5 Tips Perawatan Kaki Diabetes Melitus

Perawatan Kaki Diabetes

Perawatan kaki diabetes – Para penderita diabetes memang rentan akan terkena luka pada tubuhnya. Kaki merupakan salah satu bagian tubuh para penderita diabates yang harus dan wajib untuk dijaga dan diperhatikan akan luka sekecil apapun. Jadi perawatan kaki untuk para penderita diabetes perlu dilakukan. Apabila perawatan terhadap kaki tersebut tidak detail, maka luka sekecil apapun akan dengan mudah memborok yang mana hal ini dapat mengakibatkan terjadinnya infeksi yang berbahaya yang mana dapat berujung tindakan amputasi.

Sebenarnya ada beberapa perawatan kaki diabetes yang bisa dicoba untuk merawat kaki jika kamu atau pun ada saudara yang menderita penyakit diabetes. Berikut informasi yang bisa Tips Kebugaran berikan.

 

Perawatan Kaki Diabetes Melitus

 

1. Menjaga kaki tetap kering dan bersih

Sebaiknya secara teratur kamu bisa mencuci kaki dengan menggunakan sabun yang lembut dan juga menggunakan air hangat. Kemudian keringkan kaki terutama pada bagian sela-sela jari kaki kamu. Hal ini berguna bagi kesehatan kulit kaki agar selalu terhindar dari kotoran dan kuman yang dapat berakibat gatal dan alergi. Gatal dan alergi dapat menimbulkan keinginan untuk menggaruk, yang tanpa disadari dapat menyebabkan kulit tergores. Bila hal ini terjadi, sangat fatal akibatnya bagi penderita penyakit diabetes melitus.

 

2. Menggunakan lotion secara teratur

Perawatan kaki diabetes berikutnya adalah rutin menggunakan body lotion. Penggunaan lotion memang akan dapat menghindarikan kaki dari berbagai macam masalah kulit seperti halnya masalah kulit pecah-pecah dan kering. Kamu bisa mengoleskan lotion pada kulit kaki dengan tipis dan kemudian meratakannya. Lakukan hal tersebut rutin setiap hari agar menghindari masalah kulit diatas.

 

3. Merapikan kuku kaki

Dengan menggunting kuku atau pun merapikan kuku kaki sekitar satu kali dalam seminggu atau sesuai dengan kebutuhan kamu serta jangan lupa untuk dapat menghaluskan ujung-ujung kuku setelah digunting agar tidak melukai kaki kamu. Hal yang perlu kamu hindari adalah menggunting kutikula kuku dan juga sudut kuku yang masuk kedalam daging agar tidak terluka. Apabila kamu kesulitan untuk melakukan hal tersebut, disarankan untuk berkunjung ke salon kecantikan atau bisa juga ke dokter. Dengan begitu, resiko akan terjadinya luka dapat diminimalisir.

 

4. Hindari berjalan tanpa menggunakan alas kaki

Perawatan kaki diabetes selanjutnya memang sangat disarankan untuk selalu menggunakan alas kaki, terutama pada saat berjalan di tempat-tempat terbuka. Berbagai macam benda-benda kecil seperti halnya kerikil atau pun berbagai macam pecahan kaca yang tidak terlihat, tentunya akan sangat rentan terkena kaki yang mana hal ini bisa berbahaya untuk kaki kamu. Sebaiknya selalu gunakan alas kaki baik di dalam rumah maupun diluar rumah. Hal ini secara tidak langsung dapat merendahkan tingkat resiko terluka pada area telapak kaki.

 

5. Menggunakan sepatu yang pas dan nyaman

Sebaiknya kamu bisa melindungi kaki kamu dengan sepatu yang pas dan nyaman di kaki. Selain itu hindari pula sepatu yang memiliki bentuk runcing  pada ujung sepatunya, sepatu ber-hak tinggi atau sepatu yang memiliki ujung terbuka yang mana hal ini sangat berpotensi melukai ujung jari kaki karena dapat terkena benda-benda yang ada disekitar. Tingkat kelembapan kulit pada sepatu yang kekecilan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih mudah mengelupas hingga mengalami luka. Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat sirkulasi udara pada sepatu menjadi terhambat sehingga menimbulkan bakteri yang menumpuk pada kaki.

 

Nah itulah perawatan kaki diabetes yang sangat disarankan agar kaki penderita tetap terjaga dan terhindar dari masalah luka. Bagi penderita diabetes, sekecil apapun luka memang tidak dapat disepelekan begitu saja. Mencegah terjadinya luka menjadi suatu hal yang perlu dilakukan dan perlunya perhatian khusus. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*