4 Tips Menggunakan Jeruk Nipis untuk Batuk Ringan dengan Aman




Jeruk Nipis untuk Batuk

Obat Batuk – Batuk merupakan salah satu sakit yang kerap diderita oleh siapapun tanpa memandang status sosial. Batuk sendiri muncul sebagai sebuah reflek alami dari sistem perlindungan tubuh yang berusaha untuk melawan iritasi yang terjadi bagian belakang kerongkongan. Ada banyak cara menyembuhkan batuk dari yang alami hingga bahkan obat-obatan apotek yang bisa didapatkan dengan harga murah. Salah satu pengobatan batuk alami bisa Anda lakukan dengan jeruk nipis. Di mana, penggunaan jeruk nipis untuk batuk sendiri sudah cukup lama digunakan oleh masyarakat.

Jeruk nipis sendiri merupakan sebuah buah yang biasanya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan mulai dikonsumsi hingga tambahan bumbu masak. Bahkan, tidak jarang juga jeruk nipis juga digunakan sebagai alternatif pencuci piring berlemak. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Penggunaan jeruk nipis untuk batuk sendiri tidak hanya dilakukan di Indonesia. Di beberapa negara, jeruk nipis ini pun juga dijadikan sebagai obat batuk tradisional yang ampuh. Nah, untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak penjelasan tentang penyebab terjadinya batuk dan cara menggunakan jeruk nipis sebagai obat batuk di bawah ini.

Penyebab penyebab Batuk

Penyebab-penyebab Batuk

1. Virus Flu

Virus flu menjadi penyebab batuk yang paling banyak dialami oleh kebanyakan masyarakat dimanapun. Virus ini sendiri biasanya berkembang dan menyerang karena penularan dari orang lain. Untuk itulah, agar dapat mencegah virus ini, alangkah baiknya Anda untuk memperkuat antibodi yang Anda miliki dengan pola hidup yang sehat.

2. Postnasal Drip

Postnasal drip merupakan kondisi dimana lendir terakumulasi di dalam sinus dan masuk ke bagian belakang kerongkongan yang akhirnya menimbulkan batuk. Biasanya, salah satu gejala yang timbul ketika Anda menderita postnasal drip ini adalah rasa sakit pada tenggorokan. Untuk dapat mengatasinya, Anda bisa membilas hidung dengan cairan saline atau pergi ke dokter.

3. Asma

Ketika Anda mengalami batuk kering secara terus-menerus, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala penyakit asma atau sesak nafas. Biasanya, batuk yang dikarenakan oleh penyakit asma ini akan semakin buruk ketika malam hari tiba. Untuk itu, ketika Anda mengalami gejala demikian alangkah baiknya jika Anda langsung berkonsultasi dengan dokter. Tentu saja, Anda tidak bisa menggunakan jeruk nipis untuk batuk yang dikarenakan hal ini

4. Acid Reflux

Acid reflux merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab terbanyak terjadinya batuk kronis. Bahkan berdasarkan informasi yang didapatkan, terungkap jika 25 persen batuk kronis yang terjadi disebabkan oleh penyakit yang satu ini. Untuk bisa mengatasi atau mencegah batuk yang dikarenakan oleh penyakit ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa penyebab-penyebab batuk yang bisa Anda cegah dengan berbagai cara. Seperti yang sudah dikatakan diawal, batuk merupakan sebuah reflek tubuh untuk bisa melawan terjadinya iritasi di area tenggorokan. Untuk itulah pada beberapa kasus, ada pula batuk yang dikarenakan penyebab lainnya. Di mana, untuk batuk dengan penyebab lainnya tersebut disarankan untuk dikonsultasikan ke dokter.

Jeruk Nipis untuk Obat Batuk

Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Obat Batuk

1. Jenis jeruk nipis

Cara menggunakan jeruk nipis untuk batuk mungkin sudah banyak Anda ketahui sebelumnya. Di mana, yang jelas untuk menjadikan jeruk nipis sebagai obat batuk ini Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu jeruk nipis ini. Pilihlah jeruk nipis yang sudah matang untuk dijadikan obat batuk.

2. Memeras jeruk nipis

Jika Anda sudah menyiapkan jeruk nipis yang akan digunakan sebagai ramuan untuk mengobati batuk secara alami, maka tahapan selanjutnya adalah mengambil air perasannya. Caranya tentu saja dengan memeras jeruk nipis tersebut dan menyaring bijinya agar tidak ikut dalam air perasan tersebut.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Obat Batuk

3. Menyiapkan ramuan jeruk nipis

Setelah mendapatkan air perasan yang bersih dan terpisah dari bijinya, tahapan selanjutnya dari cara menggunakan jeruk nipis untuk batuk adalah dengan mencampurnya dengan bahan lain. Bahan lain yang dimaksud disini adalah kecap ataupun madu. Campurkan salah satu bahan tersebut dengan jeruk nipis yang telah disiapkan sebelumnya dengan takaran secukupnya. Biasanya, Anda bisa mengukurnya dengan takaran 1 berbanding 1.

4. Konsumsi secara teratur

Jika sudah tercampur, maka Anda dapat meminum ramuan tersebut sebagai obat batuk alami. Lakukan hal tersebut selama 2 kali sehari secara teratur hingga batuk yang Anda alami mengering atau reda.

Nah, demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara menggunakan jeruk nipis untuk batuk yang bisa Anda praktekan di rumah. Dengan menggunakan obat alami tersebut, Anda dapat menghindari obat-obatan kimia yang memiliki efek samping bagi tubuh. Namun, seperti pepatah bilang mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itulah alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa penyebab batuk agar Anda bisa mencegahnya.

Dengan mengetahui cara menggunakan jeruk nipis untuk batuk dan penyebab-penyebab batuk, kini Anda bisa melakukan pencegahan diri untuk menghindari batuk. Anda juga bisa melakukan pengobatan batuk dengan jeruk nipis seperti tutorial di atas dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Be Healthy !!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.