5 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih Secara Alami




cara mengurangi nafsu makan

Memiliki nafsu makan merupakan salah satu hal yang pastinya dimiliki oleh semua manusia. Namun kadar nafsu makan seseorang satu dengan lainnya pasti berbeda baik itu yang stabil, menurun, bahkan berlebihan.

Tentu saja anda sudah sepakat bahwa segala sesuatu yang berlebihan, tentu saja dampaknya tidak akan baik bagi apapun. Termasuk bagi nafsu makan salah satunya.

Tentu saja dengan memiliki nafsu makan secara berlebihan, anda akan beresiko memiliki berat badan hingga kadar kolesterol yang tinggi. Bagi sebagian orang, cara mengurangi nafsu makan yang berlebih sangatlah  susah, karena pola hidup yang sudah terbiasa dengan menyantap makanan ringan atau makan berat diluar jadwalnya.

Hal ini karena kadar makanan yang seharusnya tidak anda konsumsi, namun dengan nafsu makan yang berlebihan ini, terpaksa masuk kedalam tubuh anda. Maka dari itu, cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan pun bisa anda lakukan secara alami.

Bagi anda yang sedang mencoba ingin mengurangi nafsu makan yang berlebihan secara alami ini, bisa mencoba untuk melakukannya dengan beberapa cara yang akan diulas lebih lanjut seperti yang ada dibawah ini. Namun, bagi Anda yang mengalami kurang nafsu makan dapat coba membaca cara menambah nafsu makan.

Bagaimana Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Menurunkan Berat Badan?

1. Jangan Tinggalkan Sarapan

sarapan pagi - cara mengurangi nafsu makanBeberapa penelitian telah menunjukan hasil bahwa sarapan merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sehari – hari.

Sarapan juga merupakan salah satu upaya untuk membantu meningkatkan konsentrasi dalam tubuh anda.

Selain itu, dengan bersarapan ini, anda bisa terjaga dari konsumsi makanan ringan yang tinggi kandungan lemak dan juga gula, sehingga nafsu makan anda pun bisa terkontrol dengan baik.

2. Sikat Gigi

sikat gigi - cara mengurangi nafsu makanCara yang satu ini, memang terdengar unik, namun kenyataannya dengan menyikat gigi, anda bisa mencoba untuk mengurangi nafsu makan dimana makanan yang telah ada di meja makan atau dihadapan anda.

Ketika anda sudah bersikat gigi, atau bahkan berkumur, rasa makanan yang terhidang akan menjadi tidak lezat lagi dipikiran anda.

Selain itu, rasa mint yang terdapat pada pasta gigi juga memberikan efek segar pada mulut anda.

3. Rajin Olahraga

olahraga - cara mengurangi nafsu makanBeberapa jenis olahraga, ternyata bisa menekan nafsu makan anda, dan juga bisa mempengaruhi hormon yang memang menciptakan nafsu makan.

Beberapa olahraga seperti angkat beban, hingga aerobik, merupakan salah satu jenis olaharaga yang memerlukan sedikit makanan untuk menggantikan energi yang terbuang. Cocok sebagai pilihan olahraga untuk anda ketika sedang berdiet.

Olahraga dapat mengalihkan perhatian Anda yang ingin mengonsumsi makanan dan menekan nafsu makan berlebih.

4. Konsumsi Teh Atau Kopi

konsumsi teh atau kopi - cara-mengurangi-nafsu-makanKafein yang anda konsumsi dalam sebuah penelitian, akan membantu menekan nafsu makan anda.

Maka dari itu, mengkonsumsi teh atau kopi sangat dianjurkan untuk menekan nafsu makan secara berlebihan.

Namun tetap yang perlu diperhatikan adalah jangan menambahkan gula kedalam teh atau kopi anda untuk menekan nafsu makan yang berlebih.

Selain itu, ada beberapa penelitian yang juga mengemukakan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang berarti tubuh akan melakukan pembakaran kalori lebih banyak.

5. Mencari Kesibukan Diri

sibukan diri - cara mengurangi nafsu makanCara yang satu ini, merupakan salah satu cara psikologis yang mana memang sangat perlu untuk anda lakukan.

Menyibukan diri akan mengalihkan pikiran anda dari keinginan untuk makan.

Anda bisa melakukan beberapa hal kegiatan seperti bekerja, dll setidaknya 20 hingga 30 menit, agar pikiran anda bisa teralihkan dari makanan atau dapur, hingga tanpa merasa lapar dan ingin makan.

 

Demikian beberapa cara mengurangi nafsu makan berlebihan yang bisa anda coba lakukan secara alami.

Semoga bermanfaat dan bisa anda terapkan pada kehidupan sehari-hari anda. Be healthy!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.