3 Tips Sederhana Dalam Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh




Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Memenuhi kebutuhan nutrisi didalam tubuh sangat penting bagi Anda yang melek dengan kesehatan dan kebugaran tubuh serta ingin tubuh tetap bugar dan sehat sepanjang hari. Sebelumnya, apakah Anda sering mengalami kesulitan ketika menurunkan berat badan dan juga meningkatkan masa didalam otot tubuh? Jika iya, orang yang kesulitan menurunkan berat badan dan menambah massa otot tersebut disebabkan karena nutrisi didalam tubuh yang kurang memadai jumlahnya. Kekurangan nutrisi bisa saja disebabkan karena beberapa alasan seperti:

  1. Tidak bisa mencukupi kebutuhan kalori didalam tubuh karena alasan tertentu
  2. Makanan dengan kandungan makronutrien yang mereka konsumsi tidak seimbang sama sekali sehingga kebutuhan mineral dan gizi didalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik
  3. Mereka memang mencukupi kebutuhan kalori didalam tubuh namun belum bisa mencukupi kebutuhan mikronutrien

Jadi, karena kekurangan kalori membuat pembangunan massa didalam otot akan menjadi hal yang sangat mustahil untuk dilakukan. Selain itu, jika konsumsi kalori didalam tubuh kurang juga bisa menurunkan sistem metabolisme dalam tubuh dan akhirnya membuat pengurangan lemak dalam tubuh juga sangat sulit ketika dilakukan. Asupan kalori sendiri pada dasarnya mempengaruhi Angka Metabolisme Basal yang gunanya untuk membangun massa otot dengan baik.

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Didalam Tubuh

Selain itu, kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi juga membuat upaya tubuh sehat dan bugar sangat sukar dilakukan. Ini disebabkan karena beberapa jenis nutrisi, salah satunya adalah mikronutrien esensial sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan daya metabolisme didalam tubuh. Karena alasan itulah memenuhi dan menjaga kebutuhan nutrisi didalam tubuh sangat penting untuk dilakukan. Nah, berikut beberapa cara sederhana dalam menjaga kebutuhan nutrisi tubuh yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

 

1. Konsumsi Makanan Utuh

Konsumsi Makanan Utuh

Makanan utuh yang dikenal dengan nama whole food adalah makanan yang tidak diproses atau dioleh ketika akan dikonsumsi. Mengonsumsi jenis makanan utuh merupakan solusi terbaik agar kamu bisa mendapat banyak mikronutrien. Karena tanpa ada proses pengolahan sebelumnya, sudah dipastikan kandungan nutrisi didalam makanan tersebut akan lebih lengkap dan juga selalu terjaga dengan baik. Disarankan membeli bahan dari makanan lokal organik yang masih segar guna menghindari kualitas nutrisi yang menurun.

Selain itu dengan ini juga akan mempertahankan rasa asli yang dimilikinya. Tanpa menghasut, dibandingkan Anda membeli makanan jenis kalengan di supermarket, ada baiknya jika Anda blusukan ke pasar tradisional untuk memilih makanan terbaik yang baik untuk kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Dan yang pasti, Anda juga harus mengonsumsi makanan utuh ini setiap hari secara rutin.

 

2. Buat Tabel Kebutuhan Kalori Anda

Cara terbaik untuk membuat tabel kebutuhan kalori dengan akurat dan terbaik adalah menghitung berapa berat badan dalam satuan pound. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan satu angka nol pada bagian belakang angka tersebut. Dan hasil hitungan itu sendiri adalah angka kisaran kalori yang seharusnya dicukupi guna menjaga metabolisme basal dalam tubuh Anda. Contohnya, Anda mempunyai berat badan 80 kg atau 176 pound. Itu artinya, kamu membutuhkan setidaknya 1760 kalori untuk setiap harinya guna menjaga berat badan.

Apabila Anda adalah orang yang sangat aktif, akti dan tidak aktif melakukan aktifitas harian, maka Anda perlu menambah 1000, 800, 600 kalori setiap hari. Apabila Anda ingin menambah masa otot, maka setidaknya tambahkan kebutuhan 300 hingga 500 kalori. Begitu pula sebaliknya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka kurangi setidaknya 300 hingga 500 kalori. Dan yang penting, lakukan cara ini secara bertahap dan imbangi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

 

3. Menjaga Asupan Makronutrien

Menjaga Asupan Makronutrien

Ada banyak cara agar Anda bisa menjaga dan juga memenuhi kebutuhan makronutrien. Untuk karbohidrat, pastikan mengonsumsi 8 gram karbohidrat untuk setiap kg berat badan. Begitu pula untuk protein yang mengharuskanmu untuk mengonsumsi 2 gram setiap kg berat badan. Selain itu, konsumsi lemak guna menutupi kalori setelah kebutuhan protein dan karbohidrat terpenuhi dengan baik.

 

Itu tadi cara memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh yang bisa diterapkan dikehidupan harian Anda. Selamat mencoba dan semoga tubuh bugar dan sehat seperti yang Anda inginkan bisa didapat dengan mudah. Be Healthy !!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.