Ketahui 3 Penyebab Kanker Serviks Secara Umum Sebelum Terlambat

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker ServiksKanker serviks merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat dari sel-sel pada serviks mulai tumbuh dengan tidak terkendali. Sel-sel tersebut berkembang dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan tumbuhnya tumor pada serviks. Keadaan demikian juga tentunya akan mengakibatkan gejala kanker jika keadaan rahim telah mengalami gangguan. Biasanya saat dalam stadium awal, seorang wanita yang menderita kanker serviks akan mengalami pendarahan yang melebihi batas, nyeri saat berhubungan seks, serta cairan vagina tidak normal yang disertai dengan darah. Dengan demikian tentunya dapat menganggu kesehatan penderita kanker serviks.

Kanker serviks salah satu penyakit yang menyerang wanita hampir di seluruh dunia. Selain itu, kanker serviks juga dapat menyerang wanita pada usia berapapun. Dengan demikan akan semakin membuat kanker serviks menjadi momok yang paling menakutkan bagi wanita. Namun untuk menghindari Anda terkena penyakit kanker serviks, Anda juga harus mengetahui penyebab dari kanker serviks. Nah, untuk mengetahui secara lengkap penyebab kanker serviks, silahkan simak ulasan Tips Kebugaran berikut ini.

 

Penyebab Kanker Serviks Secara Umum

Di bawah ini ada beberapa penyebab kanker serviks yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa penyebabnya diantaranya:

 

1. Terlalu Sering Melahirkan Anak

Penyebab kanker serviks yang pertama yaitu akibat terlalu sering melahirkan anak. Seorang wanita yang sering melahirkan  dua kali lipat dapat terkena penyakit kanker serviks. Misal jika seorang wanita yang telah melahirkan anak tiga, dipastikan akan mengalami resiko kanker serviks tiga kali lipat daripada wanita yang tidak pernah melahirkan. Sebab ketika sedang hamil akan membuat leher rahim lebih rentan terserang HPV. Untuk itulah usahakan untuk mengkonsultasikan ke dokter kandungan untuk hamil sesuai dengan prosedur.

 

2. Human Papilloma Virus (HPV)

Penyebab kanker serviks yang selanjutnya yaitu Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini termasuk virus yang bisa menular dan menyebar, tidak hanya melalui cairan melainkan juga bisa melalui sentuhan kuit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV dapat menjangkiti seseorang yang menggunakannya jika tidak dibersihkan dengan baik. Dengan demikian, dipastikan HPV akan menyerang wanita yang sehat. Penyebab kematian para penderita kanker serviks biasanya adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Tipe ini termasuk sudah tipe akut.

 

3. Melakukan Hubungan Intim Pada Usia Dini

Penyebab kanker serviks yang terakhir yaitu melakukan hubungan intim pada usia dini. Menikah muda merupakan salah satu hal wajar yang saat ini terjadi, ditambah dengan berkembangan zaman yang semakin maju menjadikan pergaulan juga semakin bebas. Tidak heran, jika banyak remaja-remaja yang hamil di usia dini. Hamil secara dini inilah yang menyebabkan kanker serviks bisa tumbuh. Sebab kondisi rahim belum siap untuk menerima janin, sehingga virus HPV bisa menyerang leher rahim. Melakukan hubungan intim seharusnya pada uisa lebih dari 16 tahun, agar resiko terkena kanker serviks dapat diminimalisir.

 

Nah, itulah 3 penyebab kanker serviks paling umum yang bisa Anda jadikan pedoman, agar tidak terjangkit penyakit kanker serviks. Simak ulasan kita tentang kanker serviks pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi banyak orang, Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*