9 Obat Penyakit Herpes Kulit di Apotik & Alami – Penyebab & Gejala




Obat Herpes

Obat herpes tidak hanya berupa pil atau tablet yang tersedia di apotik saja, tapi penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat alami juga.

Bagi Anda yang terlalu khawatir dengan obat-obatan pabrikan, obat herpes alami merupakan metode penyembuhan pilihan yang bisa Anda ambil. Apapun jenis obat atau jalan pengobatan yang Anda tempuh, satu tujuannya, yaitu mendapatkan kesembuhan.

Herpes merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Nama penyakit herpes sendiri disematkan karena virus yang menjadi penyebab timbulnya penyakit ini, yaitu virus herpes.

Penyakit kulit ini tergolong penyakit kulit yang dirasa cukup mengganggu dan memalukan. Itulah mengapa pasien ingin segera sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh virus herpes ini. Caranya tentu saja dengan mencari obat herpes yang manjur dan efektif menyembuhkannya.

Sejatinya penyakit herpes memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan tiga hal, seperti jenis virus, cara penularan dan letak kelainannya.

Banyak masyarakat awam yang ketika mendengar penyakit herpes, pasti akan merujuk kepada penyakit kulit kelamin yang menular. Padahal penyakit herpes juga bisa menyerang anggota tubuh lainnya, seperti bibir, rongga mulut dan lain sebagainya.

Herpes, khususnya herpes zoster bukanlah penyakit yang mematikan. Bahkan penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu (14-28 hari).

Meskipun demikian, umumnya pasien tidak tahan dengan gejala-gejala yang ditimbulkan penyakit kulit ini, sehingga banyak yang dengan cepat mencari obat herpes yang paling ampuh dan efektif.

 

Jadi, Apa Saja Penyebab Herpes?

Herpes terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yang paling sering ditemukan adalah herpes zoster dan herpes simpleks. Pada dasarnya penyakit kulit ini disebabkan oleh virus.

Herpes zoster disebabkan oleh virus Vericella-Zoster (VVZ), sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Herpes yang paling sering ditemukan di masyarakat adalah herpes zoster.

Herpes zoster terjadi karena adanya infeksi pada saraf jaringan tubuh dan kulit di sekitarnya. Adapun penyebab herpes ini hampir sama dengan penyebab cacar, yaitu adanya virus varisela zoster.

Awalnya penderita akan mengalami gejala seperti penyakit cacar air. Virus yang menyebabkan penyakit kulit ini akan menetap di sekitar tulang belakang atau dasar tulang tengkorak. Setelah cacar air sembuh, virus zoster masih bisa aktif dan menyebabkan herpes zoster.

Aktifnya kembali virus varisela zoster ini masih dalam penelitian. Meskipun demikian, ada beberapa faktor pemicu yang diduga turut mempengaruhi munculnya penyakit herpes kulit ini, yaitu;

  1. Manula atau usia di atas 50 tahun
  2. Pernah mengidap penyakit cacar air
  3. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang cenderung menurun yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti penyakit diabetes dan lainnya.
  4. Mengalami stress yang berlebihan

 

Apa Saja Gejala Herpes Yang Harus Diwaspadai?

Herpes merupakan jenis penyakit kulit. Gejalanya hampir sama dengan penyakit kulit lainnya, terutama cacar air. Meskipun demikian, ada gejala khusus yang seringkali dialami oleh pasien penderita herpes.

Setiap pasien mungkin akan mengalami gejala yang berbeda dari pasien lainnya. Berikut ini gejala herpes yang perlu Anda waspadai.

Jika menemui gejala-gejala seperti di bawah ini, sebaiknya langsung periksakan diri ke puskesmas, rumah sakit atau dokter untuk mendapatkan resep obat.

  1. Rasa sakit
  2. Gatal
  3. Ruam
  4. Mengoreng
  5. Demam
  6. Sakit kepala
  7. Sensitive terhadap cahaya
  8. Rasa lelah
  9. Rasa tidak enak badan

Merasakan sakit adalah gejala awal yang diderita oleh pasien. Rasa sakit tersebut bisa berupa rasa panas seperti terbakar ataupun rasa seperti tertusuk benda tajam.

Setelah itu, akan muncul rasa gatal dan mati rasa pada bagian yang terinfeksi virus herpes.

Beberapa hari kemudian, ruam yang mengelilingi sisi kanan dan kiri bagian yang terkena infeksi virus akan muncul. Ruam ini bisa berubah menjadi luka seperti melepuh yang di dalamnya terdapat air. Air tersebut terasa gatal dengan bentuk persis seperti bintil pada cacar air.

Dalam beberapa hari kemudian (3-5 hari), luka tersebut akan menjadi koreng.

Sementara untuk mengetahui orang tersebut menderita penyakit herpes simpleks, harus dilakukan tes mendalam melalui TORCH (Toxoplasma, rubella, cytomegalovirus dan Herpes Simpleks Virus Tipe II).

Selain itu, juga bisa diperoleh kepastian sejauh mana seseorang tersebut positif terkena herpes dengan cara mengambil sample darah.

 

5 Obat Herpes Alami Yang Paling Ampuh

Herpes bisa diatasi baik dengan obat alami maupun obat yang tersedia di apotik. Berikut ini rekomendasi obat herpes alami paling ampuh ang bisa dikonsumsi oleh penderita herpes;

Beberapa ramuan tradisional yang bisa Anda jadikan sebagai obat herpes alami, yaitu;

1. Daun dewa merah

Di dalam daun dewa merah terkandung antibiotic yang mampu mengobati penyakit herpes dan beberapa penyakit luar lainnya, seperti luka akibat goresan atau bakar dan obat sariawan.

Cara membuat ramuan obat herpes alami dari daun dewa merah ini sangat mudah dan cepat. Daun dewa merah cukup dihaluskan dengan cara ditumbuk, kemudian dioleskan ke bagian kulit yang terjangkit virus herpes.

2. Daun binahong

Daun binahong juga mengandung antibiotic yang sangat bagus untuk menyembuhkan luka pada kulit, termasuk penyakit herpes.

Cara meracik ramuannya sama dengan obat herpes alami dari bahan daun dewa merah, yaitu daun binahong dihaluskan, kemudian letakkan pada area kulit yang terjangkit herpes.

3. Teh hijau

Teh hijau kaya akan beberapa senyawa yang bagus untuk tubuh. Salah satu diantara senyawa tersebut adalah antioksidan. Antioksidan dapat mengatasi masalah penyakit kulit, seperti herpes.

Cara menggunakan bahan tradisional ini adalah dengan cara mencelupkan teh hijau pada air hangat, kemudian kompreskan air tersebut pada area kulit yang terkena herpes.

Teh hijau juga dipercaya dapat digunakan untuk mendapatkan berat badan ideal, contohnya sebagai salah satu cara menurunkan berat badan secara alami dan cara meratakan perut buncit.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki gel. Gel tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit herpes dan juga meredakan rasa sakit.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang luka akibat virus herpes.

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo secara alami, cara mengatasi kulit kering, dan cara menghilangkan ketombe.

5. Waru landak

Waru landak dapat menyembuhkan penyakit kulit gatal dan juga herpes.

Caranya dengan mengoleskan tumbukan daun waru landak ke area kulit yang luka, kemudian menutupnya dengan perban. Lakukan perawatan ini secara rutin, agar luka herpes menjadi cepat kering.

 

4 Obat Herpes di Apotik Yang Paling Ampuh

Jika Anda tidak memiliki referensi dimana mendapatkan bahan-bahan obat herpes alami seperti di atas, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan obat herpes yang tersedia di apotik-apotik seluruh Indonesia. Cara ini dianggap lebih praktis.

Selain itu, harganya pun rata-rata ramah di kantong. Soal khasiat juga ampuh dan aman. Berikut ini beberapa obat herpes paling ampuh dan aman yang bisa didapatkan di apotik;

1. Betason N Cream atau Betamethasone neomycin

Betason N Cream berkhasiat untuk mengobati segala jenis penyakit kulit, termasuk herpes, infeksi kulit, gatal-gatal, pembengkakan jaringan kulit dan lain sebagainya. Sebelum mengoleskan krim obat herpes apotik ini, bersihkan terlebih dahulu area kulit yang terjangkit virus herpes.

Oleskan secara merata tipis-tipis setiap 6 jam sekali. Penggunaan salep ini haruslah dengan resep dokter, karena jika penggunaan dalam jangka panjang dapat memberikan efek sistemik yang sangat kuat terhadap pasien.

2. Valtrex tablet

Valtrex tablet termasuk obat herpes apotik paling ampuh dan cepat. Obat ini tergolong sebagai obat antivirus yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit herpes, seperti herpes zoster, labialis dan herpes simpleks.

Anda bisa mengkonsumsi tablet obat herpes ini bersamaan dengan makanan ataupun tidak. Namun yang pasti, konsumsilah sesuai dengan dosis, yaitu 3 kali sehari 1000 mg selama kurun waktu 7 hari.

Valtrex tablet memang bisa menyembuhkan beragam macam herpes. Namun untuk herpes simplek, terdapat dua tahapan pengobatan, yaitu;

  • Pengobatan awal dengan tablet Valtrex 2 kali sehari 500 mg. Lakukan pengobatan dengan cara ini selama 10 hari.
  • Pengobatan lanjutan dengan dosis 2 kali sehari 500 mg, namun dengan waktu maksimal 5 hari saja.

3. Acyclovir cream

Jika Anda mencari obat salep herpes yang paling ampuh, cepat dan aman, jawabannya adalah Acyclovir cream. Krim atau salep ini dapat mengobati jenis-jenis herpes, seperti simpleks, zoster dan herpes genitalis yang inisial dan rekunen.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan salep ini tipis-tipis dalam dosis 5 kali sehari setiap 4 atau 5 jam sekali.

Obat ini bisa didapat dengan atau tanpa resep dokter. Meskipun demikian, tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari 10 hari. Apabila dalam jangka waktu 10 hari, herpes tidak kunjung sembuh, segeralah konsultasikan kepada dokter.

4. Zovirax Cream

Satu lagi obat herpes dalam bentuk salep yang recommended, yaitu Zovirax cream.

Di dalam salep ini terdapat antivirus topical yang termasuk ke dalam salah satu jenis salep paling ampuh untuk menangani berbagai macam penyakit, termasuk herpes zoster, simpleks dan genital.

Seperti juga obat herpes dalam bentuk krim lainnya, cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan Zovirax cream ke bagian kulit yang terkena herpes sebanyak 4 kali dalam sehari.

 

Herpes bukanlah jenis penyakit kulit yang perlu dicemaskan, karena bisa sembuh dengan sendirinya dan tidak akan sampai membuat pasien meninggal dunia.

Meskipun demikian, gejala-gejala yang ditimbulkan sering kali membuat si pasien merasa kewalahan dan kesakitan.

Bahkan tidak sedikit yang merasa malu, karena herpes tidak hanya bisa menyerang kulit pada bagian yang tersembunyi saja, tapi juga kulit luar, seperti bibir, tangan, dan lainnya

Agar tidak semakin parah, segeralah ambil salah satu obat herpes yang direkomendasikan di atas.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.