6 Macam Senam Ibu Hamil untuk Kesehatan Ibu dan Janin

Macam Macam Senam Ibu Hamil

Senam Ibu Hamil – Kehamilan merupakan anugerah terindah untuk semua pasangan, apalagi bagi pengantin baru. Hadirnya sang buah hati memberikan kebahagiaan di tengah keluarga kecil mereka. Bahkan saking senangnya, banyak suami yang rela memenuhi semua keinginan istrinya yang sedang hamil, sampai mereka rela mencari makanan yang diidamkan oleh istrinya walaupun sudah larut malam. Semua suami pasti pernah mengalami hal ini ketika istri lagi mengidam.

Banyak momen yang menyenangkan ketika sedang hamil. Selain itu, kesehatan selama masa kehamilan harus diperhatikan dengan baik, mulai dari makanan yang dikonsumsi, minuman yang diminum setiap hari hingga kegiatan yang beresiko terhadap kesehatan ibu dan bayinya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh ketika hamil adalah dengan melakukan senam. Berikut ini Tips Kebugaran berikan beberapa jenis senam ibu hamil yang baik dilakukan demi kesehatan ibu dan janin di dalam perut.

 

Macam-Macam Senam Ibu Hamil

 

1. Gerakan Senam Merangkak

Senam dengan posisi merangkak sangat bermanfaat untuk melatih otot perut ibu hamil. Selain itu, posisi senam seperti ini juga dapat meredakan rasa nyeri akibat tekanan dari jabang bayi di dalam perut ibu. Caranya tidak terlalu sulit, posisikan tubuh Anda seperti orang merangkak dengan bagian punggung datar. Arahkan pandangan lurus ke depan dan atur nafas Anda.

Selanjutnya, Tarik nafas secara perlahan sambil mengangkat punggung secara perlahan, lalu hembuskan nafas secara perlahan sambil menurunkan punggung sampai posisi punggung kembali datar. Lakukan senam ini secara bertahap dan rutin, jika punggung terasa mulai pegal sebaiknya segera istirahat.

 

2. Senam Lutut

Senam lain yang juga bisa dilakukan oleh ibu hamil yaitu senam lutut karena gerakannya sangat mudah dan tidak terlalu berat. Cara melakukannya, duduk diatas kursi dengan posisi paha lurus dan tubuh tegak dengan pandangan lurus ke depan. Setelah itu, angkat kaki Anda hingga lurus ke depan lalu turunkan lagi secara perlahan. Lakukan senam ini kurang lebih 15 menit setiap hari, atau bisa juga dilakukan ketika ada waktu luang.

Senam lutut bermanfaat untuk mengurangi rasa pegal pada bagian perut bawah untuk ibu yang sudah hamil besar. Selain itu, senam ini juga dapat mengatasi keram perut dan mengurangi mual. Pastikan kondisi Anda dalam keadaan rileks ketika melakukan senam lutut.

 

3. Senam Jongkok

Untuk senam ibu hamil yang satu ini sebaiknya dilakukan untuk ibu yang masa kehamilannya sudah masuk trimester ketiga atau yang sudah mendekati bulan kelahirannya. Fungsi dari senam jongkok yaitu untuk menguatkan otot paha dan pinggul sehingga proses persalinan menjadi lebih lancar.

Cara melakukannya, ambil posisi berdiri dengan lutut ditekuk sedikit dan posisi tubuh bagian atas dalam keadaan tegak. Kemudian turunkan badan secara perlahan sampai jongkok, tahan sebentar kurang lebih 10-15 detik kemudian naikkan kembali badan Anda dan kembali ke posisi berdiri.

 

4. Senam Duduk

Senam ini menjadi senam favorit bagi para ibu hamil, karena mudah untuk dilakukan bahkan dalam keadaan santai. Senam duduk bermanfaat untuk memberikan ketenangan atau rileksasi pada ibu hamil. Cara melakukannya tidaklah sulit, ambil posisi duduk sila dengan kedua tangan lurus ke bawah dan posisi telapak tangan menempel ke lantai. Angkat kedua tangan ke atas kepala secara perlahan sambil tarik nafas, kemudian turunkan tangan dengan gerakan memutar sambil menghembuskan nafas dan kembali lagi ke posisi awal. Anda bisa melakukkan gerakan ini sambil menonton tv dan mendengarkan musik.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

 

5. Senam Dinding

Gerakan senam ini menggunakan dinding sebagai media alasnya. Cara melakukannya, ambil posisi berdiri tegak dan lebarkan kaki. Kemudian, turunkan badan secara perlahan sampai posisi paha lurus 90 derajat kemudian angkat lagi badan Anda kembali ke posisi semula.

Senam dinding bermanfaat untuk menghilangkan rasa pegal di pinggang khususnya bagi ibu yang sudah hamil besar. Selain itu, juga dapat menguatkan otot paha, pinggul dan kaki. Lakukan gerakan ini kurang lebih sebanyak 10 kali.

 

6. Gerakan Senam Berbaring

Cara melakukan gerakan senam ini sangat mudah, ambil posisi berbaring dengan pandangan lurus ke atas. Setelah itu, angkat lutut kiri secara perlahan sampai setinggi perut kemudian turunkan secara perlahan, lakukan secara bergantian dengan lutut kanan Anda. Gerakan senam ini sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa pegal pada bagian lutut, selangkangan dan paha. Selain itu, senam ini juga dapat menggunakan otot panggul Anda.

Baca Juga : 5 Cara Menghindari Gestational Diabetes Pada Ibu Hamil

 

Manfaat dari semua senam ibu hamil di atas adalah untuk melatih otot perut dan mengurangi sakit di pinggang. Dengan rajin bergerak dan tidak kekurangan cairan, dapat membuat Anda dan janin di dalam perut tetap sehat dan bugar hingga masa persalinan tiba. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memberikan solusi yang Anda cari. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*