6 Obat Bisul Alami & di Apotik Yang Paling Ampuh – Penyebab & Gejala




Obat Bisul

Memiliki bisul tentu menjadi penderitaan sendiri bagi si penderita, karena selain menyakitkan tapi juga memalukan.

Itulah mengapa banyak pasien ingin segera menyembuhkan diri dengan berusaha mencari obat bisul ampuh. Selain ampuh, tentu obat tersebut juga harus aman, agar penyakit tersebut sembuh total tanpa harus ada gejala buruk di kemudian hari.

Bisul merupakan penyakit kulit yang bisa dibilang lumrah, karena banyak orang yang mengalaminya. Penyakit ini tidak akan berbahaya, karena bisa sembuh dengan sendirinya. Namun bagi pasien yang kurang kuat dengan keadaan bisulan atau rasa sakit, bisa menggunakan beberapa obat bisul ampuh dan aman.

Tetapi, sebelum mengetahui obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati bisul, alangkah baiknya jika Anda juga mempelajari penyebab dan gejala bisul terlebih dahulu.

 

Apa Penyebab Bisul?

Bisul merupakan penyakit yang telah lama ada. Obatnya pun tersedia bermacam-macam pilihan, dari mulai obat bisul yang tersedia di apotek ataupun obat bisul tradisional. Sebelum mengenal obat-obatan tersebut, ada baiknya kita mengetahui penyebab bisul terlebih dahulu.

Penyebab paling utama timbulnya bisul adalah karena serangan dari sebuah bakteri yang bernama Staphylococcus aureus. Pada dasarnya, bakteri ini bisa muncul di kulit dan hidung, namun tidak menimbulkan masalah.

Bakteri ini hanya akan menimbulkan masalah jika bakteri tersebut berhasil masuk hingga ke folikel rambut jika daerah kulit tersebut memiliki luka gores atau gigitan serangga. Luka tersebutlah yang menjadikan jalan bagi si bakteri untuk masuk.

Penyakit bisul tidak memandang jenis kelamin dan usia. Penyakit bisul atau sering disebut dengan bisulan bisa menimpa siapa saja. Selain penyebab utama bisul yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus tersebut, ada beberapa faktor penyebab yang biasanya memicul seseorang mengalami bisulan, yaitu;

1. Kontak langsung dengan pasien bisulan

Bisulan merupakan penyakit kulit yang memiliki potensi besar untuk menular.

Apalagi jika seseorang sering berhubungan atau kontak langsung dengan fisik pasien, maka bisul memiliki kesempatan besar untuk menyebar. Misalnya, dalam satu rumah ada pasien bisul, maka kemungkinan anggota yang lainnya juga akan mengalami bisulan.

2. Kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan

Kulit merupakan anggota tubuh paling luar. Daerah ini seperti menjadi benteng bagi organ dalam. Itulah mengapa pada bagian ini menjadi yang paling sering mengalami masalah kesehatan, seperti gatal dan bisul.

Kedua penyakit ini lebih sering disebabkan karena kebersihan yang tidak terjaga. Untuk terhindar dari bisulan, tentu kita semua harus menjaga kebersihan, baik kebersihan pribadi maupun lingkungan.

3. Memiliki riwayat penyakit kulit

Bisul merupakan penyakit yang terjadi pada area kulit. Orang yang memiliki riwayat penyakit kulit memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menderita bisulan. Penyakit kulit yang termasuk dalam kategori ini adalah kulit berjerawat dan eksim.

4. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah juga bisa menjadi salah satu penyebab bisul. Keadaan kesehatan yang buruk tersebut bisa terjadi karena menderita HIV, menderita diabetes ataupun sedang menjalani kemoterapi.

 

Gejala Bisul

Bisul merupakan penyakit kulit berupa benjolan yang di dalamnya berisi nanah. Ukurannya bervariasi. Tapi yang pasti, rasanya cukup menyakitkan.

Dilihat dari pengertiannya, maka jelas jika gejala bisul adalah dengan munculnya benjolan berwarna merah dengan nanah di dalamnya yang terjadi pada kulit.

Bisul bisa terjadi di mana saja, dari mulai bisul di ketiak, punggung, hingga bisul di pantat. Selain berupa benjolan merah bernanah, berikut ini gejala bisul yang biasa terjadi pada pasien;

  1. Kulit di sekitar area kulit yang memiliki benjolan akan berwarna merah. Selain itu, jika disentuh akan terasa hangat. Rasa hangat tersebut muncul karena sebuah indikasi bahwa infeksi telah menyebar ke kulit yang berada di sekitar benjolan tersebut.
  2. Benjolan bermula sangat kecil, kemudian membesar dan terus membesar dengan sebuah titik putih di bagian puncak benjolan.
  3. Di dalam benjolan terdapat nanah.

 

3 Obat Bisul Alami dan Tradisional Yang Paling Ampuh

Bisul bukanlah penyakit baru. Dari dulu penyakit ini sudah ada. Itulah mengapa penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang biasa dan tidak mematikan.

Bedanya dahulu dan sekarang, pada zaman dahulu pasien lebih banyak yang lebih memilih menggunakan obat bisul alami cepat sembuh. Selain tanpa efek samping, obat tersebut juga lebih murah. Berikut ini 3 rekomendasi obat bisul alami paling ampuh;

1. Bawang putih

Di dalam bawang putih terkandung zat yang bersifat antibakteri, antiseptic dan antivirus. Itulah mengapa bumbu dapur satu ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik obat bisul tradisional dengan sifat antibiotic alami yang paling ampuh. Ketiga sifat ajaib tersebut dapat membunuh segala macam benda asing yang nantinya bisa merugikan kesehatan dan menyebabkan infeksi, seperti bakteri dan parasite.

Selain berkhasiat ampuh dalam mengatasi bisul, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi sekaligus mengeringkan bisul yang pecah.

Cara mengaplikasikannya pun mudah. Langkah pertama Anda perlu menumbuk beberapa suing bawang putih yang masih segar terlebih dahulu, barulah kemudian ramuan tersebut bisa Anda balurkan pada area kulit yang bisulan.

2. Daun ubi jalar

Selain enak dimakan, ubi jalar juga memiliki khasiat sebagai obat bisul tradisional, tepatnya pada bagian daunnya. Daun ubi jalar memiliki kandungan alami dan ampuh yang mampu melawan bakteri dan parasite yang menjadi penyebab infeksi bisul.

Cara menggunakannya adalah dengan membakar beberapa lembar daun ubi jalar hingga berubah menjadi agak layu, kemudian tempelkan daun ubi jalar yang hangat tersebut pada bisul dengan menggunakan perban, agar rekat erat.

3. Parutan mentimun dan biji buah pala

Mentimun memiliki banyak sekali manfaat. Selain makanan, buah dan sayuran, mentimun juga bisa mengobati bisul.

Anda cukup memarut mentimun dengan biji buah pala, kemudian bungkus campuran bahan alami obat bisul tersebut dengan memakai daun pisang, lalu rekatkan dengan perban pada area kulit yang berbisul.

Lakukan pengobatan alami ini sebanyak 2 kali sehari (pagi dan malam) setiap hari sampai bisul benar-benar sembuh.

 

3 Obat Bisul di Apotik Yang Paling Ampuh

Bisul memang mengganggu, baik karena rasa sakit yang ditimbulkan ataupun ‘pemandangan buruk’ yang ditampilkan.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk membuat ramuan obat bisul tradisional, Anda bisa mendapatkan obat bisul ampuh dan aman di Apotek, baik dalam bentuk salep bisul ataupun pil seperti berikut ini;

1. Mupirocin salep

Mupirocin merupakan obat salep bisul Apotek yang mengandung antibiotic topical. Kandungan ini sangat ampuh untuk mengobati Metacillin resistant Staphyloccus aureus (MRSA). Selain itu Anda juga bisa menggunakan obat ini untuk mengusir bakteri gram positif.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan salep bisul ini tiga kali dalam sehari secara tipis-tipis. Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari dua minggu berturut-turut. Jika aturan ini dilanggar, kemungkinan buruk mungkin bisa saja terjadi, seperti memicu resistensi bakteri terhadap antibiotic.

2. Amoxicillin

Amoxicillin merupakan obat bisul dalam bentuk tablet yang tergolong dalam kategori antibiotic. Cara kerja obat bisul ini adalah dengan membunuh bakteri penyebab bisul, yaitu Staphyloccus.

Anda bisa mengkonsumsi Amoxicillin 1 tablet sehari sekali. Obat dalam ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam waktu yang panjang. Jika dalam waktu beberapa hari bisul Anda tidak sembuh, segeralah periksakan diri ke dokter.

3. Benzocaine salep

Bisul dianggap mengganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan. Jika Anda tidak tahan dengan rasa sakit tersebut, segeralah ambil Benzocaine salep.

Benzocaine salep merupakan salep bisul yang mampu meredakan rasa sakit. Ini merupakan jenis salep anestesi lokal yang dapat menghalangi transmisi sinyal rasa sakit.

Meskipun dinilai ampuh, namun pasien tidak dianjurkan untuk menggunakan dalam dosis yang besar. Selain itu, resep ini juga harus dengan resep dokter.

 

Bisul merupakan penyakit kulit yang sering melanda manusia, terlebih pasien yang kurang memiliki kesadaran diri dalam hal kebersihan dan beberapa penyebab bisul lainnya.

Oleh sebab itu, maka mengetahui macam-macam obat bisul sangat penting, baik obat bisul tradisional ataupun obat bisul di Apotik. Jadi jika sewaktu-waktu Anda memiliki bisul, Anda dapat segera mengatasinya, tanpa harus menanggung rasa sakit dan malu.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.