5 Bahaya Tidur Dengan Mengunakan Kipas Angin Bagi Kesehatan




Bahaya Kipas Angin Saat Tidur

Anda tentu saja sudah tidak asing lagi dengan benda elektronik yang satu ini. Benda ini sangat dibutuhkan oleh anda ketika suasana udara dalam kondisi panas dan tidak kondusif. Kipas angin sendiri memang menjadi salah satu solusi selain penggunaan AC yang cocok untuk menetralkan suhu ruangan sehingga tidak terlalu panas.

Nah, penggunaan kipas angin yang paling sering dilakukan adalah ketika dalam keadaan tidur. Namun ternyata dampak bahaya kipas angin saat tidur malam sangatlah beresiko tinggi dan tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan.

Tahukah anda, ternyata penggunaan kipas angin saat tidur malam ini sangat tidak disarankan, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda, dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Tentu saja hal ini sangat mengerikan.

Bahaya yang disebabkan oleh penggunaan kipas angin saat tidur banyak sekali, dan berikut ini kami akan memaparkan beberapa bahaya kipas angin yang digunakan pada saat tidur di malam hari.

Jadi, Apa Saja Bahaya Tidur Dengan Menggunakan Kipas Angin?

1. Bell Palsy

bell palsy

Yang pertama adalah resiko terkena penyakit bell palsy yang merupakan salah satu jenis penyakit dimana bisa menyebabkan kelainan atau kelumpuhan yang bisa terjadi pada bagian wajah.

Anda yang mengidap penyakit ini, akan memiliki wajah yang sulit untuk tersenyum, dan juga terjadi pembengkakan pada daerah wajah tertentu. Bahaya kipas angin ini disebabkan karena syaraf yang menegang, karena terpapar oleh suhu dingin kipas terus menerus.

 

2. Kekurangan Oksigen

Kekurangan Oksigen

Bahaya kipas angin yang satu ini juga tidak kalah berbahayanya, dimana jika kipas angin terus menerus mengahadap ke bagian wajah anda, maka angin yang dihembuskan oleh kipas akan sepenuhnya tercampur dengan karbondioksida.

Hal tersebut akan menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak baik dan lancar, sehingga anda akan mengalami kekurangan oksigen.

 

3. Otot Kaku dan Nyeri

Otot Kaku Dan Nyeri

Selain itu, kaku pada bagian otot ini sendiri pun juga bisa anda rasakan dari hembusan angin di kipas yang terlalu lama.

Suhu yang dingin dari kipas ini akan menurunkan cairan yang berfungsi sebagai lubrikasi, yang mana cairan ini memang berperan untuk menguatkan otot didalam persendian anda.

Maka hal ini yang menyebabkan badan terasa pegal atau nyeri ketika tidur dengan kipas angin yang menyala.

 

4. Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi Saluran Pernafasan

Potensi udara yang mengandung bakteri hingga virus akan bisa anda rasakan dengan penggunaan kipas angin ini.

Maka bahaya kipas angin yang dihadirkan berupa infeksi saluran pernafasan ini, tidak bisa anda hindari. Terlebih jika ruangan yang anda gunakan juga tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan.

 

5. Kematian

Kematian

Resiko yang satu ini tentu saja yang sangat tidak diharapkan oleh siapapun. Resiko kematian dari bahaya kipas anginĀ ini bisa karena udara yang buruk.

Dimana kipas angin yang menyala ini berputar dalam keadaan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang buruk, sehingga oksigen pun akan terbatas.

Tentu saja kemungkinan menghirup karbondioksida yang terlalu lama pun akan bisa anda rasakan dan bisa mengakibatkan kematian.

 

Demikian beberapa ulasan mengenai apa saja bahaya kipas angin pada saat tidur malam yang bisa anda ketahui.

Semoga bermanfaat dan sebaiknya gunakanlah kipas angin dengan mode timer, untuk mengurangi resiko bahaya penggunaan kipas angin pada tubuh anda.

loading...
Silahkan Bagikan:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.