7 Obat Amandel Bengkak – Gejala, Penyebab, Cara Mengobati




Obat Amandel

Obat amandel sejatinya merujuk pada obat-obatan atau ramuan yang memiliki khasiat untuk meredakan radang pada bagian amandel atau tonsil. Gangguan kesehatan ini dinamakan dengan radang amandel atau tonsillitis. Tonsillitis adalah penyakit yang terjadi akibat peradangan pada amandel yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Pada dasarnya, amandel bukanlah nama sebuah penyakit atau gangguan kesehatan. Bahkan amandel memiliki fungsi yang sangat baik, yaitu untuk melindungi organ mulut dari bahaya infeksi bakteri dan virus.

Jika area mulut terjadi infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri tersebut, maka seseorang dapat mengalami radang amandel. Efek dari gangguan kesehatan ini dapat menyebabkan pasien menderita kesulitan menelan makanan, bahkan juga bernafas.

Amandel bisa diatasi dengan berbagai pilihan. Salah satunya dengan operasi amandel.

Meskipun demikian, banyak orang yang merasa takut terhadap operasi, sehingga lebih banyak yang memilih mengkonsumsi obat amandel, baik obat amandel yang tersedia di Apotek ataupun obat amandel yang didapat dengan meramu bahan-bahan alami.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengobatinya, alangkah baiknya jika Anda mempelajari gejala amandel dan penyebab amandel bengkak terlebih dahulu.

 

Gejala Amandel

Gejala radang amandel dapat dengan mudah diketahui melalui ciri atau tanda-tanda berikut ini;

  1. Saat diperiksa dengan membuka mulut, di permukaan (detritus) akan ditemukan amandel membesar dengan warna merah dan bercak putih.
  2. Ketika makan, daerah tenggorokan dan kerongkongan terasa sakit, sehingga terasa kesusahan untuk menelan makanan.
  3. Kepala dan telinga terasa sakit
  4. Tubuh terasa dingin, bahkan kadang disertai dengan demam
  5. Daerah kelenjar getah bening yang terdapat pada sekitar rahang dan leher terjadi pembesaran dan pembengkakan.
  6. Suara menjadi terdengar bindeng, bahkan hilang.

 

Penyebab Amandel

Amandel bisa terjadi karena infeksi yang diakibatkan oleh mononucleosis (virus Epstein-Barr) dan bakteri bernama Streptococcus pyogenes. Selain itu, ada beberapa penyebab amandel yang patut Anda waspadai, yaitu;

1. Kesalahan dalam mengkonsumsi makanan

Amandel lebih sering ditemukan pada anak-anak. Biasanya amandel anak-anak terjadi karena faktor makanan. Salah satu faktor penyebab amandel adalah makanan yang banyak mengandung bahan pemanis buatan, pewarna kimia, perasa dan bahan pengawet makanan.

Selain anak-anak, amandel juga sering melanda orang dewasa yang sering mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, seperti ice cream, permen dan makanan yang kurang sehat lainnya.

2. Mengkonsumsi makanan ekstra pedas terlalu sering

Makanan yang terlalu pedas juga bisa menjadi salah satu pemicu radang amandel. Oleh sebab itu, jika Anda ingin terhindar dari sakit amandel, hindari mengkonsumsi makanan yang terasa terlalu pedas.

3. Kurang mengkonsumsi vitamin C

Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tubuh membutuhkan vitamin C sebanyak 500 mg setiap harinya.

Selain vitamin C, jenis makanan lainnya yang penting untuk dikonsumsi agar terhindar dari radang amandel adalah makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi yang cukup.

4. Kurang mengkonsumsi air putih

Air putih memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Setiap hari manusia perlu mengkonsumsi air putih minimal 8 sampai 10 gelas per hari atau setara dengan 1.5 liter sampai 2 liter setiap hari.

Jika tubuh kekurangan cairan yang berasal dari air putih ini, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satunya gangguan kesehatan tersebut adalah radang amandel.

5. Kurang menjaga kebersihan

Kebersihan menjadi syarat mutlak untuk hidup sehat. Salah satu faktor penyebab amandel adalah kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin terhindar dari radang amandel dan penyakit lainnya, jagalah kesehatan diri dan lingkungan tempat tinggal Anda. Langkah sederhana pencegahan radang amandel adalah dengan mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.

 

4 Obat Penyakit Amandel Bengkak di Apotik Yang Paling Ampuh

Anda bisa mendapatkan obat amandel di apotik baik yang dijual bebas atau yang harus menggunakan resep dokter. Diantara beberapa macam obat amandel, inilah 5 obat amandel bengkak paling ampuh yang bisa mengobati radang amandel dengan cepat dan aman;

1. Ibuprofen

IbuprofenIbuprofen dapat membantu menyembuhkan radang amandel. Caranya adalah dengan aktivitas analgetik yang disertai dengan antiinflamasi atau anti peradangan…

…karena sifat dan kemampuan ini, ibuprofen bisa meredakan rasa nyeri dan sakit akibat amandel yang membengkak. Salah satu obat amandel paling mujarab ini bisa Anda temukan di apotek-apotek terdekat tanpa harus dengan resep dokter.

2. Penisilin

PenicillinBisa dikatakan bahkan penisilin merupakan obat amandel apotik paling popular. Obat ini menjadi obat antibiotic pertama kali yang biasanya diberikan kepada pasien radang amandel. Khasiatnya terbukti ampuh dalam mengatasi masalah infeksi bakteri di amandel.

Batas waktu konsumsi obat ini adalah 10 hingga 14 hari. Apabila dalam jangka waktu tersebut, radang amandel belum juga sembuh, hentikan pengobatan dengan obat ini dan segeralah konsultasikan kepada dokter.

3. Aspirin

AspirinAspirin merupakan obat amandel khusus dewasa. Artinya obat ini tidak dianjurkan dikonsumsi untuk anak-anak di bawah umur 16 tahun.

Selain berkhasiat untuk mengatasi sakit kepala, aspirin juga dapat mengatasi amandel. Caranya adalah dengan mengurangi rasa nyeri dan peradangan.

Aspirin 100mg umumnya dijual seharga Rp 2000,- / tablet dan dijual bebas di apotik terdekat. Aspirin dijual dalam kemasan 1 dos yang berisikan 3 blister x 10 tablet. Namun, tetap ada perbedaan harga dan kemasan di masing-masing kota.

4. Parasetamol

ParacetamolTidak hanya orang dewasa yang mengalami peradangan pada amandel, tapi anak-anak juga. Bahkan kasus yang paling sering ditemukan di masyarakat adalah anak-anaklah yang paling sering mengalami gangguan kesehatan ini.

Jika anak Anda mengalami peradangan pada amandel, ambillah Parasetamol.

Selain terkenal sebagai obat mengobati demam, Parasetamol juga bisa menjadi obat amandel anak-anak. Kandungannya yang memiliki efek analgetik dapat meredakan nyeri dalam kategori ringan dan sedang.

 

3 Obat Amandel Alami & Tradisional Untuk Anak & Dewasa

Jika Anda tidak suka mengkonsumsi obat apotik untuk menyembuhkan suatu penyakit, jalan satu-satunya yang bisa Anda tempuh adalah dengan meramu bahan-bahan alami dan menjadikannya obat tradisional…

..Hampir semua macam penyakit dapat disembuhkan dengan obat-obatan tradisional, tak terkecuali peradangan amandel.

Selain itu, obat-obatan alami lebih aman dikonsumsi oleh anak ataupun orang dewasa karena tidak mengandung bahan kimia. Berikut ini adalah beberapa obat amandel alami yang bisa Anda ramu dan konsumsi;

1. Jeruk nipis dan kapur sirih

Salah satu penyebab amandel adalah karena kurangnya asupan vitamin C.

Sementara itu, di dalam jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi. Guna dari vitamin ini adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membasmi bakteri dan kuman. Keduanya menjadi penyebab utama timbulnya amandel yang membengkak.

Cara membuat ramuan obat amandel alami dari bahan jeruk nipis, yaitu;

  • Siapkan 2 buah jeruk nipis, kemudian peras untuk diambil airnya saja
  • Tuang air dari perasan jeruk nipis tersebut ke dalam gelas, kemudian tambahkan dengan setengan sendok teh kapur sirih, lalu aduk sampai tercampur rata.

Minum ramuan jeruk nipis dan kapur sirih tersebut 2 hingga 3 kali dalam sehari secara teratur sampai benar-benar sembuh.

Selain dapat mengobati amandel bengkak, masih ada banyak sekali manfaat jeruk nipis lainnya bagi kesehatan.

2. Kulit manggis

Manggis merupakan buah yang kaya akan manfaat. Selain buahnya yang lezat dan berkhasiat untuk berbagai macam kesehatan dan kecantikan, kulit manggis juga dapat menyembuhkan radang amandel.

Obat amandel alami dari ini sangat ampuh, aman dan tanpa efek samping.

Cara membuat ramuan obat amandel dari kulit manggis, yaitu;

  • Keringkan 5 kulit manggis sampai kering
  • Sediakan 4 gelas air untuk merebus kulit manggis yang sudah kering tersebut, kemudian tunggu sampai tersisa setengah takaran air rebusannya.
  • Diamkan air rebusan tersebut sampai dingin

Gunakan ramuan obat amandel dari rebusan kulit manggis ini untuk berkumur-kumur tanpa ditelan. Lakukan pengobatan ini rutin setiap hari sampai radang amandel sembuh. Cara ini dinilai ampuh, bahkan ramuan ini merupakan obat amandel alami yang aman untuk anak-anak.

Selain dapat mengobati penyakit amandel bengkak, kulit manggis juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan pegal-pegal pada tubuh.

3. Mengkudu

Selain manggis, mengkudu juga termasuk buah yang kaya akan manfaat, terutama kesehatan.

Baik buah maupun kulitnya, mengkudu dapat digunakan sebagai obat alami menyembuhkan radang amandel. Begitu besar manfaatnya buah mengkudu, namun Anda harus menggunakan buah mengkudu yang masih segar.

Cara membuat ramuan tradisional untuk mengobati amandel dari buah mengkudu, yaitu;

  • Cuci bersih dua buah mengkudu yang telah matang, yaitu warna putih keperak-perakan dengan bau yang menyengat.
  • Parut buah mengkudu tersebut, kemudian ambil sari buahnya dengan cara diperas.
  • Tambahkan air panas ke dalam air perasan buah mengkudu tersebut, kemudian diamkan dan tunggu sampai air berubah menjadi hangat.

Minumlah ramuan buah mengkudu ini tiga kali dalam sehari secara rutin sampai pembengkakan amandel sembuh. Apabila Anda kurang suka dengan rasa yang dihasilkan dari ramuan buah mengkudu yang hambar ini, Anda bisa menambahkan madu.

Selain dapat memberikan rasa manis dan enak, madu juga memiliki banyak khasiat kesehatan dan kecantikan.

Buah mengudu juga memberikan beberapa khasiat bagi kecantikan seperti dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe dan mengobati rambut rontok.

 

Radang amandel merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang paling sering menimpa anak-anak. Hal ini dikarenakan pada usia anak-anak, mereka belum bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh…

…Padahal faktor makanan menjadi pemicu utama penyebab amandel. Sebagai orang tua tentu tidak akan tega jika melihat anak-anak terkena radang amandel dan ingin segera mengobatinya.

Jika anak Anda atau Anda sendiri mengalami radang amandel, daftar obat amandel yang telah disebutkan di atas dapat segera mengatasinya.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.