Gerakan Senam Yoga Pemula dan Manfaat Yoga Untuk Kesehatan

Senam Yoga Pemula

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Secara harfiah, Yoga memiliki arti bersatu. Olahraga Yoga secara keseluruhan merupakan suatu cara menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa pada satu sisi sedangkan pada sisi lain berusaha menyatukan diri sebagai hamba dengan Sang Pencipta. Senam yoga pemula bisa anda lakukan sendiri di rumah karena sebenarnya gerakan-gerakan yoga untuk pemula tidaklah sulit untuk di lakukan.

Berikut Tips Kebugaran berikan penjelasan dari manfaat senam yoga dan gerakan dasar senam yoga untuk pemula.

 

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan

Gerakan yoga dasar merupakan sebuah teknik yang menggunakan perpaduan gerakan dan meditasi sebagai media untuk mengenali diri sendiri, menemukan kedamaian, dan pada tahapan tertinggi akan membuat pelaku yoga menjadi lebih dekat dan mengenal Penciptanya.

Senam yoga pemula memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa fungsi yoga dan manfaat yang bisa anda peroleh:

1. Melatih kelenturan tubuh

Senam yoga pemula sangat bermanfaat untuk membuat tubuh anda menjadi lebih lentur. Beberapa gerakan yoga untuk pemula bekerja sangat efektif dalam meregangkan otot dan membuatnya menjadi lebih lentur. Pada saat anda melakukan meditasi tubuh akan melepaskan ketegangan dan lelah yang terdapat dalam tubuh. Proses peregangan ini tidak hanya terjadi pada bagian tubuh yang menjadi pusat gerakan saja namun akan menyebar ke seluruh tubuh seiring dengan semakin baiknya konsentrasi dan fokus anda dalam melakukan yoga.

2. Melatih kekuatan

Senam yoga pemula juga dapat melatih kekuatan tubuh anda. Dengan melakukan beberapa gerakan dasar yogha seperti ashtanga otot-otot pada tubuh anda akan menjadi lebih kuat. Gerakan-gerakan yang terpusat pada latihan pernapasan juga merupakan teknik yoga untuk mengecilkan perut. Oleh karena itu belajar yoga untuk pemula adalah hal yang wajib anda lakukan jika ingin mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari latihan yoga yang akan anda lakukan.

3. Melatih konsentrasi dan kesadaran

Manfaat gerakan dasar yoga yang terakhir adalah untuk melatih konsentrasi dan kesadaran bagi pelakunya. Pada saat melakukan latihan yoga, akan terjadi peningkatan aliran oksigen menuju ke otak. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan ketajaman daya ingat dan kemampuan konsentrasi anda. Orang yang secara rutin melakukan latihan yoga akan memiliki kemampuan konsentrasi dan fokus yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukannya. Oleh karena itu anda perlu memahami cara yoga yang benar untuk bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi anda secara maksimal. Berikut ini beberapa gerakan dasar yoga sebagai panduan bagaimana cara melakukan gerakan yoga sendiri di rumah:

 

Gerakan Senam Yoga Pemula

Sebelum melakukan latihan, anda perlu menyiapkan matras yoga yang berbahan lembut agar anda bisa melakukan latihan dengan nyaman. Berikut ini adalah nama gerakan yoga dan manfaatnya yang perlu anda ketahui:

1. Gerakan Yoga Bhujangasana

Gerakan Bhujangasana - Senam Yoga Pemula
Gerakan Bhujangasana – Senam Yoga Pemula

Gerakan yoga Bhujangasana bermanfaat untuk melenyapkan lemak yang berada pada perut sehingga gerakan dasar yoga yang pertama ini sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

2. Gerakan Yoga Dhanurasana

Gerakan Dhanurasana - Senam Yoga Pemula
Gerakan Dhanurasana – Senam Yoga Pemula

Gerakan yoga Dhanurasana bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Gerakan yoga Dhanurasana ini juga ampuh untuk membakar lemak yang menumpuk pada bagian perut anda. Selain itu gerakan ini juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan dan menguatkan otot punggung sehingga membuat postur tubuh anda menjadi lebih bagus.

3. Gerakan Yoga Tadasana

Gerakan Tadasana - Senam Yoga Pemula
Gerakan Tadasana – Senam Yoga Pemula

Manfaat gerakan ini yaitu untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh dan menguatkan otot pada bagian perut. Gerakan Yoga Tadasana merupakan gerakan senam yoga pemula paling dasar yang mudah untuk dilakukan.

4. Gerakan Yoga Pavanamuktasana

Gerakan Pavanamuktasana - Senam Yoga Pemula
Gerakan Pavanamuktasana – Senam Yoga Pemula

Manfaat Gerakan Pavanamuktasana adalah untuk mengecilkan perut dan menghilangkan gangguan pada sistem pernapasan. Gerakan ini sangat baik di lakukan bagi mereka yang memilik penyakit asma.

 

Begitulah penjelasan singkat tentang manfaat dan gerakan senam yoga pemula yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus dapat membentuk tubuh lebih ideal. Yoga sudah dipraktekkan sejak ribuan tahun lalu, dan telah terbukti membawa manfaat bagi banyak orang. Biasakan latihan senam yoga dengan prasangka baik dan selalu menjadi individu yang lebih baik. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*