6 Macam Senam untuk Melangsingkan Tubuh yang Menyehatkan

Senam Untuk Melangsingkan Tubuh

Senam untuk Melangsingkan Tubuh – Setiap orang khususnya para wanita pasti ingin memiliki tubuh yang langsing ideal. Sayangnya, tidak semua wanita beruntung, banyak dari mereka yang kelebihan berat badan dan memiliki perut yang buncit. Memang benar, apapun kondisi tubuh Anda tetap harus disyukuri, tapi bukan berarti pasrah dengan keadaan selama masih bisa diubah.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tubuh yang langsing itu tergantung dari orang tuanya. Hal tersebut tidaklah benar, kelebihan berat badan umumnya disebabkan pola hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga, sering mengonsumsi makanan cepat saji, dan lainnya. Yups, masalah terbesar kelebihan berat badan justru disebabkan oleh kebiasaan Anda sendiri.

Sekarang ini memang banyak beredar obat-obatan yang diklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, Anda harus berhati-hati karena sekarang ini banyak obat penurun berat badan ilegal yang menggunakan bahan kimia berbahaya. Salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah berat badan adalah dengan senam.

Mau tahu senam seperti apa yang dapat membuat tubuh langsing? Silakan Anda simak informasi mengenai macam-macam senam untuk melangsingkan tubuh berikut ini.

 

Senam untuk Melangsingkan Tubuh

 

1. Senam Aerobik

Banyak wanita yang mengaku telah berhasil menurunkan berat badan dan membuat tubuhnya lebih langsing dengan melakukan senam aerobik. Pada dasarnya senam ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu high impact aerobic, low impact aerobic, discorobic, rockrobic, dan aerobic sport.

Jenis aerobik yang sering dipilih adalah aerobic sport karena menggabungkan gerakan yang keras dan ringan. Aerobic sport juga sudah terbukti menurunkan berat badan dengan cepat. Selain untuk melangsingkan badan, jenis aerobik ini juga bermanfaat untuk melatih kelenturan tubuh.

Baca Juga : Macam-Macam Video Gerakan Senam Aerobik Beserta Manfaatnya

 

2. Senam Trampolin

Senam trampolin merupakan pengembangan dari gerakan senam menggunakan trampolin. Senam ini mulai terkenal sejak diperkenalkan pada Olimpiade Sydney 2000 yang diikuti oleh 32 atlet. Gerakan yang dilakukan pada senam trampolin bermanfaat untuk membakar lemak yang menumpuk dengan cepat.

Pergunakan trampolin yang memiliki daya pantul yang kencang sehingga setiap gerakan senam dapat dilakukan dengan leluasa. Selain itu, perhatikan juga faktor keamanan pada trampolinnya, pastikan tidak ada kerusakan pada kaki-kakinya.

 

3. Senam Artistik

Senam untuk melangsingkan tubuh berikutnya adalah senam artistik. Sesuai dengan namanya, senam ini memiliki seni keindahan tersendiri pada setap gerakannya. Senam ini mengandalkan gerakan yang cepat dan lincah sehingga membutuhkan kelenturan dan keseimbangan yang baik untuk mengontrol tubuh. Senam artistik juga bermanfaat untuk melangsingkan tubuh karena setiap gerakannya dapat membakar kalori dan lemak yang menumpuk di tubuh.

Baca Juga : Gerakan Senam Mengecilkan Perut Ampuh dan Terbukti

 

4. Senam Ritmik

Jika Anda sangat menyukai musik, maka senam ritmik atau senam irama adalah pilihan yang tepat untuk diterapkan. Gerakan senam ritmik mengikuti irama hentakan musik. Selain itu, senam ini menggunakan alat berupa pita untuk menambah unsur keindahan di setiap gerakannya. Dengan seluruh bagian tubuh yang bergerak maka senam ini sangat efektif untuk melangsingkan tubuh Anda dengan cepat.

Senam ritmik juga dijadikan olahraga yang diperlombakan pada ajang olimpiade. Di Indonesia sendiri, senam ritmik juga diperlombakan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

 

5. Senam Zumba

Senam yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Senam zumba berasal dari Colombia, arti dari kata ‘zumba’ itu sendiri adalah bersenang-senang. Senam ini mengikuti irama musik dengan gerakan yang cepat dan menyenangkan. Pada dasarnya, senam zumba merupakan kombinasi antara senam dan tarian yang diiringi musik latin.

Tidak sedikit wanita yang tertarik dengan senam zumba karena sudah terbukti mampu melangsingkan badan. Bahkan, ada juga yang mengaku berat badannya turun dengan cepat setelah rutin melakukan senam zumba.

Baca Juga : Senam Menurunkan Berat Badan Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

 

6. Senam Lantai

Sesuai dengan namanya, senam ini banyak melakukan gerakan yang dilakukan diatas lantai. Senam lantai bertujuan untuk melatih kelenturan tubuh. Selain itu, senam lantai juga bermanfaat untuk membakar lemak sehingga tubuh menjadi langsing. Gerakan pada senam lantai ada yang lembut seperti gerakan yoga, ada juga gerakan yang ekstrim seperti salto dan berguling.

Dalam melakukan senam lantai pastikan dibimbing oleh instruktur yang terlatih, sehingga dapat menghindari resiko terjadinya cidera. Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya lakukan gerakan senam lantai yang ringan terlebih dahulu.

Baca Juga : Macam-Macam Senam Lantai Lengkap Dengan Video Tutorial

 

Nah itulah beberapa jenis senam untuk melangsingkan tubuh yang bisa Anda terapkan dalam keseharian. Lakukan senam ini dengan disiplin diimbangi menjaga asupan makanan ke dalam tubuh, niscaya hasil yang Anda inginkan akan segera tercapai. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Be Healthy !!



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*