Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

penyebab dan cara mengatasi insomnia

  Insomnia merupakan penyakit gangguan tidur di malam hari yang sering terjadi pada orang dewasa, baik itu wanita maupun pria. Saya yakin anda semua pernah mengalami yang namanya insomia, yang menyebalkan yaitu saat mata sudah ngantuk tapi kita tidak bisa tidur. Pada umumnya orang yang terkena insomnia akan mengalami kepala pusing, kurang darah dan tidak bisa konstentrasi. Banyak literatur yang memaparkan penyebab dan cara mengatasi insomnia ini lebih kepada merubah kebiasaan atau pola hidup kita yang salah.

Ada beberapa macam penyebab yang dapat menimbulkan insomnia, salah satunya minum kopi atau sedang stres. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi simak informasi penyebab dan cara mengatasi insomnia, yang ada dibawah ini :

 

Penyebab Insomnia

 

1. Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan merupakan salah satu dari beberapa penyebab insomnia yang sering ditemukan para penderita Insomnia. Misalkan orang yang sedang mengalami radang sendi, pasti mereka akan mengalami insomia sebab  rasa sakit membuat mereka tidak dapat tertidur.

2. Stres

Selain masalah kesehatan, salah satu penyebab dari insomia yaitu stress. Dan menurut penilitian, bahwa stres juga bisa menyebabkan insomnia kronis sehingga kembali ke pola tidur yang sehat mungkin sulit. Orang yang sedang memiliki rasa cemas yang tinggi, pasti sangat sulit untuk tidur.

3. Obat dan Alkohol

Mengkonsumsi obat dan alkohol terlalu sering juga salah satu penyebab dari insomnia, agar terhindar dari insomnia sebaiknya anda menjauhi dari penyalahgunaan obat obatan. Bahkan obat yang diresepkan pun bisa memicu insomnia seperti beta-blocker.

Itulah beberapa penyebab yang bisa anda ketahui, jika sudah mengetahui penyebab pastinya anda juga harus mengetahui gimana caranya mengatasi insomnia. Berikut ini cara menghilangkan insomnia, yang bisa anda lakukan.

 

Cara Mengatasi Insomnia

 

1. Latihan Meditasi dan Pernapasan

Meditasi telah dikenal dari manfaat pertama yang membuat tubuh menjadi rileks. Di tambah dengan latihan pernapasan dapat membuat nafas menjadi halus dan tenang. Kedua latihan ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang bisa anda lakukan dirumah.

2. Hindari Kegiatan di Tempat Tidur

Untuk mengatasi insomnia selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan menjauhi dan menghindari kegiataan di tempat tidur. Yang namanya tempat tidur, seharusnya hanya buat tidur jangan digunakan kegiatan lainnya. Bila anda sudah merasa mengantuk, sebaiknya anda langsung tidur saja jangan melakukan kegiatan lainnya.

3. Olahraga Secara Teratur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa olahraga secara teratur dapat memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang sehat dapat membuat Anda melawan strees menyebabkan insomnia.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Insomnia Dengan 5 Jenis Makanan Lezat

4. Jauhi Konsumsi Kafein di Sore Hari

Salah satu cara mengatasi insomnia yang bisa anda lakukan yaitu dengan menjauhi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman energi. Kafein yang masuk di dalam tubuh  akan membuat Anda sulit tidur.

 

Seperti yang sudah Tips Kebugaran paparkan diatas, beberapa penyebab dan cara mengatasi insomnia adalah dengan cara merubah pola hidup kita yang salah. Semoga Tips Kesehatan ini bermanfaat bagi anda maupun orang di sekeliling anda. Be Healthy !!

Baca Juga

1 Komentar

  1. Dapat dimengerti ni tips nya, berarti harus olahraga sore dan jgn minum kopi setelah sore hari. Jauhkan handphone jika sudah diatas kasur. Bisa dicoba nie min tipsnya. Trims ya.

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Menghilangkan Insomnia Dengan 5 Jenis Makanan Lezat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*