Penjelasan Singkat Proses Terjadinya Pilek Hingga Cara Mengatasinya

Proses Terjadinya Pilek

Proses terjadinya pilek biasanya berasal dari adanya infeksi ringan pada hidung atau pada saluran sinus, tenggorokan serta saluran pernapasan. Biasanya penyebab pilek diakibatkan serangan virus  yang bisa saja ditularkan oleh orang disekitar Anda. Pilek atau flu bisa menyerang siapa saja, anak-anak sampai orang dewasa. Orang yang menderita pilek biasanya mendapatkan gejala influenza seperti hidung yang terus mengeluarkan ingus, sering bersin, atau bisa disertai batuk, hidung tersumbat, tidak enak badan bahkan suara menjadi serak. Masa inkubasi virus didalam tubuh biasanya terjadi selama 2 sampai 3 hari.

Masa inkubasi merupakan waktu bagi virus untuk menimbulkan gejala-gejala seperti diatas. Sayangnya balita cenderung mengalami gejalanya lebih lama daripada anak-anak serta orang dewasa. Proses terjadinya pilek hingga sembuh pada balita berlangsung kurang lebih sepuluh hari sedangkan pada anak-anak lima tahun keatas dan orang dewasa berlangsung kurang lebih seminggu Selain gejala-gejala utama pilek yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, mata berair dan masih banyak lainnya. Berikut penjelasan lengkap dari Tips Kebugaran tentang penyebab pilek dan cara mengatasinya.

 

Penyebab Terjadinya Pilek

Human rhinovirus (HRV) merupakan virus yang paling sering menjadi penyebab seseorang pilek. Selain itu, pilek bisa disebabkan coronavirus, human parainfluenza viruses (HPIV), adenovirus, serta respiratory syncytial virus (RSV). Mekanisme terjadinya flu bisa dimulai dari virus yang masuk melalui mulut, hidung, bahkan mata yang biasanya berinkubasi sebelum timbulnya gejala. Virus bisa saja masuk ketika Anda tidak sengaja menghirup percikan liur yang mengandung virus. Selain itu proses terjadinya pilek bisa juga disebabkan saat Anda tidak sengaja memegang badan orang yang menderita pilek. Pilek paling mudah menyerang anak-anak, orang dengan sistem kekebalan yang rendah . Atau yang mempunyai riwayat penyakit kronis. Bahkan bagi Anda para pecandu rokok akan sangat mudah terkena flu atau pilek.

 

Cara Mengobati Pilek

Saat seseorang terkena pilek mereka biasanya langsung membeli obat pilek di apotik. Walaupun proses terjadinya pilek merupakan infeksi virus yang termasuk ringan tapi ini tetap saja mengganggu aktivitas kalian. Karena itu ketika pilek, seseorang atau anak-anak biasanya disarankan untuk beristirahat yang cukup. Lalu  mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang banyak sebagai pengganti cairan yang hilang akibat ingus yang sering mengalir keluar dari hidung. Atau bisa disebabkan juga karena badan yang mudah berkeringat. Salah satu cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat adalah dengan mengoleskan balsem. Anda bisa mengusapkan balsem di punggung serta dada, namun jangan pernah mengoleskannya pada lubang hidung karena akan terasa pedih, tapi Anda bisa menghirup aroma balsam untuk melegakan pernapasan. Pengobatan influenza bisa dilakukan dengan mengonsumsi permen dengan kandungan menthol atau menggunakan obat hirup inhaler.

Anda juga bisa mencoba menaruh tetesan larutan air garam ke dalam hidung. Ini juga bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat. Obat pilek tradisional ini disarankan untuk bayi serta anak-anak. Anda juga perlu mengonsumsi suplemen zinc serta vitamin C. Dengan mengonsumsi ini dipercaya bisa menurunkan keparahan gejala yang muncul. Serta mempercepat proses penyembuhan pilek jika Anda lakukan saat gejala pilek baru saja muncul. Salah satu pengobatan influenza adalah mengonsumsi obat dekongestan buat mengatasi gejala hidung tersumbat. Untuk mengatasi demam serta nyeri, Anda bisa memakai obat pereda nyeri ibuprofen dan paracetamol. Jangan lupa buat mematuhi aturan pemakaiannya. Jadi sangat penting untuk membaca petunjuk terlebih dahulu yang biasanya tertera di kemasan. Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada apoteker atau dokter saat membelinya. Mengingat karena sebagian produk tidak bisa diberikan pada bayi, anak-anak, pada orang yang mempunyai kondisi tertentu atau pada wanita hamil serta menyusui.

 

Cara Meredakan Gejala Pilek pada Anak-anak

Mengingat anak-anak yang mengalami pilek seringkali mejadi rewel sangat penting buat menjaga suhu kamar yang nyaman untuk anak-anak. Karena suhu kamar yang hangat serta lembap bisa membantu membuat pernapasan menjadi lega. Anda juga bisa membawa anak ke kamar mandi serta menghidupkan pancuran air panas yang membuatnya dipenuhi uap panas. Uap panas ini bisa kalian manfaatkan untuk melegakan pernapasan yang tersumbat. Saat anak mengalami hidung tersumbat, kalian bisa mengganjal kepalanya dengan bantal atau apa pun yang nyaman untuk membuat posisi kepalanya menjadi sedikit lebih tinggi dari badan. Tapi jangan Anda coba pada anak yang berusia di bawah satu tahun.

 

Keadaan yang Disarankan Untuk Menemui Dokter

Disarankan Untuk Menemui Dokter

Seperti yang Anda ketahui bahwa sebagian besar gejala pilek bisa sembuh dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Tapi akan dianjurkan untuk menemui dokter jika gejala pilek masih tetap tidak sembuh setelah lebih dari tiga minggu. Serta kesulitan bernapas, atau saat gejala yang tiba-tiba memburuk. Sangat disarankan juga untuk berkonsultasi dengan dokter jika pilek disertai nyeri dada bahkan saat batuk Anda mengandung darah.

Berbeda lagi buat pilek yang menyerang anak-anak, sangat dianjurkan untuk menemui dokter jika mengalami pilek yang berlangsung lebih dari tiga minggu, gejala yang semakin parah, saat anak Anda merasakan nyeri parah di tenggorokan karena bisa saja ini gejala tonsillitis. Atau saat merasakan nyeri parah di telinga, saat kesulitan bernapas, saat merasakan nyeri pada dada. Timbulnya darah pada lendir saat mereka  mengeluarkan ingus atau saat batuk karena ini bisa menjadi gejala infeksi bakteri berat. Selain itu sangat disarankan pergi ke dokter jika anak Anda masih berusia di bawah enam bulan serta mengalami demam tinggi.

 

Komplikasi Pada Pilek

Walaupun jarang terjadi, beberapa komplikasi bisa saja timbul saat Anda mengalami pilek, seperti Infeksi dada, dengan gejala utama seperti sesak napas serta batuk-batuk dengan dahak yang kental. Infeksi dada bisa saja terjadi saat seseorang menderita pilek karena sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat pilek. Sehingga sangat disarankan untuk menemui dokter saat Anda merasakan gejala pilek lebih dari tiga minggu. Diserta batuk yang parah, rasa nyeri pada dada, demam tinggi, bahkan kebingungan,

Apalagi jika dahak sudah bercampur dengan darah ketika batuk ini bisa termasuk gejala pneumonia atau bronkitis. Selanjutnya adalah infeksi telinga dibagian tengah, kebanyakan anak-anak yang menderita kondisi seperti ini. Bahkan dikatakan sebanyak 20 persen balita menderita pilek yang berubah menjadi infeksi telinga tengah. Pada umumnya ini akan pulih sendirinya bahkan tanpa adanya pengobatan dalam kurun  waktu beberapa hari. Gejala infeksi ini biasanya meliputi demam, lesu, muntah, nyeri pada telinga bahkan daya pendengaran yang tiba-tiba menurun.

Baca Juga :

 

Cara Mencegah Proses Terjadinya Pilek

Cara pencegahan influenza mempunyai beberapa langkah yang bisa Anda coba dirumah. Pencegahan ini bermaksud untuk menghindari terkena pilek, salah satu pencegahanya adalah dengan menjaga jarak. Anda perlu menjaga jarak dengan penderita sampai dia sembuh. Anda juga disarankan untuk rutin mencuci tangan hingga bersih sebelum makan. Pakailah sabun yang mengandung antiseptic yang bisa mengurangi jumlah bakteri di tangan. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan benda yang Anda anggap mengandung virus. Usahakan agar tidak berbagi peralatan makan atau barang pribadi dengan orang lain. Jika Anda sebagai penderita pilek, Anda harus berhati-hati agar orang lain tidak terserang pilek yang dapat menular melalui udara. Saat bersin jangan lupa metutupinya dengan tisu agar virus tidak menyebar. Setelah itu jangan lupa untuk membersihkan tangan Anda dengan air serta sabun dan mengeringkannya dengan tisu.

 

Nah sampai disini penjelasan kita tentang proses terjadinya pilek hingga cara mencegahnya. Semoga beberapa uraian diatas dapat Anda pahami dan selalu menerapkannya agar terhindar dari masalah pilek dan flu yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*