10 Cara Merawat Rambut Berhijab Tetap Segar dan Sehat Alami




Cara Merawat Rambut Berhijab

Merawat Rambut – Berhijab merupakan salah satu kewajiban bagi seorang muslimah di seluruh dunia. Tren fashion hijab pun kini sudah mendunia dengan berbagai desain yang kian modern. Sayangnya, ada sebuah masalah yang kerap dialami wanita muslimah yang berhijab. Masalah tersebut adalah rambut yang rusak atau bahkan rontok. Bukan tanpa alasan, rambut yang tertutup hijab memang memiliki resiko terkena masalah lebih besar dari pada rambut yang dibiarkan terurai. Untuk itu, bagi Anda muslimah berhijab wajib mengetahui bagaimana cara merawat rambut berhijab seperti yang akan dijelaskan di Tips Kebugaran berikut ini.

Cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat memang bisa dibilang susah-susah gampang. Bukan tanpa alasan, pasalnya tidak jarang wanita berhijab yang malas untuk melakukan perawatan pada rambutnya yang tertutup hijab. Padahal meskipun tertutup dan tidak terlihat, perawatan pada rambut berhijab tetap wajib dilakukan. Pasalnya, meskipun tidak terlihat rambut berhijab tentu tetap harus sehat. Nah, baiklah langsung saja kita simak ulasan mengenai cara perawatan rambut berhijab di bawah ini.

 

Cara Merawat Rambut Berhijab

 

1. Hindari Pemakaian Hair Dryer Terlalu Sering

Cara merawat rambut berhijab yang pertama yang perlu dan sangat penting untuk diperhatikan adalah penggunaan hair dryer. Penggunaan hair dryer pada rambut diketahui tidaklah baik, meskipun hal tersebut merupakan cara termudah untuk membuat rambut menjadi kering. Namun demikian, penggunaan hair dryer yang terlalu sering ini justru bisa membuat rambut keing dan rusak.

Hindari Pemakaian Hair Dryer Terlalu Sering

Maka dari itu, untuk menjaga rambut berhijab Anda tetap sehat dan indah, maka janganlah terlalu sering menggunakan hair dryer. Usahakan agar rambut Anda kering secara alami untuk menghindarkannya dari bau yang tidak sedap.

 

2. Sisir Rambut Sebelum Mandi

Menyisir rambut diketahui tidak hanya bisa merapikan rambut namun bisa membuat rambut menjadi lebih sehat. Pasalnya, dengan menyisir rambut sebelum mandi bisa menjadi salah satu pencegahan dari kerontokan rambut.

Dengan rajin menyisir rambut secara teratur sikulasi dara di dalam kulit kepala menjadi lebih teratur. Dengan teraturnya sirkulasi darah tersebut, membuat akar rambut menjadi kuat dan tentu hal ini menjadi pencegah utama dari kerontokan rambut.

 

3. Gunakan Shampo Khusus

Saat ini dengan banyaknya wanita berhijab di Indonesia, untuk bisa mendapatkan shampo khusus rambut berhijab ini bukanlah hal yang sulit. Biasanya shampo khusus rambut berhijab ini dibuat secara khusus untuk mencegah ketombe, rambut rontok serta minyak berlebihan.

Rambut berhijab sendiri biasanya memang cenderung berminyak dan juga lembab. Tidak hanya itu saja, rambut berhijab biasanya memiliki tingkat kesensitifan yang lebih tinggi terhadap bahan kimia pada shampo. Sehingga biasanya, shampo khusus rambut berhijab memang didesain dengan bahan kimia yang ringan.

 

4. Jangan Ikat Rambut Terlalu Keras

Cara merawat rambut berhijab yang selanjutnya adalah dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang dan lama.sebuah fakta mengatakan jika rambut yang diikat terlalu keras dalam waktu yang lama membuatnya rusak dan rontok. Hal ini karena tarikan yang terjadi dari ikatan rambut lama kelamaan membuat akar rambut menjadi melemah.

Mengikat rambut memang terkadang menjadi sebuah pilihan bagi kaum hawa yang menginginkan rambutnya tertata rapi. Terlebih lagi para hijabers yang biasanya bisa dipastikan menggunakan ikatan rambut. Nah, untuk menyiasatinya Anda bisa sesekali menggerai rambut Anda atau bisa juga gunakan ikat rambut yang tidak terlalu kencang.

 

5. Pilih Bahan Jilbab yang Tepat

Tidak hanya melakukan perawatan rutin dengan menggunakan shampo khusus ataupun menyisir, untuk merawat rambut berhijab Anda juga harus memilih bahan jilbab yang tepat. Gunakanlah bahan  kain yang nyaman yang bisa menyerap keringat dengan baik, seperti jenis jilbab instan berbahan spandek. Hal ini sangat penting agar rambut Anda terhindar dari kelembapan yang berlebihan.

Sepeti yang diketahui tingkat kelembapan pada rambut ataupun kulit kepala yang berlebihan bisa mengakibatkan ketombe atau bahkan bau tidak sedap. Untuk itu pilihlah jenis kain hijab seperti katun , nylon ataupun polyester yang memiliki pori-pori baik.

 

6. Makan Makanan Sehat

Selain dari luar, cara merawat rambut berhijab juga bisa Anda lakukan dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat yang baik untuk rambut. Di mana, dalam hal ini Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, dan protein. Beberapa makanan yang mengandung zat di atas diantaranya adalah salmon, kenari, telur dan juga bayam.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahnya dengan nutrisi atau suplemen tambahan jika merasa belum mampu memenuhi nutrisi melalui makanan. Saat ini sudah banyak tersedia suplemen-suplemen khusus untuk kesehatan rambut.

 

7. Dikepang

Banyak yang tidak menyadari atau bahkan tidak mengetahui jika dikepang merupakan salah satu cara menjaga rambut agar tetap sehat. Dengan mengepang rambut banyak dianggap lebih baik dibandingkan Anda mengikatnya menggunakan karet.

Selain lebih sehat untuk rambut, mengepang rambut juga dinilai lebih rapih ketimbang Anda mengikatnya yang justru bisa berantakan. Lagi pula, dengan mengepang rambut ini tidak akan mempengaruhi tatanan hijab yang Anda kenakan.

 

8. Gunakan Masker Rambut

Nutrisi pada rambut sangatlah penting, selain menggunakan shampo khusus rambut berhijab, cara merawat rambut berhijab juga bisa Anda lakukan dengan memakai maker rambut secara teratur. Gunakanlah masker rambut setidaknya seminggu sekali untuk menjaga batang rambut tetap lambab.

Gunakan Masker Rambut

Perlu diingat dalam memilih masker rambut berhijab adalah gunakanlah masker dari bahan alami. Diantaranya seperti lidah buaya, kopi dan juga alpukat. Beberapa bahan alami di atas dikenal telah lama memiliki khasiat yang bagus untuk memperkuat atau menyehatkan rambut. Gunakanlah beberapa bahan di atas untuk creambath untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

 

9. Keramas Air Hangat

Tidak hanya penggunaan bahan kimia pada shampo yang digunakan untuk keramas, suhu dari air yang digunakan untuk keramas pun mempengaruhi kesehatan rambut behijab yang Anda miliki. Sesekali, gunakanlah air hangat untuk keramas agar bisa membuka poi-pori kulit kepala. Dengan pori-pori yang terbuka, akan lebih mudah baginya menyerap serum ataupun nutrisi yang Anda berikan

Namun jangan lupa untuk membilasnya dengan air dingin agar pori-pori yang terbuka tersebut kembali tertutup. Selain membuka pori-pori, keramas menggunakan air hangat diyakini mampu merelaksasi pikiran agar terhindar dari strees. Di mana, stress diketahui merupakan salah satu hal yang kerap menjadi penyebab rambut rontok atau bahkan beruban.

 

10. Pijat Kepala

Selain keramas dengan menggunakan air hangat, memijat kepala juga bisa menjadi pilihan untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam kulit kepala. Di mana, pemijatan pada kulit kepala ini akan membuat kepala menjadi lebih rileks dan akhirnya sirkulasi dara di dalam kulit kepala pun menjadi lancar.

 

nah, demikianlah beberapa cara merawat rambut berhijab yang benar yang bisa menjaganya untuk tetap sehat dan kuat. Seperti yang banyak diungkapkan, rambut merupakan mahkota wanita. Sehingga, meskipun ada hijab atau jilbab yang menutupinya, bukan berarti Anda harus membiarkannya tak terawat dan rusak. Merawat rambut tetap haus dan wajib Anda lakukan meskipun Anda menggunakan hijab sebagai kewajiban seorang muslimah.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.