10 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Stress dengan Mudah

Cara Ampuh untuk Menghilangkan Stress

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 2.500 orang dewasa, menunjukan bahwa hampir separuh dari mereka telah mengalami peristiwa stres yang besar pada tahun lalu. Stres tampaknya menjadi bagian yang tak terhindarkan dalam hidup kita. Meskipun kadang-kadang dapat membuat kita benar-benar sehat, terlalu banyak stress dapat memiliki beberapa efek yang sangat merugikan pada kesehatan kita.

Jadi bagaimana Anda bisa terhindar dari efek bahaya stres? Berikut adalah 10 cara yang terbukti dapat membersihkan pikiran Anda dari stres.

 

Cara Ampuh untuk Menghilangkan Stress

 

1. Bicarakan Persoalan yang Membuat Anda Stress

Cara ampuh untuk menghilangkan stress yang pertama adalah komunikasi. Daripada Anda menyimpan sendiri persoalan, sebaiknya bicarakanlah dengan orang terdekat. Menyimpan persoalan dalam diri sendiri justru hanya akan menambah stres. Membicarakan masalah Anda, dapat membantu melepaskan tekanan dalam diri, bahkan mungkin dapat menemukan solusi dari persoalan Anda.

 

2. Kurangi Stress dengan Berolahraga

Berolahraga adalah kegiatan positif dalam kesempatan apapun, tidak hanya ketika Anda sedang stres. Studi menunjukkan bahwa olahraga dapat memiliki efek anti-kecemasan. Aktivitas aerobik dapat menurunkan stres, menstabilkan suasana hati, dan memperbaiki kualitas tidur Anda. Selain itu, berolahraga sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan kognitif karena mengurangi kelelahan dan meningkatkan konsentrasi.

Meditasi

3. Meditasi

Olahraga untuk tubuh Anda sangat penting, begitu juga dengan olahraga untuk pikiran Anda. Meditasi dan yoga adalah solusi untuk masalah yang membuat kita stres. Studi menunjukkan bahwa beberapa terapi kesehatan mental alternatif yang tidak konvensional membantu meningkatkan regulasi emosi, kemampuan belajar, fungsi kognisi, dan ingatan. Studi juga menunjukkan bahwa yoga membatu Anda lebih rileks.

 

4. Lakukan Sesuatu yang Membuat Anda Enjoy

Stres cenderung membuat kita melupakan hal-hal baik yang terjadi dalam hidup. Luangkan waktu untuk melakukan apa yang Anda sukai. Melakukan sesuatu yang Anda sukai akan mengaktifkan pusat kesenangan Anda dan melepaskan endorfin, yang juga dilepaskan selama olahraga.

 

5. Tutup Gadget Anda

kadang-kadang beban hidup terlalu berlebihan sehingga Anda ingin terbebas dari beban itu. Tapi hal itu tidak terbantu oleh teknologi saat ini. Luangkan waktu untuk menyisihkan segala sesuatu dan bersantai tanpa gangguan.

 

6. Jangan Merasa Tertekan untuk Hal-hal yang Tidak Penting

“Jangan khawatirkan hal-hal kecil.” Beberapa hal dalam hidup tidak perlu dipikirkan. Sangat mudah mendapatkan tumpukan stres pada diri Anda karena hal yang sebenarnya tidak perlu. Pastikan Anda melakukan upaya mental untuk menghindari stres yang sebenarnya tidak perlu Anda alami.

 

7. Menulis

Kadang-kadang stres terlalu berlebih, dan Anda mungkin tidak memiliki seseorang untuk diajak bicara. Menuliskan semua masalah Anda juga merupakan solusi yang baik sebagai salah satu cara ampuh untuk menghilangkan stress.

Berpelukan

8. Berpelukan

Melakukan kontak fisik dengan seseorang dapat melepaskan hormon yang disebut oksitosin. Hormon ini meningkatkan ikatan atau relation, baik antara ibu dan anak, maupun antara teman. Oksitosin memiliki kemampuan untuk menurunkan stres Anda, dengan cara menurunkan tekanan darah dan tingkat kecemasan Anda.

 

9. Bernyanyi dan menari

Temukanlah solusi stres, dengan bernyanyi dan menari. Efek menari bisa serupa dengan olahraga karena sama-sama memompa jantung dan melepaskan endorfin. Bernyanyi juga memungkinkan Anda untuk fokus pada sesuatu selain dari persoalan yang membuat Anda stres, sehingga memberi waktu untuk mengistirahatkan mental Anda.

 

10. Tertawalah

Tertawa adalah obat terbaik. Tertawa dapat menstimulasi begitu banyak organ tubuh Anda, dari paru-paru hingga otot-otot Anda. Tertawa juga merangsang otak untuk melepaskan endorfin. Tertawa dapat membantu mengurangi ketegangan, dengan cara membawa aliran darah ke otot dan mengurangi beberapa gejala stres.

Semua cara ampuh untuk menghilangkan stress diatas sangat mudah untuk diterapkan dan berkhasiat untuk menghindari penyakit lainnya. Dengan berpikir positif dan pola hidup sehat adalah kunci terbaik untuk menghindari stres berkepanjangan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Be Healthy !!

 

Bacaan Lainnya :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*