Gerakan Senam Mengecilkan Perut Ampuh Dan Terbukti

Senam mengecilkan perut

Senam mengecilkan perut serta bagian lainnya seperti paha dan lengan merupakan salah satu bentuk latihan fisik yang sering dilakukan oleh orang, khususnya wanita. Mengapa wanita? Beberapa wanita yang sudah memiliki anak akan mengalami perubahan tubuh yang berbeda ketika masih lajang. Maka dari itu wanita perlu melakukan olahraga mengecilkan perut agar dapat mengembalikan bentuk tubuhnya seperti sebelum mengandung.

Selain itu juga ada faktor lain yang dilakukan orang dengan senam mengecilkan perut yakni karena kondisi perut mereka yang buncit. Perut buncit juga dialami oleh pria atau pun wanita. Untuk itu sebelum lebih lanjut membahas tentang cara mengecilkan perut buncit pada wanita secara alami, sebaiknya kita ketahui apa sih penyebab dari perut buncit yang dialami oleh pria dan wanita.

 

Faktor Yang Menyebabkan Perut Menjadi Buncit

Berikut ini faktor penyebab dan harus anda hindari jika anda tidak ingin memiliki perut buncit antara lain:

  1. Mengkonsumsi alkohol

Kita semua mengetahui jika alkohol bukanlah minuman yang menyehatkan. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat merusak kesehatan tubuh. Alkohol sendiri banyak mengandung lemak yang sulit untuk dicerna oleh tubuh dan beresiko akan membuat perut anda menjadi buncit. Seorang pecandu alkohol akan lebih gampang terkena masalah perut buncit dan sangat susah untuk dihilangkan.

  1. Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak

Mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang berlebih akan membuat perut anda membuncit.Dengan begitu senam mengecilkan perut yang Anda terapkan akan menjadi sia-sia dan tak dapat membuahkan hasil yang bagus. Perilaku tidur setelah makan pun akan segera menghampiri Anda dan membuat tubuh menjadi malas untuk bergerak.

  1. Mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebih

Makanan yang mengandung lemak tinggi adalah makanan yang sangat sulit untuk dicerna oleh organ pencernaan tubuh kita. Karena lama dicerna maka menimbun di dalam perut sehingga berakibat perut menjadi tampak buncit. Tips mengecilkan perut buncit yang dapat Anda terapkan untuk menghindari makanan berlemak adalah dengan cara memperbanyak porsi sayuran pada makanan Anda. Hal ini berfunsi sebagai serat yang dibutuhkan tubuh dalam memperlancar proses pencernaan.

  1. Kebiasaan ngemil pada malam hari

Kebiasaan ngemil dimalam hari bukanlah sesuatu yang sehat jika dilakukan secara berlebihan. Aktivitas ini akan membuat perut menjadi cepat buncit. jika memang sudah menjadi kebiasaan cobalah dengan mengganti menu camilan anda dengan buah-buahan sehingga menghindari camilan yang banyak mengandung lemak. Cara mengatasi perut buncit ini sangat baik bila dapat anda terapkan dengan maksimal.

  1. Kurang berolahraga

Olahraga juga menjadi kunci utama dalam kesehatan tubuh. Dengan berolahraga anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Berolahraga yang teratur juga akan membuat lemak pada perut akan mudah terbakar. Nah berikut ini akan kita bahas tentang olahraga untuk mengecilkan perut yang terbukti khasiatnya.

 

Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut

Salah satu gerakan senam mengecilkan perut adalah dengan melakukan yoga. Dengan melakukan gerakan senam yoga untuk mengecilkan perut adalah salah satu latihan sederhana yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil perut yang rata dan kencang. Perlu kita ketahui jika senam yoga untuk mengecilkan perut ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Senam yoga juga berfungsi untuk melatih otot perut sehingga menjadi indah, meningkatkan rasa percaya diri seseorang karena perut sudah terbebas dari gelambir akibat perut buncit. Dengan memiliki perut yag ideal adalah impian pria mau pun wanita. Selain melakukan gerakan-gerakan olahraga mengecilkan perut seperti senam yoga ini. Anda juga perlu mengatur pola makan dan latihan anda secara teratur dan rutin.

Gerakan yoga untuk merampingkan perut buncit

Berikut ini adalah olahraga yoga yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit, antara lain:

  1. Letakkan tangan di belakang kepala lalu kaki di angkat bersama ke atas dengan posisi yang lurus secara pelan-pelan. Kemudian dekakan kepala dengan kedua ujung kaki yang diangkat. Sambil nafas pelan-pelan dan keluarkan sambil turunkan kaki dan kepala anda perlahan. Ulangi dan lakukan 10 kali.
  2. Kemudian yang kedua ambil posisi berdiri kemudian berdirilah dengan satu kaki, satu kaki tekuk ke depan. Kemudian arahkan tangan kebelakang. Lakukan gerakan ini secara perlahan. Tarik tubuh ke atas sampai perut terasa naik seperti ditarik. Lakukan secara berulang selama 1 menit.
  3. Ketiga coba dengan posisi duduk. Caranya luruskan kedua kaki dan usahakan dengan cara mencium lutut. Jika anda merasa tidak bisa, lakukan sebisa yang anda lakukan. Lakukan selama lebih kurang 1 menit. Dan ulangi beberaa kali.

Nah, jika ingin lebih jelas lagi, amda juga bisa melakukan gerakan yang lain sebagai senam mengecilkan perut.

 

Gerakan Dasar Dalam Senam Mengecilkan Perut

Dalam mengecilkan bagian perut, terdapat beberapa gerakan yang paling mudah. Caranya adalah dengan menentukan olahraga yang tepat dan dapat memberikan banyak sekali dampak yang bagus untuk melangsingkan serta mengecilkan perut yang buncit. Ada pun olahraga yang bisa dilakukan adalah:

  1. Gerakan Back Up

Gerakan senam mengecilkan perut dasar yang dapat anda lakukan adalah dengan back up.  Gerakan ini dapat membantu anda dalam mengecilkan perut buncit. Bagaimana cara melakukan gerakannya? Pertama-tama tidurlah secara telungkup lalu gerakan badan anda ke atas dan ke bawah secara berulang. Jika memungkinkan cobalah dengan meminta bantuan teman atau saudara untuk memegangi kaki anda selama melakukan geraka back up.

  1. Gerakan sikap lilin

Gerakan senam mengecilkan perut dasar yang kedua adalah dengan cara sikap lilin. Cara mengecilkan perut ini sangat mudah, berbaringlah dilantai lalu angkat kedua kaki ke atas sampat perut terangkat. Tahan kepala anda dengan kedua tangan beberapa detik. Lakukan secara berulang. Gerakan dasar ini sangat bermanfaat dalam menghilangkan lemak perut yang membandel.

  1. Ball crunch fitnes

Cara membakar lemak di perut selanjutnya adalah dengan ball crunch fitnes. Gerakan ball crunch fitnes ini dibantu dengan gerakan bola besar. Gerakan senam olahraga ini dapat membantu anda dalam mengecilkan perut. Caranya lakukan gerakan shit up di atas bola besar tersebut seccara berulang.

  1. Latihan vertical dengan gerakan leg crunch fitness

Di dalam melakukan gerakan latihan olahraga ini, caranya hampir sama dengan ball crunch juga shit up. Namun, dalam gerakan ini anda melakukan latihan yang lebih komplek lagi, yakni saat anda menarik tubuh ke depan maka kaki harus diangkat dengan posisi tinggi. Jadi anda bisa berbaring dengan tangan posisi di belakang kepala mirip saat ingin shit up. Kemudian, angkat kedua kaki dan disilangkan. Nah, selama kaki anda masih di atas, tarik tubuh ke atas. Lakukan berulang kali.

  1. Sit up

Gerakan sit up ini menjadi salah satu olahraga yang populer dalam membantu mengecilkan perut buncit dengan benar. Dengan melakukan gerakan latihan gerakan shit up ini dapat membantu membakar lemak dan juga mengecilkan perut yang buncit. Ada pun gerakan sit up yang baik adalah dengan tiduran dan tangan berada di belakang kepala, selanjutnya angkat badan ke depan. Jika anda merasa kesulitan coba cari pertolongan orang lain untuk memegang kaki anda.

  1. Elliptical Trainner

Olahraga yang satu ini adalah jenis olahraga yang disediakan oleh layanan fitnes. Gerakan olahraga yang satu ini bisa  anda lakukan dengan dua tahap yakni berjalan sambil menaiki tangga. Pada umumnya olahraga ini bermanfaat dalam mengencangkan perut, merampingkan paha, mengecilkan paha dan masih banyak lagi manfaatnya.

  1. Gerakan senam aerobik

Cara memperkecil perut selanjutnya adalah dengan melakukan senam dengan rutin. Ada banyak tempat senam yang dapat membantu anda mengecilkan perut. Atau anda juga bisa memanfaatkan video tutorial senam untuk membantu mengecilkan perut.

 

Senam Khusus Untuk Mengecilkan Perut

Berikut ini adalah gerakan senam mengecilkan perut khusus yang mudah untuk di terapkan, antara lain;

  1. Senam plank

Cara untuk melakukan senam plank ini adalah dengan meletakkan bagian depan lengan anda secara rata dengan siku sebagai penyangga tubuh. Kemudian rentangkan kaki dengan bertumpuh di atas jari-jari kaki anda. Buat tubuh anda serata mungkin sehingga punggung anda lurus. Lebih efektif lagi jangan sampai bagian pinggul anda lebih tinggi. Tahan posisi selama 20-60 detik.

  1. Mengangkat kaki

Gerakan ini memiliki manfaat untuk otot perut bagian bawah. Caranya angkat perlahan kedua kaki sampai membentuk susut 90 derajat. Tahan lama selama 1 detik dan turunkan sampai kaki hampir menyentuh lantai. Lakukan 12 kali.

  1. Gerakan bicycle

Gerakan ini dilakukan dengan cara mengangkat kedua kaki membentuk sudut 45 derajat dan gerakan lutut mengarah ke dada. Sambil memiringkan tubuh. Gerakan ini juga bemanfaat sebagai salah satu cara mengecilkan pinggul dan sebagai cara mengecilkan perut bawah Anda.

Ketiga gerakan ini sederhana namun dapat membuat perut anda yang buncit menjadi rata.

 

Demikianlah pembahasan dari Tips Kebugaran mengenai senam mengecilkan perut yang sudah terbukti keampuhannya. Disiplin dan fokus pada program yang akan Anda lakukan adalah kunci sukses dalam mendapatkan hasil yang diinginkan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dalam menerapkan program pengecilan perut yang ingin atau sedang Anda jalankan. Selamat Mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

1 Trackback / Pingback

  1. Senam Menurunkan Berat Badan Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*