Info Dan Tips Memilih Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dengan Benar

Vitamin untuk daya tahan tubuh

Vitamin untuk daya tahan tubuh memang penting untuk diperhatikan. Pasalnya melihat lingkungan yang penuh dengan polusi ini membuat kita harus lebih banyak memperhatikan kondisi tubuh kita. Tahu kah anda jika vitamin untuk daya tahan tubuh itu merupakan imun atau kekebalan untuk tubuh kita. Vitamin sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Terlebih jika anda merasa sering lemah dan mudah terserang penyakit mulai dari yang ringan hingga berat anda perlu membutuhkan vitamin untuk stamina dan daya tahan tubuh anda.

 

Pentingnya Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Terlebih sekarang ini vitamin untuk daya tahan tubuh penting ditingkatkan melihat pergantian musim yang tak menentu. Tak heran jika gangguan kesehatan seperti flue mudah sekali menyerang tubuh. Mengapa? Karena imun anda menurun. Lalu, apa sih imun itu? Imun adalah sistem perlindungan tubuh dari virus, bakteri, jamur, dan patogen lainnya. Nah, jika sistem imun anda menurun maka anda akan mudah sakit. Cara untuk meningkatan imun dalam tubuh kita adalah dengan banyak berolahraga dan mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh. Lalu, apa saja sih vitamin untuk tubuh agar tetap fit yang perlu kita ketahui?

 

Jenis-Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

1. Vitamin A

Vitamin A dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dalam proses oksidasi dari radikal bebas. Vitamin A sangat dibutuhkan seiring bertambahnya usia nanti. Vitamin A juga bermanfaat untuk melindungi penglihatan dari degenerasi makula. Vitamin A dapat meningkatkan sel darah putih dan juga meningkatkan kekebalan terhadap infeksi dan karsinogen.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin ini diperlukan dalam pertumbuhan dan dapat sebagai vitamin anak penambah nafsu makan. Ada banyak jenis vitamin B sesuai dengan namanya vitamin B kompleks yakni, B6, B9 dan B12. vitamin B6 dapat menurunkan respon sel darah putih dan menyebabkan penyusutan timus, kelenjar yang memproduksinya. Vitamin B12 bermanfaat dalam pembelahan dan perkembangan sel. Sedangkan vitamin B9 atau asam folat penting dalam perkembangan dan perawatan  imun tubuh.

3. Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling banyak dikaitkan dengan sistem imun. Kandungan  antioksidan di dalamnya dapat melindungi tubuh dari zat kimia dan polusi udara yang berbahaya. Jenis ini merupakan salah satu vitamin kekebalan tubuh yang bagus di konsumsi secara rutin tetapi tidak boleh terlalu sering.

4. Vitamin D

Umumnya vitamin D bermanfaat untuk kesehatan tulang. Sebab, belum banyak juga orang yang mengetahui vitamin D juga dapat sebagai imun tubuh. Peningkatkan sistem imun oleh vitamin D juga dapat membantu tubuh melawan sel kanker colorectal.

5. Vitamin E

Vitamin ini cenderung untuk kesehatan kulit. Namun, ia juga memiliki porsi yang sama dengan vitamin A dan C yakni mampu mengikat radikal bebas yang terbentuk dari oksidasi dan menyebabkan kerusakan genetik serta kematian sel.

6. Vitamin K

Vitamin K ini dibutuhkan dalam proses pembekuan darah agar aliran darah dapat berfungsi normal. Terutama jika anda pernah mengalami cidera.

 

Jenis Sayuran Sebagai Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Setelah mengetahui jenis-jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, berikut ini jenis sayuran sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari, antara lain:

1. Jamur

Jamur merupakan jenis sayuran yang baik. Jamur merupakan jenis vegetarian yang dapat mencegah dan melawan penyakit. Mengapa? Karena jamur dapat membantu proses pematangan sel darah putih. Tentunya kandungan vitamin untuk daya tahan tubuh dari jamur cukup banyak.

2. Wortel

Banyak yang mengatakan kandungan vitamin A dalam sayuran wortel. Selain kaya akan vitamin A wortel sendiri juga dapat membantu mencegah gangguan kesehatan seperti flue dan pilek. Wortel juga kaya akan beta-karoten.

3. Bawang putih

Banyak orang yang memanfaatkan bawang putih untuk melawan penyakit. Beberapa penelitian juga sudah membuktikan khassiat dari bawang putih.

4. Bayam

Sayuran yang satu ini sudah cukup populer kaya akan kandungan vitamin E. Selain itu juga bayam kaya akan beta karoten, folat, vitamin A, C dan K, serta mineral seperti tembaga dan zat besi.

 

Jenis Buah-Buahan Sebagai Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Semua jenis buah memang banyak mengandung vitamin. Sama dengan halnya sayuran pun begitu. Namun, di bawah ini ada beberapa vitamin yang penting untuk daya tahan tubuh.

1. Buah berries

Buah berries kaya akan vitamin C dan E. Ada pun kelompok kelas berries seperti raspberry dan blueberry. Yang sangat baik sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh.

2. Buah kiwi

Buah kiwi diperkaya sebagai sumber vitamin E alami. Buah kiwi kaya akan nutrisi untuk kekebalan tubuh. Dan yang perlu anda ketahui bahwa buah kiwi memiliki lebih banyak kandungan vitamin C dari kebanyakan buah jeruk loh.

3. Buah jeruk

Buah yang satu ini memang sudah terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Apalagi dimusim penghujan anda disarankan banyak mengkonsumsi buah jeruk sebagai bentuk daya tahan tubuh. Sebab, buah jeruk bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di musim penghujan.

4. Buah lemon

Sama halnya dengan buah jeruk, buah lemon juga kaya akan vitamin C. Karena rasanya masam buah ini kurang banyak disukai. Kadar vitamin C pada lemon lebih tinggi daripada buah-buah yang lain.

5. Buah apel

Buah apel juga buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Karena kandungannya ini, apel seringkali di olah sebagai minuman kesehatan.

 

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin untuk daya tahan tubuh. Berikut ini juga ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menjaga daya tahan tubuh, antara lain:

1. Berolahraga untuk menjaga berat badan

Perlu diketahui jika berolahraga bukan hanya untuk anda yang ingin diet. Dengan berolahraga ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Salah satunya racun dalam tubuh yang bisa dilepaskan. Merangsang sirkulasi darah, dan juga meningkatkan imunitas.

2. Menjaga kebersihan

Memang kadang diremehkan tapi ini penting untuk kesehatan tubuh anda. Menjaga kebersihan dari hal yang kecil yang ada disekitar anda. Selalu rajin membersihkan tangan dengan sabun anti kuman. Cuci tangan anda dengan air bersih yang mengalir.

3. Tidur dengan cukup

Rata-rata kita membutuhkan tidur lebih kurang tujuh hingga delapan jam setiap malam. Dengan tidur cukup dan berkualitas akan membuat anda tetap sehat.

4. Mengkonsumsi makanan sehat

Selalu membudayakan dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena buah dan sayur paling kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

5. Minum air yang cukup

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air yang cukup. Karena air banyak mengandung manfaat untuk kesehatan.

6. Hindari Stres

Stres juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jadi usahakan diri anda tidak mengalami stres. Anda bisa melakukan relaksasi tubuh Anda. Misalnya dengan terapi spa yang dapat membuat Anda menjadi santai sepenuhnya.

 

Begitulah ulasan lengkap dari Tips Kebugaran mengenai jenis dan manfaat vitamin untuk daya tahan tubuh. Tubuh sangat membutuhkan bantuan dalam menjaga stabilitas dan kinerjanya dengan mengambil manfaat dari segala jenis vitamin. Pilih vitamin yang anda butuhkan agar sesuai dengan yang diinginkan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Be Healthy !!

Baca Juga



3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat - Tips Kebugaran
  2. 8 Manfaat Minum Jeruk Nipis Dicampur Madu Untuk Kesehatan
  3. 10 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Baik Wanita Maupun Pria

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*