Pahami 5 Cara Cepat Membangun Otot dengan Benar dan Menyehatkan




Cara Cepat Membangun Otot

Ada beberapa cara untuk membangun otot, ada yang sangat rumit dan ada yang sederhana. Beberapa metode yang tergolong rumit, biasanya memerlukan grafik dan diagram. Contohnya 3-way split, 1 day on, 2 days off, dan lain-lain. Meskipun demikian, cara terbaik untuk membangun otot tetap saja melibatkan latihan-latihan dasar, olahraga berat, makan makanan sehat dan tidak mengkonsumsi obat-obatan.

Cara Cepat Membangun Otot

1. Lebih Sering Makan

Untuk membangun otot dengan cepat, otot-otot perlu diberi makan secara konstan. Salah satu caranya adalah makan makanan sehat atau camilan kecil setiap tiga jam. 5-6 porsi kecil ini akan menjaga asupan energi pada tubuh Anda. Fokus pada makanan yang kaya protein, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan telur. Selain itu, karbohidrat kompleks seperti kentang, oatmeal, dan beras merah. Serta lemak omega 3 seperti kacang, oily fish, dan alpukat. Laki-laki “rata-rata” yang ingin membangun otot dengan cepat perlu mengkonsumsi lebih dari 3.000 kalori berkualitas baik.

2. Gunakan Latihan Multi-Joint

Latihan menggunakan Multi-Joint, merupakan hal dasar melatih kelompok otot besar, bukan otot individu atau otot yang “terisolasi”. Fokus pada Squats, Chest Press, Deadlifts, Bent Over Rows, Bicep Curls dan latihan rotasional seperti Woodchoppers.

Woodchoppers
Woodchoppers

3. Latihan Angkat Beban dan Low Reps (repetition)

Tubuh Anda dengan cepat beradaptasi dengan beban berapapun yang Anda berikan pada tubuh Anda. Anda dapat melakukan bench press menggunakan beban 145kg selama bertahun-tahun, dan Anda merasa beban 145kg sudah cukup bagi Anda. Tetapi, tubuh Anda akan berhenti merespons dan tumbuh. Meningkatkan beban latihan secara progresif akan memaksa otot Anda bekerja lebih keras setiap kali Anda berlatih. Meningkatkan beban latihan secara progresif adalah cara yang memungkinkan otot tumbuh lebih besar dan lebih kuat. Angkat beban, sambil mempertahankan postur dan teknik yang baik dapat membantu Anda membangun otot.

4. Kurangi Intensitas Olahraga Anda

Olahraga setiap hari tidak membuat otot Anda tumbuh. Tubuh Anda perlu beristirahat dan melakukan pemulihan diri agar dapat tumbuh. Saat Anda berolahraga menggunakan beban, beban tersebut menyebabkan robekan kecil atau “mikro” yang membutuhkan waktu penyembuhan bagi tubuh untuk menyembuhkan robekan tersebut. Proses perbaikan inilah yang sebenarnya membangun otot yang lebih besar dan lebih kuat. Anda memaksa otot-otot Anda, berlatih di luar zona nyaman Anda.

5. Tidur yang Cukup

Tidur memiliki banyak manfaat yang berkaitan dengan pembentukan otot, dalam tidur terdapat proses anabolik untuk memperbaiki dan membangun kembali “robekan mikro” di jaringan dan serat otot. Tidur sebaiknya dilakukan ketika kadar hormon anabolik berada pada titik tertinggi, terutama hormon pertumbuhan yang membantu pertumbuhan otot. Seseorang yang tidur selama 8 jam pada malam hari, dapat memproduksi dan melepaskan hormon anabolik yang lebih banyak daripada seseorang yang tidur selama 5 atau 6 jam.

Kesimpulan dari cara cepat membangun otot adalah makan makanan sehat yang mengandung protein, olahraga berat tetapi tidak terlalu sering, gunakan latihan full body, multi-joint dan pastikan tidur yang cukup. Dengan menerapkan pola hidup seperti ini, otot yang Anda inginkan akan cepat terwujud dan membuat tubuh lebih seimbang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Be Healthy !!

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.