2 Langkah Perawatan Perut Setelah Melahirkan

Perawatan Perut Setelah Melahirkan

  Hamil kemudian lahiran merupakan pengalaman terindah serta berkesan bagi sebagian wanita, apalagi hal ini adalah kali pertama dalam hidup si wanita. Rasa sakit selama mengandung sekejap melebur menjadi tangis bahagia ketika terdengar suara bayi yang telah dinantikan selama sembilan bulan lamanya. Melewati proses kehamilan hingga melahirkan membuat wanita merasa telah sempurna sebagai seorang manusia. Namun dibalik itu semua, perawatan perut setelah melahirkan dapat dijadikan tantangan berikutnya.

Melewati momen momen indah tersebut, seringkali membuat wanita tidak lagi memperhatikan perawatan dan penampilan tubuhnya. Padahal beberapa masalah kulit seperti strecth mark yang disebabkan oleh pembesaran rahim, selulit akibat kenaikan berat badan, hingga bekas luka operasi cesar , tentu tidak boleh diabaikan begitu saja.

Lantas, Bagaimana cara memulihkan tubuh wanita yang telah melahirkan agar dapat kembali seperti semula? Beberapa informasi telah kami rangkum tentang 2 Langkah Perawatan Perut Setelah Melahirkan, simak lebih detailnya dibawah ini.

 

1. Memudarkan Stretch Mark Secara Alami

Menghilangkan stretch mark

  Perawatan perut setelah melahirkan yang pertama adalah menghilangkan Stretch Mark. Memudarkan stretch mark setelah melahirkan dapat dilakukan dengan berbagai macam metode dan cara. Namun untuk menghindari berbagai resiko, tentu cara alami adalah cara yang sangat aman untuk diterapkan, mengingat kondisi pasca melahirkan merupakan waktu untuk pemulihan.

Bahan Alami Yang Dapat Berfungsi Untuk Memudarkan Stretch Mark, Antara Lain :

  • Gula, Air Jeruk dan Minyak Almond.

Cara mengolah ketiga bahan diatas yakni dengan cara mencampurnya secara merata. Khasiat dari campuran antara gula, air jeruk, serta minyak almond dapat membantu mengeluarkan sel kulit mati bahkan tanpa memberi efek samping.

  • Menggunakan Kentang.

Caranya, kentang yang telah dibersihkan kemudian dihaluskan sampai berbentuk jus. Selanjutnya hanya perlu menerapkanya pada kulit sampai mengering baru kemudian dibilas dengan menggunakan air.

  • Lidah Buaya.

Untuk pengaplikasian lidah buaya pada bekas luka strect mark sangat sederhana, yakni hanya perlu mengoleskanya pada kulit, biarkan sampai mengering lalu bilas dengan air bersih.

  • Lemon.

Lemon juga dapat difungsikan untuk memudarkan bekas strecth mark. Cukup Oleskan dengan gerakan melingkar atau memutar. Lalu diamkan sekitar 10 menit, baru kemudian dapat dibilas dengan air hangat.

  • Minyak Zaitun.

Penggunaanya perlu dihangatkan terlebih dahulu. Kemudian terapkan pada area kulit bekas luka strecth mark sambil melakukan pijatan. Biarkan sekitar setengah jam.

  • Cocoa Butter.

Untuk pemakaian cocoa butter hanya perlu melakukan pengolesan terhadap bekas luka sebanyak dua kali dalam satu hari, dan dilakuakan sekitar satu sampai dua bulan lamanya.

  • Minyak Jarak (Castrol Oil).

Minyak jarak merupakan hasil dari ekstrak buah jarak yang dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit diantaranya keriput, bintik hitam, tahi lalat, hingga garis-garis halus.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan dengan bahan alami akan lebih maksimal apabila didukung oleh asupan nutrisi yang baik serta memadai. Nutrisi yang dibutuhkan diantaranya terdapat pada vitamin A, C serta E yang lebih mudah diperoleh dari buah buahan seperti jeruk, tomat, stroberi, dan yang paling penting senantiasa menjaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan meminum 10 gelas air dalam sehari. Cara ini juga sangat baik dalam menjaga kekenyalan, kelembapan serta elastisitas kulit secara alami.

 

2. Melakukan Perawatan Bekas Luka

Melakukan Perawatan Bekas Luka

  Langkah kedua dalam perawatan perut setelah melahirkan adalah penyembuhan bekas luka. Ketika Wanita melahirkan secara normal, tidak jarang terjadi luka sobekan pada vagina, yang ditangani dengan penanganan episiotomi. Tindakan yang dilakukan adalah menggunting antara vagina dan dubur dengan fungsi memperlancar proses keluarnya sang bayi. Sementara pada proses melahirkan dengan cara cesar, maka perlu dibuat sayatan di perut wanita untuk mengeluarkan si bayi.

Kedua cara persalinan diatas memang berbeda tapi keduanya sama-sama membutuhkan jahitan setelahnya, serta meninggalkan pula bekas jahitan yang cukup sulit dalam proses penyembuhanya. Oleh karenanya Perawatan bekas luka yang baik dan benar akan sangat membantu dalam mempercepat kesembuhan.

Penanganan Perawatan Bekas Luka Yang Benar, Seperti :

  • Mengompres Luka Jahitan.

Dapat menggunakan es yang telah dibungkus oleh kain bersih kemudian menempelkanya pada bekas jahitan.

  • Pastikan dan Perhatikan Kebersihan Luka Bekas Jahitan.

Dapat dilakukan dengan cara menyemprot menggunakan botol semprot yang diisi air, atau bisa juga dengan menggunakan waslao yang telah dibasahi serta dapat menggunakan sabun.

  • Rileks dan Tenang Ketika Proses Pemulihan Dilakukan.

Sangat perlu untuk menghindari aktivitas berlebih ketika masih dalam minggu-minggu awal pasca persalinan. Untuk menghindari tekanan yang berlebih pada bekas luka lahiran, maka disarankan untuk menggunakan bantalan duduk yang nyaman, bantal berbentuk donat biasanya cukup nyaman untuk digunakan.

  • Olahraga Ringan.

Hanya lakukan olahraga yang ringan saja, seperti senam kergel. Fungsi olahraga dalam hal ini dapat mencegah konstipasi maupun penggumpalan darah. Selain itu dengan olahraga rutin walaupun ringan akan membantu dalam mengingkatkan sirkulasi darah pada tubuh.

  • Penggunaan Pakaian Yang Longgar Agar Lebih Nyaman.

Penggunaan Pakaian yang longgar serta nyaman. Disamping itu juga disarankan agar selalu mengganti pakaian dalam lebih sering. Hal ini bertujuan untuk menghindari kelembapan yang dapat menyebabkan iritasi terhadap luka.

  • Menerapkan Salep Antibiotik Sesuai Anjuran Dari Dokter Serta Perhatikan Asupan Nutrisi Dari Makanan

Disarankan agar mengkonsumsi lebih banyak makanan dengan kandungan serat yang tinggi, vit. A & C, mineral, zinc, protein, gandum utuh yang biasa terdapat pada sereal, sayuran maupun buah-buahan segar.

Baca Juga : Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

 

Menjaga agar penampilan tetap sama ketika sebelum hamil dan setelah melahirkan memang tidak mudah untuk sebagian besar wanita. Penampilan yang tetap cantik walaupun telah memiliki anak sangat penting untuk senantiasa dijaga, agar rasa percaya diri tetap ada serta keharmonisan rumah tangga tetap terjaga. Semoga dengan artikel dari Tips Kebugaran yang membahas 2 Langkah Perawatan Perut Setelah Melahirkan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih dan Selamat mencoba !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*