap obat-obatan.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.