Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan

Menghilangkan bau badan

  Setiap orang memiliki solusi yang berbeda untuk cara menghilangkan bau badan tak sedap sesuai dengan karakter dan kondisi tubuhnya. Salah satu hal yang dapat mengganggu penampilan adalah karena adanya bau badan tak sedap. Dengan bau badan tak sedap ini, orang akan kehilangan rasa percaya diri dan cenderung minder. Berikut ini akan dibahas mengenai seluk beluk bau badan tak sedap mulai dari penyebabnya hingga cara menghilangkan bau badan.

 

– Kemunculan bau badan tak sedap.

Secara alamiah setiap orang akan mengeluarkan keringat dari dalam tubuhnya. Ada dua jenis kelenjar keringat yang dimiliki oleh semua orang yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di hampir setiap lapisan luar tubuh dan berfungsi mengeluarkan keringat sebagai hasil dari metabolisme dan berguna untuk mengatur suhu tubuh.

Sementara kelenjar apokrin terletak pada ketiak, payudara, kemaluan serta anus. Saat usia remaja, kelenjar tersebut sangat aktif dan menghasilkan banyak protein dan lemak. Nah, apabila minyak pada tubuh bercampur dengan keringat dan diuraikan oleh bakteri, maka inilah yang kemudian menimbulkan bau badan tidak sedap.

 

– Penyebab bau badan tak sedap.

  1. Faktor emosional dan stres
    Saat kita mengalami tekanan pikiran dan emosional, kelenjar apokrin akan bekerja lebih cepat dan menghasilkan banyak keringat pada tubuh. Jika terurai oleh bakteri, maka akan muncul bau pada keringat yang kurang enak.
  2. Faktor hormonal
    Bau badan tidak sedap juga bisa ditimbulkan karena faktor hormonal. Hal ini biasa terjadi pada usia beranjak remaja di mana siklus hormonal berubah drastis dan mengakibatkan produksi keringat meningkat.
  3. Pola konsumsi yang kurang sehat
    Pola konsumsi makanan yang kurang sehat juga bisa menimbulkan bau badan tidak sedap. Seringnya mengkonsumsi daging berlemak, rempah-rempah secara berlebihan dan kurang meminum air putih secara rutin misalnya, menjadi faktor penyebab bau badan.
  4. Pola hidup tidak teratur
    Pola hidup yang tidak teratur menjadi salah satu penyebab bau badan tidak sedap. Hal ini disebabkan misalnya karena jarang mandi, jarang berolah raga, sering menggunakan pakaian tanpa mengganti dan kurang istirahat.
  5. Faktor penyakit
    Faktor penyakit menjadi salah satu penyebab munculnya bau badan tak sedap. Beberapa penyakit tersebut misalnya diabetes dan lever.

 

– Cara menghilangkan bau badan tak sedap.

Banyak cara untuk mengatasi bau badan tidak sedap. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau badan tidak sedap yang perlu anda ketahui :

  1. Biasakan pola hidup sehat
    Cara menghilangkan bau badan tidak sedap yang pertama dan paling utama adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Mandi secara teratur, pakailah pakaian sekali cuci serta jaga waktu istirahat anda dengan baik. Menghindari begadang juga merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat sebagai cara menghilangkan bau badan tidak sedap.
  2. Jaga pola makan anda
    Menjaga pola makan dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bau badan tidak sedap. Hindarilah mengkonsumsi makanan berlemak, kurangi konsumsi bumbu rempah seperti bawang putih dan bawang merah berlebih. Biasakan secara rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Jika anda merasa memiliki pola makan yang tidak sehat maka segera ubah pola makan anda sebagai cara menghilangkan bau badan yang efektif.
  3. Kontrol berat badan
    Mengontrol berat badan juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau badan tidak sedap. Berat badan berlebih dapat mengakibatkan kelenjar keringat sering bergesekan dan mengakibatkan keringat terurai oleh bakteri sehingga mengakibatkan bau badan tidak sedap.
  4. Menggunakan parfum
    Menggunakan parfum juga menjadi alternatif untuk mengatasi bau badan tidak sedap. Gunakan parfum secara rutin setiap hari saat anda akan beraktivitas.
  5. Menggunakan bahan-bahan alami
    Berbagai jenis bahan alami yang mudah didapat bisa anda gunakan untuk mengatasi bau badan tidak sedap. Beberapa contoh bahan alami untuk mengatasi bau badan tidak sedap antara lain adalah jeruk nipis, lemon dan cuka putih.
  6. Konsultasi ke dokter
    Jika berbagai cara sudah anda lakukan untuk mengatasi bau badan tidak sedap namun gagal, maka anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi masalah anda tersebut. Dokter akan memberi solusi atau obat untuk mengatasi bau badan tidak sedap yang anda alami.

Baca Juga : 5 Cara Alami Ini Ampuh Mengatasi Masuk Angin

 

Sayangi tubuh dan jaga kesehatan anda jika ingin terhindar dari masalah bau badan. Lakukan beberapa cara di atas apabila anda bingung mencari cara menghilangkan bau badan tidak sedap yang anda alami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca. Be Healthy !!

Baca Juga



1 Trackback / Pingback

  1. 5 Cara Alami Ini Ampuh Mengatasi Masuk Angin - Tips Kebugaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*