Manfaat Jus Bit Sebelum Berolahraga dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat Jus Bit Sebelum Berolahraga

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa olahraga memiliki efek positif pada otak. Menurut penelitian baru-baru ini, minum jus bit sebelum berolahraga juga memberi manfaat tambahan.

Para peneliti merekrut 26 individu berusia di atas 55 tahun dengan tekanan darah tinggi yang mengambil maksimal 2 obat tekanan darah tinggi, dan  tidak berolahraga. Mereka minum suplemen jus bit 3 kali/minggu selama 6 minggu, dan 1 jam sebelum berjalan 50 menit di atas treadmill dengan intensitas sedang. Para peserta dibagi menjadi 2 kelompok, satu kelompok menerima jus bit yang mengandung 560 mg nitrat, dan kelompok lainnya meminum plasebo yang mengandung nitrat dalam jumlah kecil.

Study ini mengungkapkan bahwa mengkonsumsi jus bit sebelum olahraga, dapat membuat otak orang dewasa (berusia lanjut) yang memiliki tekanan darah tinggi bekerja lebih efisien dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi jus bit, menghasilkan konektivitas otak yang menyerupai otak orang dewasa yang lebih muda. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mereplikasi dan memperluas hasil ini, para peneliti menyarankan bahwa kita harus memerhatikan apa yang kita makan ketika kita bertambah tua.

Manfaat Buah Bit Sebelum Berolahraga

Ada tingkat nitrat yang tinggi dalam bit, dan ketika dikonsumsi, nitrat pertama-tama diubah menjadi nitrit dan kemudian dari nitrit menjadi oksida nitrat. Nitrit oksida meningkatkan aliran darah tubuh, dan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa performa ketika berolahraga dapat ditingkatkan dengan oksida nitrat. Oksida nitrat adalah molekul kuat yang diangkut ke bagian tubuh yang membutuhkan oksigen, terutama otak.

Ketika berolahraga, korteks somatomotorik yang berfungsi memproses informasi otot dan mengatur isyarat dari tubuh, dapat menjadi lebih kuat dengan olahraga. Olahraga dan kombinasi jus bit dapat mengalirkan oksigen ke otak, sehingga dapat membuat korteks somatomotorik menjadi lebih kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, orang yang mengkonsumsi jus bit memiliki tingkat nitrat dan nitrit yang jauh lebih tinggi dibandingkan orang yang meminum plasebo setelah berolahraga. Meskipun memiliki kadar nitrat dan nitrit yang sama dalam darah sebelum minum jus.

 

Bacaan Lainnya :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*