Tata Cara Melakukan Teknik Senam Pernapasan yang Benar

Teknik Senam Pernapasan

Teknik Senam Pernapasan – Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan semua orang, karena jika tubuh sehat semua kegiatan yang kita lakukan akan terasa menyenangkan, betul? Namun, kita tidak dapat mengelak ketika sakit menyerang tubuh. Berbagai usaha pun dilakukan agar sakit yang diderita segera menghilang. Bahkan, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan kesembuhan.

Beberapa hal yang menyebabkan munculnya penyakit di dalam tubuh yaitu aliran darah yang kurang lancar dan terhambatnya pasokan oksigen ke dalam tubuh. Penyakit yang sering terasa karena terhambatnya aliran darah dan kurangnya oksigen ke dalam tubuh yaitu pusing, pegal-pegal, mual dan anemia.

Cara terbaik untuk menangani penyakit ini adalah dengan rutin melakukan senam pernapasan. Sedikit penjelasan untuk Anda, senam pernapasan yaitu melakukan gerakan senam dengan mengatur pernapasan. Tujuan dari senam ini untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Berikut ini Tips Kebugaran berikan beberapa teknik senam pernapasan yang bisa Anda lakukan di rumah.

 

Teknik Senam Pernapasan yang Benar

 

1. Posisi tegak

Ambil posisi tegak, buka kedua kaki hingga selebar bahu. Pandangan mata lurus ke depan dan Tarik napas secara perlahan melalui hidung dengan posisi mulut tertutup rapat. Kemudian hembuskan napas melalui mulut Anda secara perlahan seperti menyebutkan huruf “H”. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

 

2. Mulai mengatur napas

Posisi berdiri tegak dan ambil napas secara perlahan lalu luruskan kedua tangan ke depan sambil mengambil posisi jongkok. Setelah itu, hembuskan napas secara perlahan melalui mulut sambil menurunkan kedua tangan dan kembali ke posisi berdiri tegak. Lakukan posisi hembusan napas seperti ini sebanyak 10 kali.

 

3. Melebarkan tangan kesamping

Kedua tangan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan saling berhadapan, kemudian lebarkan secara perlahan sambil mengambil napas. Kemudian luruskan lagi kedua tangan dan hembuskan nanapas as secara perlahan sambil menekuk lutut dengan posisi kuda-kuda. Lakukan gerakan pernapasan ini sebanyak 7 kali.

 

4. Mengayunkan kedua tangan

Ambil posisi berdiri dengan kedua tangan lurus keatas lalu ayunkan kedua tangan ke kanan dengan posisi tangan kiri diatas, tangan kanan lurus ke sebelah kanan dan posisi tubuh condong ke kanan sambil tarik napas. Lalu ayunkan kembali kedua tangan ke sebelah kiri dengan posisi tangan kanan di atas, sedangkan tangan kiri lurus ke samping dan badan condong ke kiri sambil menghembuskan napas.

 

5. Menyilangkan tangan

Ambil posisi kuda-kuda dengan kedua telapak tangan menyilang, lalu berdiri dengan tangan lurus ke atas sambil menarik napas. Kemudian putarkan kedua tangan lalu tekuk lutut pelan-pelan hingga kembali ke posisi jongkok sambil menghembuskan napas secara perlahan. Lakukan gerakan ini secara berulang sebanyak 6 kali.

 

6. Memutar kedua tangan

Angkat kedua tangan ke depan badan kemudian putarkan kedua tangan sampai bawah lalu jongkok dengan posisi paha lurus 90 derajat sambil menarik napas. Kemudian putar lagi kedua tangan hingga kembali ke posisi awal dengan kedua tangan lurus ke depan sambil menghembuskan napas. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali.

Baca Juga : 7 Cara Alami Mengobati Penyakit Maag Dengan Tepat dan Cepat

 

7. Posisi mengangkat bola

Ambil posisi berdiri dengan tangan lurus ke depan dan posisi telapak tangan menghadap ke atas lalu naikan kedua tangan dengan posisi jinjit seperti sedang mengangkat bola sambil mengambil napas. Lalu turunkan pelan-pelan hingga kedua tangan lurus ke depan seperti posisi awal sambil menghembuskan napas.

 

8. Mendorong ke depan

Posisi lainnya, tarik napas dan ambil posisi kedua tangan ditekuk dengan posisi telapak tangan ke depan kemudian dorong kedua tangan ke depan sambil membuang napas. Lakukan gerakan ini secara berulang sebanyak 6 kali. Bayangkan seakan-akan Anda sedang mendorong angin.

Baca Juga : Cara Mengobati Asma Yang Sulit Di Sembuhkan

 

9. Posisi terbang

Lebarkan kedua tangan dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Lalu naikan tubuh sampai jinjit sambil menarik napas, kemudian turunkan pelan-pelan dengan menekuk lutut hingga posisi jongkok sambil menghembuskan napas. Lakukan lagi gerakan ini terus menerus sebanyak 10 kali.

 

10. Posisi rileks

Ambil posisi berdiri dengan lutut ditekuk sedikit, kemudian angkat kedua tangan sambil menghirup napas, lalu turunkan kembali dengan posisi tangan ditekuk seperti menekan sesuatu sambil menghembuskan napas melalui mulut. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali.

 

Begitulah langkah-langkah dalam melakukan teknik senam pernapasan yang dapat membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Selain itu, senam pernapasan ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga tingkat stres dan menstabilkan tekanan darah. Lakukan teknik senam di atas minimal sehari sekali agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*