13 Cara Mengobati Penyakit Bronkitis Dengan Alami dan Sehat

Cara Mengobati Penyakit Bronkitis

Cara Mengobati Penyakit Bronkitis – Pengobatan herbal untuk bronkitis mencakup beberapa ramuan dan rempah yang umum dan mudah digunakan seperti kunyit, daun salam, madu dan minyak kayu putih. Bronkitis dapat disebabkan karena infeksi oleh bakteri dan virus atau oleh faktor-faktor seperti merokok, menghirup asap dan debu berbahaya.

Peradangan pada saluran pernapasan dapat menyebabkan gejala penyakit bronkitis seperti batuk, demam, dada terasa nyeri dan sesak napas. Meskipun bentuk bronkitis kronis memerlukan perawatan medis khusus, kelegaan dari gejala yang terkait dengan bronkitis dapat diberikan beberapa pengobatan tradisional yang mudah diikuti.

Pengobatan herbal untuk bronkitis telah diterima oleh banyak ahli medis juga. Bronkitis mengacu pada kondisi meradang bronkus (saluran udara di paru-paru). Hal ini disebabkan karena adanya peradangan pada trakea (tenggorokan) dan bronki besar dan kecil akibat infeksi atau faktor lainnya. Hal ini menyebabkan lapisan mukosa saluran udara menjadi bengkak akibat peradangan. Sel-sel yang melapisi saluran udara mengeluarkan cairan untuk membersihkan iritasi sehingga menghasilkan dahak dan dahak. Batuk yang disebabkan oleh bronkitis adalah refleks untuk mengusir iritasi. Bronkitis dapat dibagi secara luas menjadi bronkitis akut dan bronkitis kronis.

 

Penyebab Bronkitis Secara Umum

Penyebab Bronkitis

Bronkitis akut disebabkan karena infeksi oleh virus atau bakteri dan berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan flu biasa. Iritasi paru lainnya seperti asap tembakau, debu, dan asap dapat memperburuk kondisi bronkitis akut.

Penyebab utama bronkitis kronis adalah merokok. Hal ini juga bisa disebabkan oleh menghirup asap dan debu beracun. Bila virus atau bakteri menginfeksi saluran pernafasan yang sudah meradang, kondisinya bisa memburuk. Bronkitis kronis adalah kondisi medis yang serius dan perlu diobati dengan tepat.

Bronkitis kronis, di sisi lain, umumnya merupakan bagian dari sindrom yang disebut chronic obstructive pulmonary disease (COPD). Hal ini ditandai dengan batuk terus-menerus yang menghasilkan dahak dan lendir dan dicatat untuk jangka waktu minimal tiga bulan dalam dua tahun berturut-turut.

 

Gejala Umum Bronkitis

Gejala umum bronkitis adalah sebagai berikut:

  • Sakit tenggorokan, pilek, atau infeksi sinus
  • Sakit di tulang dada
  • Susah bernafas
  • Demam dan menggigil
  • Sakit kepala dan sakit otot
  • Batuk dengan dahak kekuningan atau kehijauan

 

Cara Mengobati Penyakit Bronkitis Dengan Alami

Bronkitis dapat menjangkiti orang dewasa dan anak-anak, namun penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami mudah ditemukan di lingkungan Anda. Pengobatan tradisional ini dilakukan untuk memberikan kelegaan dari batuk yang mengganggu serta mencegah peradangan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk dilakukan di rumah sebagai cara mengobati penyakit bronkitis yang sedang di derita.

 

1. Kunyit

Kunyit terbukti memiliki khasiat antiinflamasi dan bisa digunakan dengan susu hangat untuk memberi kelegaan dari bronkitis.

2. Jahe

Jahe telah terbukti menunjukkan sifat antipiretik dan sangat efektif dalam mengurangi demam dan menggigil yang menyertai bronkitis. Hal ini juga memberikan kelegaan dari sakit tenggorokan karena batuk yang tiada habisnya.

3. Minyak atsiri

Minyak atsiri ini menenangkan saluran udara yang tersumbat dan dapat digunakan secara efektif sebagai uap terhirup.

4. Adas manis

Adas manis atau anis memiliki sifat ekspektoran dan antiseptik, sehingga membantu membersihkan dahak dari paru-paru.

5. Kapulaga

Kapulaga bertindak sebagai dekongestan dan ekspektoran, sambil mengurangi batuk akibat bronkitis.

6. Bawang Putih

Bawang putih telah terbukti bertindak sebagai ekspektoran dan mengurangi peradangan karena adanya kuersetin kimia, yang menghambat enzim lipoksigenase. Enzim ini bertanggung jawab untuk melepaskan zat kimia peradangan dalam tubuh.

7. Cichorium intybus

Akar kering ramuan ini memiliki khasiat ekspektoran yang kuat dan bisa dikonsumsi dengan madu untuk hasil terbaik.

8. Minyak eukaliptus

Minyak eukaliptus atau sering disebut minyak kayu putih ini membantu menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan batuk yang tak henti-hentinya dan mengendur, menurut Pusat Medis Universitas Maryland.

9. Juniper Oil

Juniper berry essential oil berasal dari buah segar atau kering dan dari daun Juniperus osteosperma serta Juniperus scopulorus. Berry Juniper dianggap sebagai pengobatan yang sangat baik untuk pilek, batuk dan endapan dahak. Mereka umumnya digunakan dalam bentuk inhalasi uap.

10. Lada

Konsumsi lada membantu mengencerkan lendir yang terakumulasi selama bronkitis dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

11. Madu

Madu membantu menenangkan sakit tenggorokan dan mengurangi batuk.

12. Thyme

Minyak thyme memiliki khasiat antispasmodik, ekspektoran dan antibakteri, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy, yang semuanya menghilangkan gejala yang berhubungan dengan bronkitis.

13. Daun salam

Daun salam adalah sumber kuersetin kimia yang kaya, yang menghambat peradangan yang terkait dengan bronkitis, menurut buku “Resep Diet untuk Kesehatan”.

 

Nah itulah beberapa cara mengobati penyakit bronkitis yang bisa Anda lakukan dirumah. Apapun solusi yang Anda coba, tergantung pada apa yang paling mudah diakses atau paling nyaman untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*