8 Jenis Makanan yang Menjadi Sumber Magnesium Alami Bagi Tubuh

Sumber Magnesium Alami

Sumber Magnesium Alami – Tubuh sejatinya membutuhkan magnesium layaknya membutuhkan nutrisi dan vitamin lainnya, pasalnya magnesium juga sangat penting untuk menjaga tubuh dari beragam masalah kesehatan. Salah satu cara melengkapi kebutuhan magnesium selain menggunakan suplemen adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya kandungan magnesium di dalamnya.

Makanan yang kaya sumber magnesium alami dapat membantu melengkapi kebutuhan magnesium dalam tubuh setiap hari. Hal itu karena organ dan sel di dalam tubuh sangat membutuhkan magnesium setiap harinya untuk tetap bisa berfungsi secara normal. Selain itu magnesium juga berfungsi membantu tubuh dalam mengatasi masalah penyakit jantung, diabetes, migrain dan juga kejang otot. Magnesium merupakan salah satu elemen penting yang dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Secara umum rata-rata orang membutuhkan magnesium sekitar 0,3 hingga 0,4 gram setiap harinya. Dan untuk melengkapi kebutuhan ini, maka sangat dianjurkan kita untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium di dalamnya.

Perlu Anda diketahui bahwa sejatinya magnesium merupakan salah satu mineral yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh kita, dan kadar terbanyak akan berada di dalam tulang dan gigi, dan magnesium juga sangat diperlukan untuk melakukan beragam fungsi sel dan organ di dalam tubuh seperti salah satunya adalah menjaga tekanan darah agar tetap normal, meningkatkan metabolisme, menjaga denyut jantung, serta membuat tulang menjadi kuat. Selain itu magnesium juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari beragam penyakit. Dan berikut beberapa makanan yang kaya akan kandungan magnesium di dalamnya.

 

Sumber Magnesium Alami Bagi Tubuh

1. Sayur-sayuran

Sayuran yang dipercaya banyak mengandung nutrisi dan vitamin di dalamnya mampu menjaga kesehatan tubuh dan melengkapi kebutuhan asupan tubuh setiap hari, sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, serta selada sangat banyak mengandung magnesium di dalamnya. Jumlah magnesium pada sayuran tersebut sangat tinggi dibanding degan sayuran lainnya. Jadi bagi Anda yang ingin tetap melengkapi kebutuhan magnesium dalam tubuh maka rutin lah mengonsumsi sayuran tersebut setiap harinya.

Selain sayuran, tanaman jenis Kacang-kacangan seperti kenari, kacang mete, almond, kedelai, kacang tanah, serta kacang pinus juga merupakan sumber magnesium alami terbaik yang bisa Anda konsumsi.

2. Ikan

Selain sayuran dan kacang-kacangan, ikan juga memiliki manfaat sebagai sumber magnesium alami bagi tubuh. Ikan menjadi salah satu makanan yang paling cocok untuk menambah magnesium karena juga banyak mengandung vitamin lain di dalamnya seperti protein, omega dan lain sebagainya. Sehingga mengonsumsi ikan tak hanya asupan magnesium saja yang akan terpenuhi melainkan beragam nutrisi lain juga ikut terpenuhi.

3. Buah-buahan

Selanjutnya jenis makanan yang juga kaya magnesium di dalamnya adalah buah-buahan. Sehingga mereka yang rajin mengonsumsi buah-buahan setiap hari, maka kadar dan kebutuhan magnesium dalam tubuh akan terpenuhi. Adapun beberapa buah yang kaya magnesium antara lain seperti buah alpukat, buah pisang, buah aprikot, serta buah kismis dan masih banyak jenis buah lainnya.

4. Makanan pencuci mulut

Memenuhi magnesium tak hanya harus mengonsumsi makanan yang membosankan seperti sayuran dan kacang-kacangan saja, namun makanan pencuci mulut seperti puding, cokelat susu permen juga kaya kandungan magnesium di dalamnya. Jadi sebaiknya jangan anggap remeh makanan pencuci mulut, karena di dalam lezatnya makanan tersebut ternyata bisa juga dijadikan sebagai makanan untuk menambah asupan magnesium harian dalam tubuh kita.

5. Rempah-rempah

Jenis makanan lain yang kaya magnesium adalah rempah-rempah. Dimana setidaknya terdapat magnesium tinggi di dalam rempah seperti kemangi, paprika, peterseli, serai dan rempah lainnya. Sehingga alternatif lain yang bisa Anda konsumsi untuk melengkapi kebutuhan magnesium adalah rempah-rempah, pasalnya di dalam rempah yang biasanya dijadikan sebagai bumbu dan tambahan masakan juga kaya akan magnesium di dalamnya.

6. Susu

Kebanyakan semua produk berbahan susu memiliki kandungan magnesium yang tinggi, sehingga mengonsumsi susu sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin melengkapi kebutuhan magnesium harian dalam tubuh. Salah satu produk susu yang kaya magnesium adalah Yoghurt. Jadi Anda bisa menjadi yoghurt sebagai salah satu makanan untuk melengkapi dan menormalkan kadar magnesium di dalam tubuh Anda.

Baca Juga :

7. Labu

Sumber magnesium alami terakhir yang terdapat dalam makanan adalah labu. Jenis sayuran ini memang sebagai salah satu tanaman yang bisa Anda konsumsi karena kaya magnesium di dalamnya. Kandungan magnesium yang ada di dalamnya dapat melengkapi kebutuhan harian tubuh Anda. Sehingga mengonsumsi labu dengan rutin dapat mencegah masalah dan gangguan penyakit akibat tubuh kekurangan magnesium

 

Nah, bagi Anda yang tidak ingin menderita penyakit yang bisa membuat sel dan organ tubuh menjadi tidak berfungsi normal akibat kekurangan magnesium, maka sebaiknya konsumsi beberapa jenis makanan sumber magnesium alami seperti yang sudah disebutkan diatas. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga akan memberikan efek positif terhadap kesehatan tubuh karena memiliki kandungan yang sangat banyak di dalamnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*