4 Macam Gerakan Olahraga Fitness Untuk Pemula Beserta Manfaatnya

Olahraga Fitness Untuk Pemula

Fitness Untuk Pemula – Olahraga fitness pada awalnya popular di Amerika dan selama beberapa tahun belakangan mempunyai banyak sekali peminat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Tapi apa itu fitness sebenarnya? Olahraga fitness ini merupakan salah satu olahraga yang yang disarankan buat program diet serta  menjaga kebugaran serta kesehatan baik buat pria atau wanita. Sejarah fitness mengatakan bahwa olahraga ini  telah berkembang sejak tahun 2003 silam ini selalu identik dengan yang namanya kekerasan. Tetapi untuk sekarang teknik-teknik serta gerakannya sudah dimodifikasi bertujuan untuk meningkatkan keamanan jadi lebih baik. Serta sesuai dengan kebutuhan.orang-orang pada zama sekarang. Gerakan fitness untuk wanita berfokus pada teknik body shaping, hal ini membuatnya semakin menarik buat orang-orang yang tengah menjalankan program diet.

 

Teknik Fitness

Pada dasarnya, olaharga Fitness mempunyai teknik-teknik dasar yang mirip senam lantai. Seperti berfokus pada kekuatan siku, kaki, serta serangan lutut. Dalam hal pembentukan badan, banyak melakukan gerakan seperti putaran tubuh, lengan  serta gerakan yang diyakini bisa mengencangkan serta membakar lemak tubuh. Tidak heran jika banyak wanita yang mau mengikuti latihan fitness yang bisa mengecilkan perut ini, karena mempunyai  manfaat yang besar dalam menurunkan berat badan. Anda bisa mengikuti latihan ini di beberapa tempat pelatihan Fitness yang  mulai menjamur di Indonesia. Saat mengikuti pelatihan ini Anda akan dilatih oleh trainer professional. Biasanya Anda akan mulai diajarkan teknik  dasar fitness yang kemudian akan naik level sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Tapi Anda bisa belajar panduan fitness untuk pemula di rumah.

 

Latihan Dasar Fitness

Sebelumnya memulai latihan dasar, Anda harus melakukan pemanasan yang cukup agar tidak cidera. Anda bisa memulai latihan dengan jogging maupun skipping sekitar 10 hingga 15 menit. Jogging harus dilakukan sebagai salah satu cara untuk membentuk stamina serta membuat tulang jadi lebih kuat. Sedangkan pemanasan dengan jogging adalah untuk melatih keseimbangan. Jadi urutan gerakan fitnes bagi pemula dimulai dengan pemanasan sebelum masuk latihan inti.

  1. Sebelumnya Anda harus mengingat, jangan pernah memulai latihan dalam keadaan perut kosong, usahakan untuk makan dengan pola makan fitnes pemula terlebih dahulu kira-kira 45 – 60 menit sebelumnya.
  2. Kemudian lakukanlah pemanasan sebelum Anda memulai latihan olahraga fitness.
  3. Pilihlah equipment yang sesuai serta  cocok dengan Anda untuk meminimalisir terjadinya cidera.

 

Gerakan Fitness Untuk Pemula

Dalam Fitness, Anda akan dituntut untuk mempelajari pola latihan fitnes seperti mengangkat beban, melatih kekuatan dada serta otot lengan dengan efektif. Dikarenakan itu, Anda harus berlatih dengan tidak sembarangan supaya tidak tertlalu memforsir gerakan tidak perlu serta membuang-buang energi. Daya tahan tubuh serta stamina yang Anda punya juga harus ditingkatkan dengan cara fitnes yang benar hal ini membutuhkan intensitas kardio yang cukup tinggi. Buat kalian yang baru mulai pelatihan silahkan untuk mengikuti empat gerakan latihan fitness untuk pemula seperti berikut

 

1. Jogging dengan Treadmill

Jogging dengan Treadmill Olahraga Fitness Untuk Pemula

Berlari kecil atau yang lebih sering dengan jogging dibutuhkan sebagai langkah awal membentuk stamina. Selain itu  kegiatan ini juga bisa membuat tulang kering menjadi lebih kuat. Berpatoklah kepada berapa lama Anda berlari jangan berpatokan kepada seberapa banyak Anda berlari. Mulailah secara perlahan kurang lebih 10 menit, apabila tubuh Anda sudah merasa peningkatan stamina, maka tambahkan durasinya secara berkala.

 

2. Push up

Push up Olahraga Fitness Untuk Pemula

Push Up biasanya dipakai untuk membesarkan otot-otot tubuh, baik itu buat otot lengan, otot tangan, hingga otot perut. Push Up bisa menggunakan matras, di lapangan, bahkan di dalam  ruang kecil. Posisikan bentuk tubuh Anda sama seperti Push up pada umumnya. Tapi jika Anda adalah wanita Anda bisa push up dengan cara lain. Anda bisa menggunakan lutut anda menjadi tempat tumpuannya. Lalu letatkanlah tangan di atas matras, atau lantai secara lurus dengan wajah lurus menghadap kedepan lalu kaki juga bisa Anda silangkan. Lalu turunkan dada anda secara perlahan sampai dekat dengan lantai, lalu Anda bisa kembali ke posisi semula.

 

3. Squats

Squats Olahraga Fitness Untuk Pemula

Cara yang paling benar untuk melakukan squats yaitu dengan posisi jongkok membentuk 90 derajat. Saat anda sedang melakukan squats ini akan membuat Anda bisa mempunyai bokong yang kencang. Jadi Anda perlu memperhatikan bagaimana bentuk punggung selama melakukan squats. Karena saat Anda membungkuk ketika squats ini bisa memperbesar resiko mengalami cidera. Anda dapat menggunakan alat bantu tambahan berat untuk menggandakan beban yang akan ditahan oleh tangan dan kaki atau juga bisa tanpa alat tambahan apapun.

 

4. Upright row

Upright row Olahraga Fitness Untuk Pemula

Pertama-tama Anda memegang barbel sesuai dengan kemampuan, lalu genggamlah dengan cara  overhand, kemudian tahan pemberat didepan paha serta telapak tangan yang menghadap ke arah Anda. Lalu tahanlah pemberat sedekat mungkin ke badan, kemudian tarik barbel ke arah atas dada. Perhatikan posisi siku tetap melebar saat Anda melakukan gerakan latihan ini, agar tidak menimbulkan cedera saat sedang melakukannya

 

Manfaat Fitness

Program fitness untuk pemula sangat cocok bagi semua kalangan serta tidak ada batasan usia, sehingga orang yang sudah tidak muda lagi juga bisa. Tapi  perlu pengurangan gerakan fitness dibandingkan peserta anak-anak atau yang masih muda. Banyak yang berlati fitness ini dengan alasan buat menjaga kesehatan. Fitness banyak dipercaya bisa menekan kolesterol jahat serta menekan darah tinggi. Latihan fitness di rumah juga bisa kalian lakukan sendiri.

 

1. Meningkatkan stamina

Seperti olahraga lain pada umumnya, Fitness bisa Anda lakukan secara rutin. Bahkan lama-kelamaan ini akan membuat stamina serta daya tahan tubuh Anda bertambah kuat.

 

2. Meningkatkan kekuatan lengan

Olahraga fitness juga sering memakai tangan sebagai fokusnya saat berlatih. Saat Anda melakukan gerakan tangan ini, secara tidak langsung bisa memperkuat otot-otot tubuh di bagian lengan serta dada.

 

3. Menjaga kesehatan mental

Dengan mengikuti olahraga fitness. Anda tidak cuma menjaga kesehatan secara fisik saja tetapi juga bisa menjaga kesehatan secara mental. Fitness jika dilakukan secara rutin, juga bisa membantu meningkatkan disiplin dalam diri. Latihannya ini tergolong keras sehingga bisa membentuk keberanian serta membuat banyak keringat yang keluar. Salah satu hasil latihan adalah bisa mengeluarkan hormon yang menyebabkan kecemasan.

 

4. Menjaga berat badan

Selain dengan menjaga asupan makanan, buat Anda yang sedang melakukan diet, olahraga ini dipercaya sangat membantu untuk menurunkan berat badan dikarenakan mampu membakar banyak kalori. Agar mendapatkan tubuh ideal, sangat disarankan Anda melakukan latihan sekitar 2 kali seminggu. Gerakan-gerakan bisa saja menggunakan tangan serta kaki yang akan membuat serta membantu otot tubuh menjadi lebih kuat.

 

5. Membuat kulit lebih bercahaya

Gerakan-gerakan olahraga fitness juga sangat menguras dan mengeluarkan banyak keringat, ini membuat racun dalam tubuh menjadi keluar bersamaan dengan keluarnya keringat serta membuat metabolisme tubuh berjalan lancar. Sehingga kulit tubuh maupun wajah jadi lebih bercahaya. Jadi kalian tidak perlu khawatir wajah menjadi kusam serta muncul jerawat dikarenakan berkeringat yang berlebih.

 

Nah begitulah ulasan singkat dari Tips Kebugaran tentang beberapa gerakan fitness untuk pemula disertai dengan manfaat-manfaat melakukan olahraga fitness itu sendiri. Beberapa gerakan fitness diatas dapat Anda lakukan dirumah atau mengunjungi pusat fitness agar mendapatkan peralatan yang memadai. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*