7 Obat Cacar Air di Apotik & Tradisional Pada Anak & Dewasa – Penyebab & Gejala




Obat Cacar Air

Memang ada beberapa macam obat cacar air, baik yang tersedia di apotik maupun tradisional, namun penyembuhan salah satu jenis penyakit kulit ini termasuk gampang-gampang susah.

Selain menggunakan obat-obatan tersebut, pasien juga perlu melakukan beberapa hal agar penyakit cacarnya segera sembuh. Salah satu diantaranya yang paling pokok adalah dengan menjaga kebersihan seluruh anggota badan.

Caranya adalah dengan sering mandi atau mencuci kulit dengan sabun anti kuman, rajin mencuci tangan dengan sabun serta sering mengganti pakaian jika dirasa sudah kotor atau terasa tidak nyaman dipakai.

Penyebab Cacar Air

Dalam dunia kedokteran, penyakit cacar air dinamakan dengan varisela atau chickenpox. Nama tersebut disematkan karena penyakit kulit ini disebabkan oleh virus varicella zoster. Sebagian besar orang pasti pernah terjangkit penyakit cacar air, baik pada waktu masih anak-anak maupun pada waktu telah menginjak dewasa.

Orang yang pernah terkena cacar air, maka orang tersebut tidak akan terjangkit untuk yang kedua kalinya. Hal ini dikarenakan tubuh orang yang pernah terjangkit cacar air telah memiliki antibodi dengan sendirinya terhadap virus penyebab cacar air tersebut.

Virus varicella zoster yang merupakan penyebab utama munculnya penyakit cacar air dapat menyebar melalui cairan, baik cairan percikan ludah ataupun cairan yang berasal dari lepuhan kulit pasien. Itu artinya penyakit cacar dapat menular, terutama kepada orang yang seumur hidupnya belum pernah terjangkit penyakit kulit ini.

Meskipun seseorang pernah terkenal cacar air dan telah memiliki antibody terhadap penyakit ini, namun jika kekebalan tubuh orang tersebut sedang tidak baik, orang tersebut berpotensi untuk kambuh kembali. Selain masalah kekebalan tubuh, cara untuk menghindari cacar air kambuh lagi adalah dengan menyembuhkan penyakit ini serta memberantas habis virus varicella zoster secara tuntas.

 

6 Gejala Cacar Air

Gejala utama cacar air adalah munculnya ruam pada kulit. Setelah kemunculan ruam, kemudian akan muncul gejala-gejala lainnya. Berikut ini gejala cacar air yang bisa menjadi awal pertanda kemunculan dan penyebaran virus varicella zoster yang patut Anda ketahui;

  1. Muncul bintik-bintik merah datar (macula) setelah dua atau tiga hari
  2. Setelah macula, kemudian muncul papula, yaitu keadaan bintik merah datar tersebut yang menjadi lebih menonjol.
  3. Setelah papula, kemudian muncul vesikel, yaitu melepuhnya cairan yang terdapat di dalam papula yang disertai dengan rasa gatal.
  4. Setelah vesikel, kemudian tiba masa kropeng, yaitu proses pengeringan luka penyakit cacar dengan sendirinya.
  5. Pada hari ke lima akan muncul gejala berupa lepuhan yang muncul tersebut akan perlahan mengering dengan sendirinya hingga hilang dalam kurung waktu sekitar 20 hari.
  6. Sakit kepala, rasa nyeri atau sakit pada otot, tidak nafsu makan, mual, demam dan rasa tidak enak badan akan dirasakan setelah hari ke sepuluh hingga hari ke 21.

Dilihat dari lamanya gejala-gejala yang ditimbulkan dari cacar air, penyakit ini termasuk penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Adapun proses dari gejala hingga penyembuhan rata-rata membutuhkan waktu kurang lebih 20 hari. Waktu yang tergolong cukup lama itu membuat pasien merasa tersiksa, sehingga mencari obat cacar air yang paling ampuh dan cepat adalah solusi yang harus diambil.

Ada perbedaan yang antara gejala cacar air anak-anak dan orang dewasa. Anak-anak yang terjangkit cacar air, terlebih jika usianya di bawah umur 10 tahun, maka biasanya tidak ada gejala yang muncul. Selain itu, cacar air pada anak-anak akan bisa lebih cepat sembuh.

Sementara gejala cacar air pada orang dewasa sering kali lebih parah. Apalagi jika pasien mengalami gangguan kekebalan tubuh, maka gejala yang ditimbulkan akan parah dan bisa berakibat buruk jika langsung disembuhkan secara total.

 

4 Pantangan Cacar Air

Cacar air memang bisa sembuh dengan sendirinya maupun dengan menggunakan obat-obatan tertentu.

Meskipun demikian, obat-obatan yang Anda pakai akan menjadi berkurang kemampuannya dalam menyembuhkan cacar air jika Anda melakukan beberapa hal yang justru akan menambah parah penyakit kulit ini.

Artinya, ketika Anda sedang terkena cacar air, ada hal-hal yang menjadi pantangan untuk dilakukan. Berikut ini pantangan cacar air yang wajib Anda hindari agar penyembuhannya semakin cepat;

1. Menghindari hawa dingin

Hawa dingin dapat membuat virus cacar air akan lebih mudah berkembang biak. Oleh sebab itu, pasien cacar air harus bisa menghindari hawa dingin. Pantangan cacar air ini bukan berarti Anda tidak boleh keluar rumah.

Keluar rumah boleh-boleh saja jika memang untuk urusan yang sangat penting, asalkan Anda perlu mempersiapkan segala keperluan agar cacar tidak berkembang pesat, seperti menggunakan pakaian panjang (namun tidak ketat) dan payung yang tebal.

2. Jangan dekat-dekat dengan orang lain

Cacar tergolong penyakit kulit yang mudah sekali menular. Oleh sebab itu, pasien disarankan untuk tidak berdekatan dengan orang lain demi menghindari penularan. Selain itu, pasien juga disarankan untuk tidak bergantian pakaian dan handuk.

3. Jangan merusak bintil cacar

Jika bintil cacar dirusak secara paksa, entah dengan cara menggaruk atau memecahnya, maka akan mengakibatkan infeksi dan komplikasi.

Komplikasi bisa terjadi karena air yang terdapat di dalam bintil cacar mengandung virus, sehingga jika bintil tersebut pecah dengan cara paksa, maka virus dapat menyebar secara luas.

4. Jangan mandi atau terkena air terlalu sering

Air bisa menyebabkan iritasi pada ruam atau luka cacar air. Oleh sebab itu, sebisa mungkin pasien tidak mandi atau terkena air terlalu sering jika ingin sembuh dengan cepat.

 

3 Obat Cacar Air di Apotik Untuk Dewasa dan Anak Yang Ampuh

1. Caladine powder dan Caladine lotion

CaladineCaladine merupakan obat cacar air di apotik yang tergolong familiar. Reputasinya sebagai obat cacar air telah terkenal sejak dahulu. Obat cacar air ini bisa digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain ampuh mengobati penyakit cacar air, Caladine juga mujarab untuk mengobati beragam gangguan kesehatan kulit, seperti gigitan serangga, mengobati biang keringat.

Bahkan Caladine powder juga bisa mengobati bintik merah pada leher bayi. Cara mengaplikasikannya sangat mudah, Anda cukup menaburkan Caladine ke pada area kulit yang terkena cacar air atau mengalami keluhan lainnya.

2. Poviral cream

Poviral CreamCacar air bisa disembuhkan baik dengan obat dalam maupun obat luar. Obat luar yang dipercaya sangat manjur mengobati cacar adalah Poviral. Poviral Cream merupakan obat cacar air yang bisa didapatkan di apotik dalam bentuk krim atau salep. Obat ini aman dan bisa digunakan untuk segala umur, dari mulai bayi, anak-anak hingga orang dewasa.

Meskipun demikian, Poviral sama sekali tidak disarankan untuk dipakai oleh pasien yang mengalami reaksi hipersensitif terhadap acyclovir dan valsiclovir. Selain hadir dalam bentuk salep, Poviral juga bisa didapat dalam bentuk tablet dalam varian 200 mg dan 400 mg. Selain cacar, Poviral dapat menyembuhkan penyakit kulit lainnya, seperti campak dan herpes.

3. Acyclovir tablet

Acyclovir TabletCacar air disebabkan oleh perkembangan virus. Oleh sebab itu, penanganannya pun bisa dilakukan dengan obat antivirus. Acyclovir tablet merupakan obat antivirus yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit akibat virus, seperti cacar air, herpes dan campak. Cara kerja obat cacar air yang bisa Anda dapatkan di apotik ini adalah dengan menghambat sintesis DNA serta mereplikasi virus di kulit.

Acryclovir tablet merupakan obat cacar air segala usia. Meskipun demikian, dosis antara orang dewasa dan anak-anak berbeda. untuk dewasa dan anak usia di atas 6 tahun, disarankan untuk mengkonsumsi pil ini 5 kali sehari, yaitu setiap 4 jam sekali tanpa dosis malam. Lakukan pengobatan dengan cara ini selama 5 hari dengan takaran 200 mg. Sementara anak usia di bawah 6 tahun, dosis nya setengah dari dosis orang dewasa.

 

3 Obat Cacar Air Tradisional Untuk Anak dan Dewasa Yang Ampuh

1. Kombinasi temulawak dan asam jawa

Salah satu obat cacar air alami paling efektif adalah temulawak. Bahan tradisional ini dapat mempercepat penyembuhan cacar air dengan cepat. Cara membuat obat tradisional untuk cacar air ini adalah sebagai berikut;

  • Didihkan 600 ml air
  • Campurkan 15 gram kencur dengan 15 gram asam jawa, kemudian rebus hingga mendidih
  • Angkat rebusan kedua bahan tradisional tersebut setelah air rebusannya tersisa setengah dari 600 ml
  • Minum ramuan obat cacar alami tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari

Temulawak juga bisa digunakan untuk obat vertigo dan obat penambah nafsu makan.

2. Lada

Selain terkenal sebagai bahan pelengkap memasak, lada juga ampuh dalam mengobati penyakit cacar air. Hanya saja, ramuan obat cacar alami dari bahan lada ini dapat menimbulkan sensasi rasa panas pada kulit. Oleh sebab itu, obat tradisional ini hanya cocok untuk orang dewasa.

Pengaplikasiannya sangat mudah dan cepat, Anda hanya perlu menghaluskan lada, kemudian menaburkannya ke kulit yang terjangkit penyakit cacar. Setelah mengering, kemudian bilas menggunakan handuk hangat.

3. Jus mengkudu

Mengkudu sangat mujarab mempercepat penyembuhan cacar air. Cara memanfaatkannya pun mudah, yaitu dengan menjadikannya jus mengkudu. Langkah-langkahnya yaitu;

  • Ambillah dua sampai tiga buah mengkudu yang telah matang
  • Cuci hingga bersih
  • Kupas kulitnya
  • Buatlah jus mengkudu dengan mencampurkan madu dan air sebanyak tiga gelas air.
  • Minum jus mengkudu secara rutin sampai cacar air sembuh.

Mengkudu juga bisa digunan sebagai obat amandel bengkak dan salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah tropis yang kaya vitamin C. Vitamin C tersebutlah yang memiliki khasiat ampuh menyembuhkan cacar air dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh pasien.

Cara memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat cacar air alami mudah dan praktis. Anda tinggal memeras sekitar 3 buah jeruk nipis, kemudian menyeduhnya dengan air hangat. Minumlah ramuan tradisional ini secara teratur.

Jeruk nipis sendiri dapat diolah menjadi berbagai obat-obatan alami lainnya seperti obat panu dan cara menghilangkan komedo.

 

Cacar air termasuk penyakit kulit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun waktu yang dibutuhkan untuk sembuh cukup lama, yakni sekitar 20 hari. Selain itu, tidak semua pasien yang terjangkit penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Oleh sebab itu, pasien dengan golongan demikian perlu melakukan pengobatan atau penanganan medis.

Tidak hanya itu, Gejala-gejala yang ditimbulkan penyakit cacar air bisa membuat pasien merasa tidak nyaman, sehingga tidak jarang yang ingin segera menyembuhkannya dengan cepat.

Penyakit cacar air dapat disembuhkan dengan obat, baik obat tradisional maupun obat cacar air yang tersedia di apotik, seperti yang telah dijelaskan di atas.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.