Tanda-tanda Diabetes Yang Perlu Diwaspadai Ketika Merasakannya

Tanda-Tanda Diabetes

  Diabetes memang menjadi salah satu penyakit yang terjadi karena adanya suatu kelainan pada sistem insulin tubuh. Hal ini ditandai dengan adanya kadar glukosa yang berlebihan dalam darah. Pada umumnya diabetes itu sendiri terdiri dari dua tipe yaitu diabetes tipe  satu dan dua. Untuk mengetahui tubuh kita beresiko terhadap diabetes, sebenarnya ada beberapa tanda-tanda diabetes yang perlu diketahui dari kebiasaan diri sendiri.

Berikut ulasan dari Tips Kebugaran mengenai beberapa tanda-tanda diabetes yang perlu kita ketahui sejak dini. Simak baik-baik.

 

Tanda-Tanda Diabetes

 

1. Sering buang air kecil

Tanda-tanda diabestes yang pertama adalah seringnya buang air kecil. Menurut hasil penelitian telah menyebutkan bahwa para penderita diabetes akan seringkali buang air kecil. Hal ini terjadi ketika siang maupun malam hari, aktivitas  buang air kecil  ini bahkan dapat dilakukan sekitar 2 kali dalam satu jam. Nah kalau kamu merasakan seperti hal tersebut sebaiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

 

2. Beberapa bagian tubuh mengalami mati rasa

Tanda-tanda diabetes selanjutnya adalah mengalami mati rasa pada beberapa bagian tubuh. Beberapa bagian tubuh tersebut diantaranya pada tangan, kaki dan jari-jari. Terjadinya mati rasa atau seperti kesemutan ini sendiri terjadi karena adanya suatu peningkatan gula darah yang seringkali membuat serabut saraf pada beberapa bagian tubuh menjadi rusak.

 

3. Berat badan turun secara drastis

Biasanya orang yang berisiko terkena diabetes akan mengalami suatu penurunan berat badan secara drastis. Menurunnya berat badan secara drastis ini seringkali terjadi karena tubuh tidak mampu lagi untuk menyerap glukosa atau sumber energi dengan baik. Nah, Bila anda mengalami hal tersebut, maka dapat dicurigai sebagai salah satu tanda-tanda diabetes mulai menyerang anda.

 

4. Merasakan haus yang berlebihan

Selain berat badan yang turun drastis, tanda-tanda diabetes juga dapat dilihat dari rasa haus yang berlebihan. Jika anda merasakan haus yang berlebihan pada setiap harinya padahal tidak sedang melakukan suatu pekerjaan berat atau pun tidak sedang berada di tempat yang terpapar sinar matahari,  sebaiknya kamu perlu mewaspadai hal ini.

 

5. Pemulihan luka yang lambat

Tanda-tanda diabetes yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah pemulihan luka yang tidak kunjung sembuh atau lama. Hal ini mengingat sistem kekebalan tubuh yang lemah dan tidak  normal akibat penyakit diabetes itu sendiri. Hal ini juga seringkali memicu terjadinya luka yang ada dalam tubuh yang mana tidak dapat pulih secara cepat.

Baca Juga : 3 Jenis Tanaman Obat Diabetes Yang baik Untuk Dikonsumsi

 

6. Mudah lelah dan emosi

Salah satu gejala yang bisa dengan mudah dirasakan ketika tubuh memiliki risiko diabetes adalah mudah merasakan lelah dan juga mudah emosi. Perasaan seperti ini seringkali terjadi pada saat tidur, orang yang menderita diabetes memang tidak dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak.

 

Nah itulah beberapa tanda-tanda diabetes yang perlu diwaspadai ketika merasakannya. Selain beberapa tanda-tanda yang  sudah disebutkan diatas, tanda lainnya yang juga seringkali terjadi  adalah adanya suatu gangguan kesehatan pada kulit, gusi dan nafsu makan menjadi meningkat serta penglihatan yang mulai kabur. Mulailah untuk lebih memperhatikan kesehatan anda. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

1 Trackback / Pingback

  1. 5 Tips Perawatan Kaki Diabetes Melitus - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*