Penyebab Serangan Jantung Dapat Disebabkan Oleh Perasaan Cemas dan Stres

Penyebab serangan jantung

Penyebab serangan jantung – Dapat dipastikan bahwa semua orang pernah merasakan yang namanya rasa cemas, khawatir, dan takut. Tidak  hanya itu saja, setiap orang juga pernah merasakan yang namanya kebingungan sehingga membuatnya berpikir sangat berat. Terkadang beberapa orang seringkali dan mudah merasakan yang namanya tertekan. Hal ini seringkali membuat seseorang mengalami stres dan depresi yang bisa memicu terjadinya gagal jantung.

Perlu kita ketahui bahwa, menjadi  pribadi  yang seringkali dan mudah mengalami perasaan cemas dan khawatir merupakan hal yang tidak baik untuk  kesehatan fisik maupun psikis. Perasaan cemas juga akan dapat membuat tubuh kita memiliki risiko terhadap berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan. Menurut hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa munculnya perasaan cemas dan stres sangat berisiko menjadi penyebab serangan jantung.

Tidak hanya itu saja, para peneliti juga menyebutkan bahwa perasaan cemas, khawatir dan stres akan dapat merubah hormon yang ada di dalam tubuh. Sama seperti halnya stres, munculnya perasaan cemas dan khawatir akan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun, membuat sistem peredaran darah menjadi tidak berjalan dengan baik dan juga dapat membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Kalau sudah seperti ini, dapat dipastikan bahwa hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ dalam tubuh khususnya pada organ jantung.

 

Hasil penelitian

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dengan 7 ribu sampel menunjukkan bahwa, mereka yang seringkali dan mudah merasakan cemas, khawatir dan stres memiliki risiko tinggi sebagai penyebab serangan jantung. Selain itu, orang-orang ini juga dapat memiliki risiko terhadap stroke dan hipertensi lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki pribadi tenang dan sabar. Menurut penelitian mengungkapkan bahwa “ Saat cemas dan stres yang melanda,  maka orang cenderung mengabaikan kesehatan mereka. Orang-orang ini juga akan menjalankan pola hidup yang tidak sehat, yang mana akan dapat menganggu kesehatan dari jantung itu sendiri”.

Depresi atau stres sangat berbahaya sekali, karena depresi dapat membunuh dengan sangat cepat tanpa kita sadari. Disaat seseorang mengalami depresi karena merasa hidupnya tidak berarti lagi, hal itulah yang dapat menyebabkan kematian. Tidak boleh sekali-kali menyepelekan tingkat stres atau depresi anda. Jika anda melihat seseorang menderita stres atau depresi, cobalah untuk menenangkannya dan ajak ia berbicara. Dengan begitu, Anda sudah menyelamatkan seseorang dari serangan jantung yang dapat berakibat kematian.

Nah, jika kamu ingin terhindar dari penyebab serangan jantung tersebut, sebaiknya pastikan bahwa tubuh kamu senantiasa tenang dan jangan mudah merasa cemas, khawatir dan bahkan stres. Untuk dapat mengatasi perasaan cemas dan khawatir tersebut memang tidak dapat dilakukan dengan mudah. Namun selama kita mencoba untuk melakukannya, maka perasaan cemas tersebut akan secara perlahan menjadi berkurang. Jadi hindarilah perasaan cemas, khawatir dan stres untuk kesehatan jantung kita. Semoga bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga



2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Penyebab Jantung Koroner Yang Harus Di Hindari Sedini Mungkin - Tips Kebugaran
  2. Tips Menjaga Kesehatan Mental Agar Terhindar Dari Depresi - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*