8 Obat Cacing di Apotik & Alami Untuk Dewasa & Anak – Penyebab & Gejala




Obat Cacing

Tidak hanya anak-anak saja yang sering kali mengalami cacingan, tapi orang dewasa juga. Oleh sebab itu, obat cacing di apotik pun tersedia dalam beragam pilihan. Ada obat cacing khusus anak-anak atau dewasa, ada pula obat cacing yang ampuh membasmi cacingan untuk segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan cacingan juga bisa disembuhkan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Ada banyak jenis cacing yang bisa hidup di dalam tubuh manusia. Sayangnya banyak di antara cacing-cacing tersebut tergolong parasit. Meskipun demikian, tidak semua cacing yang ada di dunia ini semuanya parasit dan tidak memiliki manfaat. Salah satu cacing yang memiliki banyak manfaat adalah cacing tanah. Selain bisa untuk memberi pakan unggas dan untuk umpan memancing, cacing tanah juga bisa diekstak menjadi obat cacing bernama Vermint.

Vermint merupakan obat alami yang didapat dari 100% ekstrak cacing tanah (Lumbricus Rubellus). Setiap kapsul Vermint memiliki berat bersih sekitar 250 mg. Produk obat-obatan yang berasal dari cacing tanah ini berkhasiat untuk mengobati beragam penyakit, seperti tifus, demam, panas, eksim dan lain sebagainya.

 

Penyebab Cacingan Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Cacingan pada orang dewasa bisa disebabkan oleh beberapa jenis cacing parasit yang menyerang usus, seperti cacing kremi, cacing gelang, cacing tambang, dan cacing pita. Masing-masing cacing tersebut akan menjadi penyebab cacingan dengan gejala yang berbeda-beda. Cacing-cacing tersebut bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui beragam cara. Salah satunya adalah karena proses memasak yang kurang baik atau kurang matang.

Sementara cacingan yang dialami oleh anak-anak lebih banyak disebabkan oleh beberapa faktor, seperti;

  1. Jari yang kotor
  2. Makanan yang terkontaminasi cacing
  3. Kebersihan anus yang kurang terjaga

 

Gejala Cacingan Yang Patut Diwaspadai

Gejala cacingan akan muncul berbeda-beda tergantung cacing apa yang bersemayam dan menggerogoti tubuh pasien. Berikut ini macam-macam cacing yang biasa menjadi penyebab cacingan beserta dengan gejala cacingan yang ditimbulkan;

1. Gejala cacingan akibat cacing kremi

  • Bagian anus terasa sangat gatal, terutama pada malam hari
  • Kulit sekitar anus terasa nyeri, ruam atau iritasi
  • Di daerah anus atau feses terdapat cacing

2. Gejala cacingan akibat cacing tambang

  • Berat badan menurun
  • Nyeri pada perut
  • Telinga berdengung
  • Sesak nafas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Merasa kelelahan
  • Ketika buang air besar terdapat darah
  • Demam
  • Anemia

3. Gejala cacingan akibat cacing pita

  • Perut terasa sakit
  • Diare
  • Lemas
  • Mual dan muntah
  • Sulit tidur
  • Pusing
  • Berat badan turun
  • Kurang selera makan
  • Kejang-kejang

4. Gejala cacingan akibat cacing cambuk

  • Sakit pada saat buang air besar
  • Keluar lender, air dan darah pada saat buang air besar
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Berat badan mengalami penurunan cukup signifikan
  • Mual dan muntah

 

4 Obat Cacing di Apotik Paling Efektif

Berikut ini beberapa obat cacing di apotik yang berkhasiat ampuh mengusir cacingan;

1. Vermox

VermoxVermox merupakan salah satu obat cacing yang efektif membasmi cacing, khususnya cacing cambuk yang mengakibatkan tubuh pasien kekurangan darah atau anemia.

ara kerja Vermox adalah dengan membunuh mati cacing penyebab cacingan, kemudian tubuh cacing yang telah mati tersebut diproses pada pencernaan sampai benar-benar hancur. Setelah hancur, reruntuhan cacing tersebut akan dikeluarkan bersama dengan kotoran.

Vermox sangat praktis karena hadir dalam bentuk tablet kunyah yang tersedia dengan aneka rasa buah. Dengan aneka rasa buah yang tersedia, anak-anak pasti akan suka. Tidak hanya cocok untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas, Vermox juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa.

Selain itu, kelebihan Vermox lainnya adalah sebelum mengkonsumsi obat cacing ini, pasien tidak diwajibkan untuk menimbang berat badan terlebih dahulu untuk menentukan dosis. Meskipun demikian, rekomendasi untuk mengkonsumsi Vermox sebaiknya diminum satu kali sehari dengan dosis satu tablet.

2. Combantrin

CombantrinCombantrin merupakan obat cacing untuk anak dan dewasa paling familiar dari dulu hingga sekarang. Di dalam produk ini terkandung pirantel pamoat yang efektif mengusir beragam jenis cacing, seperti cacing gelang, cacing tambang, dan cacing tambang.

Cacing-cacing yang terusir dari dalam tubuh manusia akan keluar bersamaan dengan kotoran manakala pasien tengah buang air besar. Hal ini dikarenakan kandungan Combantrin ini akan dimetabolisme oleh hati, kemudian akan dibuang lewat urin dan tinja. Combantrin obat cacing anak dan balita hadir dalam bentuk sirup, sementara Combantrin obat cacing orang dewasa hadir dalam bentuk tablet.

3. Konvermex

KonvermexSalah satu obat cacing di apotik paling cepat dan ampuh membasmi cacingan adalah Konvermex. Tidak hanya cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang saja, tapi Konvermex juga bisa membunuh cacing penyebab cacingan lainnya, seperti caing Orientalis dan cacing Trichostrongylus.

Di dalam Konvermex terkandung Pyrantel Pamoate setiap tabletnya. Kandungan ini setara dengan Pyrantel base sebesar 250 mg. Obat cacing ini aman dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

4. Albendazol

AlbendazolAlbendazol merupakan salah satu obat cacing apotik yang aman digunakan oleh anak-anak di atas 2 tahun dan orang dewasa. Meskipun demikian, produk ini tidak disarankan dikonsumsi untuk wanita yang sedang hamil, karena memiliki sifat teratogenik.

Cara kerja Albendazol sangat efektif membunuh berbagai macam cacing parasite yang bersemayam di tubuh manusia, yaitu dengan cara menghambat polimerisasi tubulin.

Cara tersebut dapat menurunkan produksi ATP pada parasite tersebut, kemudian akan menyebabkan deplesi energy, imobilisasi hingga pada akhirnya cacing-cacing tersebut akan mati.

 

4 Obat Cacing Alami Paling Ampuh

Cacingan juga bisa disembuhkan dengan bahan-bahan tradisional, seperti obat cacing alami berikut ini;

1. Biji pepaya matang

Biji pepaya mengandung beberapa senyawa seperti sitosterol, caricin, benzylthiourea, glucotropacolin, hentriacontane, dan benzylglucosinolate.

Senyawa-senyawa tersebut terbukti ampuh untuk mengusir beragam jenis cacing penyebab cacingan, seperti cacing gelang dan cacing kremi. Cara membuat ramuan obat cacing alami dari bahan biji papaya matang adalah sebagai berikut;

  • Biji papaya matang dikeringkan, kemudian setelah kering dihaluskan
  • Campur biji papaya matang yang telah dihaluskan tersebut dengan susu atau air hangat
  • Saring obat cacing tradisional tersebut, kemudian siap untuk diminum

Waktu terbaik untuk meminum ramuan obat cacing dari bahan biji papaya matang adalah pada pagi hari, tepatnya pada saat perut masih dalam keadaan kosong. Ramuan ini memang memiliki rasa yang pahit. Apabila pasien kurang suka dengan rasa pahit, ramuan ini bisa ditambahkan madu.

Selain bijinya, daun papaya juga memiliki khasiat yang sama untuk menyembuhkan cacingan. Caranya adalah dengan membuat jus dari daun papaya.

Pepaya juga merupakan buah yang sangat baik untuk kecantikan dan biasanya dignakan sebagai cara mengatasi komedo dan cara menghilangkan kantung mata hitam.

2. Biji labu

Biji labu telah terkenal sebagai obat cacing alami untuk anak-anak dan dewasa. Di dalam biji labu terkandung histidin dan cucurbitacins. Kedua senyawa tersebut sangat ampuh membasmi cacing. Khusus cucurbitacins, senyawa inilah yang memiliki tugas untuk melemahkan semua cacing yang bersarang di susu, baik yang masih dalam telur sampai dengan indukan akan mati secara perlahan.

Pengobatan tradisional memberantas cacingan dengan biji labu ini pun sangat mudah, cepat dan praktis. Pasien hanya perlu memakan biji labu sekitar 10 hingga 20 biji dalam sehari.

Labu sendiri merupakan makanan sumber magnesium alami dan mengandung vitamin untuk mata.

3. Minyak kelapa

Obat cacing alami paling terkenal mujarab dari dahulu hingga sekarang adalah minyak kelapa. Pada zaman dahulu, minyak kelapa langsung dimasukan ke bagian anal untuk memancing cacing-cacing yang bersemayam di tubuh pasien keluar. Namun, cara pengobatan seperti ini dirasa kurang efektif, sehingga telah ditinggalkan.

Kini, cara yang lebih praktis untuk mengobati cacingan dengan minyak kelapa adalah dengan mencampur minyak kelapa tersebut ke dalam makanan maupun minuman pasien. Di dalam minyak kelapa terkandung asam kaprilat yang bisa membunuh parasite dan bakteri, termasuk cacing. Pasien yang telah mengkonsumsi minyak kelapa akan mengeluarkan cacing dan telur lewat feces.

Terdapat banyak sekali manfaat minyak kelapa lainnya seperti bisa digunakan sebagai obat panu dan obat memutihkan selangkangan.

4. Jus pisang dan melon

Anda mencari obat cacing alami yang disuka anak-anak? jus pisang dan melon jawabannya. rasa pisang dan melon yang manis membuat anak-anak menyukainya tanpa harus merasa terbebani sebagai sebuah obat.

Pisang termasuk buah yang mengandung bahan alami yang bisa memberikan efek pencahar, sementara di dalam melon terkandung senyawa oligosakarida yang sangat baik untuk merangsang kontraksi usus.

Selain itu, melon juga memiliki senyawa protozoa yang berkhasiat untuk membunuh kuman dan bakteri. Oleh sebab itu, jelas jika kedua buah ini digunakan, maka dapat mengobati cacingan. Cara membuatnya pun gampang, sebagaimana cara membuat jus biasa, yaitu dikupas, dibersihkan, kemudian diblender dengan ditambahkan air secukupnya.

Pisang juga bisa digunakan sebagai obat maag alami, sementara melon adalah buah yang masuk ke dalam menu diet golongan darah o.

 

Cacingan memiliki efek yang merugikan pagi pasien. Bahkan pasien cacingan yang dikarenakan cacing pita bisa berujung pada kematian.

Itulah mengapa orang yang menderita cacingan ingin segera menemukan obat cacing yang paling ampuh dan paling cepat dalam membasmi cacing parasite.

Selain obat cacing yang tersedia di apotik, ada beberapa bahan tradisional yang terbukti ampuh untuk mengobati cacingan. Selain aman dan alami, obat cacing dari bahan tradisional juga murah meriah.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.