Penyebab Gagal Ginjal Akut Yang Harus Anda Ketahui

Gagal ginjal akut

Gagal ginjal merupakan istilah umum yang sering di ucapkan banyak orang untuk menggambarkan kondisi di mana ginjal kehilangan fungsinya sebagai salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia. Namun tahukah Anda jika gagal ginjal ternyata terbagi menjadi dua jenis yang berbeda. Dalam dunia kesehatan ada dua jenis gagal ginjal yang bisa terjadi pada tubuh kita, yaitu gagal ginjal akut dan kronik. Keduanya di bedakan berdasarkan faktor penyebab dan sifatnya. Secara umum pengertian gagal ginjal akut dapat di definisikan sebagai terhentinya fungsi ginjal yang terjadi dalam waktu yang singkat dan mendadak namun relatif lebih mudah di sembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik terjadi secara perlahan-lahan namun cenderung bersifat permanen.

Pada kesempatan ini, Tips kebugaran akan membahas salah satu jenis gagal ginjal yang sering terjadi yaitu gagal ginjal akut. Jika Anda dapat mengerti dan menerapkan ulasan ini, setidaknya penderita ginjal bisa sembuh dan dapat menjauh dari kembalinya penyakit gagal ginjal. Simak baik-baik ya.

 

Penyebab Gagal Ginjal Akut

Sakit ginjal akut seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bisa terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Pada umumnya penyebab gagal ginjal di sebabkan karena adanya kerusakan pada ginjal yang membuat fungsinya menjadi terganggu. Kehilangan banyak darah adalah salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal akut. Bisa karena kecelakaan yang menyebabkan luka mengaga dan membuat kehilangan banyak darah atau karena operasi besar. Selain kehilangan banyak darah, penyakit batu ginjal akut juga bisa di sebabkan karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab gagal ginjal akut lainnya bisa juga di sebabkan karena penggunaan obat-obatan dosis tinggi yang menyebabkan ginjal harus bekerja ekstra keras. Jika penggunaan obat-obatan dosis tinggi memang harus di lakukan, sebaiknya Anda mengimbanginya dengan minum air putih yang banyak minimal 2 liter setiap harinya.

Peradangan akibat infeksi bakteri pada ginjal juga dapat menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal akut. Kerusakan yang di timbulkan oleh infeksi biasanya bersifat massive dan dapat menyebabkan ginjal menjadi rusak total sehingga harus di lakukan proses pengangkatan ginjal. Peradangan ginjal dapat diakibatkan dari kerasnya minuman alkohol yang banyak dan sering dikonsumsi sehingga membuat proses pengolahan pada ginjal menumpuk. Hal ini berdampak pada pengikisan pada dinding ginjal sehingga membuat ginjal bengkak.

 

Gelaja Penyakit Gagal Ginjal Akut

Tanda dan gejala gagal ginjal akut pada seseorang cenderung lebih mudah di deteksi dibandingkan dengan gagal ginjal kronik. Hal ini di sebabkan karena jenis gagal ginjal ini menimbulkan dampak yang langsung terlihat, berbeda dengan gagal ginjal kronik yang cenderung terjadi secara perlahan dan hanya bisa dirasakan saat kerusakan yang terjadi sudah parah.

Beberapa tanda dan gejala gagal ginjal akut biasanya berupa :

  1. Rasa haus yang berlebihan
  2. Rasa nyeri hebat pada pinggang
  3. Lemas dan lesu
  4. Tekanan darah rendah
  5. Urine yang semakin hari semakin sedikit dan kental, bahkan mengeluarkan darah dari urine.

Jika hal ini terjadi berarti gagal ginjal akut sudah hampir merusak seluruh bagian ginjal Anda.

 

Cara Pengobatan Gagal Ginjal Akut

Jika gejala ginjal sudah terjadi, maka cara pengobatan yang paling tepat adalah dengan melakukan langkah medis di rumah sakit. Tidak ada cara mengobati penyakit ginjal akut yang dapat di lakukan sendiri, karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit serius yang membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.

Beberapa perawatan yang akan di dapatkan orang yang mengalami penyakit ginjal akut adalah dengan melakukan monitoring kandungan asam, kreatinin dan kandungan garam dalam darah. Jika kadarnya terlalu tinggi dan sudah dalam tahap membahayakan maka akan di lakukan proses cuci darah.

Selain itu juga harus di lakukan pengecekan kondisi ginjal yang mengalami kerusakan, jika terjadi infeksi maka harus segera di lakukan penanganan agar tidak terjadi peradangan yang menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa hebat.

 

Demikianlah pembahasan dari Tips Kebugaran mengenai penyakit gagal ginjal akut lengkap dengan gejala dan penanganannya. Jenis gagal ginjal ini sangat rentan dengan daya tahan tubuh. Kondisi badan yang terus menerus menurun dapat membuat penderita menjadi mudah terserang penyakit lainnya. Perbanyak minum air putih dan sebisanya untuk mengurangi konsumsi obat-obatan medis adalah jalan terbaik agar terhindar dari penyakit ini. Semoga bisa bermanfaat. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mudah dan Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Baik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*