Senam Menurunkan Berat Badan Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Senam menurunkan berat badan

Senam adalah salah satu cabang olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Defenisi senam bisa diartikan sebagai olahraga yang mengandalkan performa gerakan dengan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan yang teratur. Senam menurunkan berat badan merupakan salah satu latihan yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Olahraga mengecilkan badan ini terbilang cukup mudah untuk bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Senam menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang sangat populer di lakukan dan dapat memberikan dampak yang cukup besar dalam membakar lemak dan menurunkan bobot tubuh diantaranya sebagai berikut.

 

3 Jenis Senam Menurunkan Berat Badan

 

1. Senam Aerobik

Aerobik - Senam menurunkan berat badan
Aerobik – Senam menurunkan berat badan

 

Seman menurunkan berat badan yang paling populer adalah senam aerobik. Gerakan aerobik yang di lakukan selama 1 jam mampu membakar hingga 680 kalori. Materi senam aerobik juga cukup mudah untuk di praktekkan, yang pada intinya merupakan gerakan tubuh yang dinamis dan menyenangkan. Salah satu contoh gerakan senam aerobik yang dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat yaitu gerakan melompat dan berputar. Tujuan senam aerobik adalah untuk membakar kalori sebanyak-banyaknya lewat gerakan yang terpusat pada kaki, tangan, leher, pinggul dan perut. Senam aerobik menurunkan berat badan juga dapat anda lakuan secara perorangan maupun berkelompok. Anda bisa bergabung ke dalam klub-klub aerobik yang saat ini sudah banyak tersebar di kota-kota besar.

 

2. Senam Pilates

Senam menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah senam pilates. Senam ini merupakan senam pinggul yang berfungsi untuk melatih keseimbangan dan meratakan perut yang buncit. Senam untuk menurunkan berat badan yang satu ini mampu membakar lemak yang menumpuk di bagian perut anda dengan cepat. Senam pilates merupakan senam langsing yang banyak di lakukan oleh para wanita yang ingin melangsingkan perut dengan membakar sebanyak-banyaknya lemak pada perut.

Secara umum gerakan senam pilates terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

  1. Peregangan Kaki

Peregangan kaki merupakan bagian pertama dari rangkaian gerakan senam pilates. Cara melakukan peregangan kaki yaitu dengan memposisikan tubuh berbaring terlentang dengan keuda kaki lurus pada lantai. Selanjutnya letakkan kedua tangan anda pada belakang kepala. Setelah itu angkat kedua kaki anda lurus ke atas secara perlahan di iringi dengan gerakan mengangkat kepala ke arah paha semampunya.  Kembali ke posisi semula secara perlahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali pengulangan

  1. Side Twist

Gerakan side twist di awali dengan posisi berbaring miring. Setelah itu angkat tubuh anda secara perlahan dengan posisi tangan yang menopang pada matras. Posisikan kaki anda lurus sehingga ikut menopang berat tubuh anda. Rentangkan tangan anda yang berada pada bagian atas lurus ke atas. Gerakan ke atas dan kebawah dengan 10 kali pengulangan.

  1. Neck Pull

Gerakan yang terakhir yaitu neck pull. Gerakan ini bisa di lakukan dengan posisi duduk di atas matras dengan posisi kedua kaki di buka lurus selebar pinggul. Letakkan tangan di bagian belakang kepala. Tahan nafas anda kemudian tarik tubuh ke belakang. Ulangi sebanyak 5 kali pengulangan

 

3. Zumba

Zumba - Senam menurunkan berat badan
Zumba – Senam menurunkan berat badan

Senam menurunkan berat badan yang terakhir adalah senam zumba. Senam ini merupakan senam untuk diet yang baru-baru ini menjadi sangat populer dan di gemari oleh para wanita. Senam aerobik zumba juga merupakan senam penurun berat badan yang cukup ampuh. Jika anda melakukan senam ini secara rutin setiap hari selama satu bulan maka badan anda akan mengalami penurunan bobot yang sangat drastis. Hal ini di karenakan gerakan-gerakan zumba yang sangat enerjik dan mampu membakar kalori dalam jumlah besar. Senam zumba biasanya diiringi dengan musik latin yang mengandalkan gerakan-gerakan pada tarian kontemporer. Gerakannya sangat menyenangkan juga mudah diikuti sehingga sangat di gemari oleh kaum hawa.

 

Itulah ulasan dari Tips Kebugaran tentang 3 jenis senam menurunkan berat badan yang bisa anda coba lakukan sehari-hari. Dengan fokus dan disiplin menjalankannya, maka sudah dapat dipastikan porsi ideal tubuh anda akan segera tercapai. Jangan putus asa dan terus mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*