5 Manfaat dari Foam Rolling dalam Meningkatkan Kesehatan Tubuh




Manfaat dari Foam Rolling

Apapun profesi Anda, Anda bisa mendapatkan manfaat dari foam rolling dimana saja. Metode peregangan ini telah digunakan selama bertahun-tahun, dan semakin popular. Bahkan untuk non-atlet atau mereka yang hanya berolahraga ringan. Jika Anda ingin tahu manfaat dari praktik ini, baca terus ulasan Tips Kebugaran dibawah ini dan Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang cara meningkatkan kesehatan dengan membeli foam roller.

Foam Roller

Manfaat dari Foam Rolling

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Pertama kali menggunakan foam roller, Anda akan merasa kesakitan. Tetapi cara ini merupakan cara terbaik untuk meregangkan jaringan dan memperlancar sirkulasi. Jika Anda pernah mengalami mati rasa atau tanda-tanda lain dari sirkulasi darah yang buruk, cobalah membeli foam roller dan mencari video cara-cara pemula foam roller di YouTube. Praktek foam rolling cukup sederhana dan mudah. Dalam beberapa kali latihan saja, dapat berdampak besar pada sirkulasi darah di tubuh Anda.

Foam roller Meningkatkan Sirkulasi Darah

2. Waktu Pemulihan Lebih Cepat

Jika Anda seorang atlet dan sering melakukan olahraga berat, Anda mungkin mengalami rasa sakit yang mendalam di otot Anda ketika Anda selesai berolahraga. Seiring bertambahnya usia, semakin lebih lambat bagi tubuh kita untuk pulih. Jika Anda menyadari bahwa Anda memerlukan waktu pemulihan lebih lama, foam roller memiliki potensi untuk mempercepat waktu pemulihan Anda.

3. Tingkatkan Fleksibilitas Anda

Otot yang kuat, sering kali tidak fleksibel digerakkan. Jika otot Anda kuat tetapi kaku, dapat disebabkan karena Anda tidak menggunakan teknik peregangan yang tepat, sekaranglah saatnya Anda menggunakan teknik peregangan yang tepat. Melakukan peregangan dengan metode peregangan seperti yoga, foam roller dapat membantu Anda meregangkan jaringan otot dan meningkatkan fleksibilitas Anda. Ketika Anda membutuhkan mobilitas/fleksibilitas yang lebih banyak, Anda dapat memperbanyak intensitas penggunaan foam roller dalam metode peregangan Anda.

Foam roller Tingkatkan Fleksibilitas Anda

4. Hemat

Rata-rata foam roller, memiliki harga sekitar 200 sampai 300ribuan. Tetapi Anda dapat menemukan foam roller dalam kisaran harga berapapun yang Anda inginkan. Salah satu keuntungan terbesar menggunakan foam roller adalah Anda dapat melatih otot Anda sendiri tanpa perlu mendatangkan profesional trainer. Meskipun Ada kelas foam rolling yang tersedia di sebagian besar pusat kebugaran lokal, Anda masih dapat melatih otot Anda sendiri. Dengan begitu Anda tidak perlu mengikuti terapi yang mahal, sehingga foam roller dapat menghemat tabungan Anda.

5. Merasa Lebih Nyaman

Jika Anda bukan seorang atlet dan Anda sering duduk berjam-jam saat bekerja, Anda mungkin juga merasakan otot yang kaku dan sakit. Anda mungkin berpikir bahwa foam roller hanya untuk mereka yang sering melakukan olahraga berat, tetapi hal itu tidak benar. Foam roller dapat memberikan manfaat kesehatan bagi semua orang, bahkan jika Anda belum pernah berolahraga dalam hidup Anda. Ketika Anda kesakitan karena sering duduk diam, mulailah dengan menggunakan foam roller dengan cara yang direkomendasikan untuk pemula.

 

Bagaimana Memulai Menggunakan Foam Roller?

Foam Roller tersedia di hampir semua toko peralatan olahraga, dan bahkan Anda dapat menemukannya di toko serba ada. Ketika Anda sudah siap untuk meningkatkan fleksibilitas, mengurangi nyeri otot, dan meningkatkan sirkulasi darah, lakukanlah pencarian alat ini via online. Pastinya ada beberapa foam roller berkualitas tinggi di pasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Setelah Anda memilih foam roller, saatnya untuk mencari beberapa jenis latihan menggunakan foam roller. Anda dapat memulai belajar dengan menonton video di YouTube atau mampir ke kelas kebugaran lokal.

Kesalahan yang Biasa Terjadi saat Menggunakan Foam Roller

Karena foam roller meroket popularitasnya akhir-akhir ini, Anda mungkin melihat beberapa informasi yang salah tentang cara menggunakan foam roller. Saat Anda memilih menggunakan foam roller sebagai bentuk metode peregangan dan pemulihan Anda, maka Anda harus ingat untuk berguling (rolling) secara perlahan. Berguling terlalu cepat dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak terlalu membantu otot Anda. Selain itu, mengguling di satu area dalam jangka waktu yang terlalu lama juga dapat merugikan Anda.

Nah, begitulah beberapa manfaat dari foam rolling yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh secara perlahan. Gunakan metode yang sudah teruji dan jangan lupa untuk bertanya sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Be Healthy !!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.