5 Jenis Makanan Dan Minuman Penyebab Sakit Gigi

Penyebab sakit gigi

Penyebab Sakit Gigi – Makanan merupakan salah satu hal yang tentu saja sangat akrab dengan bagian gigi. Gigi yang berfungsi mencacah makanan sebelum masuk kedalam kerongkongan hingga ke sistem pencernaan, tentu saja bisa rusak dengan jenis makanan tertentu yang dikunyah oleh gigi. Banyak memang untuk jenis makanan bahkan minuman yang bisa menjadi penyebab sakit gigi anda jika terlalu sering di konsumsi. Hal ini bisa disebabkan karena bahan makanan dan minuman ini memilki kandungan zat tertentu yang bisa merusak lapisan gigi.

Seperti misalnya zat asam hingga zat lainnya yang bersifat korosif. Maka dari itu, sangat penting untuk anda ketahui bahwa banyak sekali jenis makanan dan minuman yang justru bisa berperan dalam merusak lapisan gigi. Hal ini sangat perlu diketahui karena anda pun nantinya bisa memfilter makanan mana saja yang sebaiknya anda konsumsi dan hindari. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan juga minuman penyebab sakit gigi yang bisa anda coba ketahui agar nantinya gigi anda tidak mengalami masalah.

 

Makanan Dan Minuman Penyebab Sakit Gigi

 

1. Buah-buahan asam

Buah-buahan asam - Penyebab sakit gigi

Penyebab sakit gigi yang pertama adalah buah-buahan yang berasa asam. Biasanya, buah-buahan asam ini merupakan salah satu buah yang memang sehat untuk dikonsumsi. Namun ternyata sifat asamnya ini memiliki PH yang rendah, dimana bisa membuat lapisan email gigi menjadi rusak, dan juga akan membuat bagian luar gigi terasa ngilu serta gigi dapat menjadi sensitif. Namun demikian anda bisa mengkonsumsinya dengan cara yang sehat, karena bagaimanapun buah-buahan asam ini juga memberikan kontribusi asupan nutrisi yang baik untuk tubuh.

 

2. Kopi

Kopi - Penyebab sakit gigi

Minuman yang memiliki kandungan kaffein ini merupakan salah satu minuman yang memiliki sifat asam tinggi. Kopi ini sendiri memang bersifat korosif dan membuat lapisan email gigi terkikis. Maka dari itu, tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi secara berlebihan karena akan berpotensi menjadi penyebab sakit gigi anda, seperi misalnya warna gigi yang menguning, dll.

 

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda - Penyebab sakit gigi

Selain kopi, minuman yang berpotensi menjadi penyebab sakit gigi adalah minuman yang mengandung soda. Minuman yang satu ini juga merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki kandungan kadar asam yang cukup tinggi. Ketika anda mengkonsumsi minuman yang satu ini tidak disarankan untuk ditahan di bagian mulut sebelum menelannya, karena akan menyebabkan minuman ini berinteraksi langsung dengan gigi, yang akan menyebabkan resiko kerusakan pada bagian gigi anda.

 

4. Roti

Roti - Penyebab sakit gigi

Siapa sangka makanan yang memiliki kadar nutrisi tinggi ini, merupakan salah satu yang berpotensi merusak gigi. Makanan seperti kue kering, biskuit hingga roti ini, memiliki sifat yang lengket, dimana sifat lengket ini berpotensi menimbulkan plak dan tentu saja akan membuat karang pada bagian gigi, yang bisa merusak lapisan gigi. Sehingga efek dari keroposnya lapisan gigi ini dapat menjadi penyebab sakit gigi yang diakibatkan dari jumlah bakteri yang meningkat.

 

5. Es

Es - Penyebab sakit gigi

Minuman dingin yang satu ini, memang menjadi salah satu kegemaran sebagian besar masyarakat terutama di daerah tropis. Es memiliki lapisan yang keras, dan menjadi penyebab gigi sensitif, sehingga anda yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu, akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian enamel gigi anda. Kerusakan pada enamel gigi, akan menjadi penyebab sakit gigi yang mudah berlubang.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat Dan Alami

 

Demikianlah ulasan dari Tips Kebugaran mengenai beberapa jenis makanan dan juga minuman yang berpotensi menjadi penyebab sakit gigi anda. Semoga bermanfaat sebagai salah satu sumber informasi yang bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan gigi. Be Healthy !!

Baca Juga

1 Trackback / Pingback

  1. 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat Dan Alami - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*