4 Hal Tentang Penyakit Diabetes Yang Harus Diketahui

penyakit diabetes

  Penyakit diabetes adalah penyakit yang sudah menyebar ke seluruh belahan dunia dan menjangkit jutaan manusia. Penyakit ini termasuk ke dalam kategori penyakit berbahaya dan bisa menimbulkan kematian pada penderitanya. Penyakit ini juga bersifat keturunan, yang artinya penyakit ini dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Jadi, apabila keluarga anda memiliki riwayat penyakit diabetes, sebaiknya anda memeriksakan diri, karena bisa saja anda telah mengidap penyakit ini.

Menurut lembaga kesehatan dunia WHO, jumlah penderita diabetes di Indonesia pada tahun 2009 telah mencapai angka 8 juta jiwa dan angka ini akan terus bertambah menjadi 21 jiwa ketika mencapai tahun 2025. Meskipun berbagai riset dan percobaan dengan didukung oleh teknologi tinggi dan jutaan ahli kesehatan, namun sayangnya sampai sekarang ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes secara total.

Pada umumnya, penderita penyakit diabetes ini sensitif sekali terhadap luka atau infeksi pada kulit. Luka ini akan memerlukan jangka waktu yang sangat lama dalam proses penyembuhannya, bahkan parahnya luka ini bisa membesar dan bernanah. Inilah sebabnya penyakit diabetes ditakuti oleh setiap orang. Setiap orang tentunya ingin mempunyai tubuh yang sehat, namun jarang bagi mereka untuk menjaganya.

Oleh karena itu, untuk lebih jelas simaklah segala hal tentang penyakit diabetes yang akan diuraikan sebagai berikut.

 

4 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Penyakit Diabetes

 

1. Jenis Diabetes

  Sebenarnya, penyakit diabetes ini dibagi ke dalam 2 jenis, yaitu penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Gejala kedua penyakit ini tidak jauh berbeda dan kompilasi yang dihasilkan juga tidak beda jauh.

Namun, penyebabnya berbeda. Pada diabetes tipe 1, disebabkan karena faktor keturunan. Sedangkan pada diabetes tipe 2 ini disebabkan karena kelalaian manusia itu sendiri. Misalnya dengan malas berolahraga, obesitas, tekanan emosional dan stress, gemar makan makanan manis, atau tidak memperhatikan pola makan yang sehat.

 

2. Penyebab Diabetes

  Diabetes atau yang sering disebut sebagai kencing manis ini disebabkan karena kadar gula di dalam tubuh terlalu tinggi dan telah melampaui batasan normal yang diperbolehkan. Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh akan menghambat pancreas dalam memproduksi hormone insulin. Walaupun ada hormone insulin yang diproduksi, maka hasilnya tidak sempurna. Hormone insulin ini berperan penting dalam membantu proses metabolisme dan mengatur kadar gula dalam darah, sehingga jumlahnya tidak terlalu sedikit atau tidak terlalu banyak, dengan kata lain seimbang.

 

3. Gejala Diabetes

Ada beberapa gejala yang akan ditunjukkan oleh penderita penyakit diabetes, misalnya :

  • Selalu ingin buang air kecil.
  • Pada umumnya, jumlah air seni juga lebih banyak dibandingkan orang normal.
  • Mengalami dehidrasi, sehingga anda sering merasa haus.
  • Nafsu makan meningkat drastis dan selalu merasa lapar.
  • Biasanya berat badan akan menurun secara drastis tanpa sebab.
  • Pada umumnya juga akan terjadi pembengkakan pada kaki.
  • Mengalami rabun penglihatan secara tiba-tiba.
  • Permukaan kulit akan menjadi mudah terluka dan luka tersebut sulit sekali disembuhkan.

Gejala diabetes merupakan segala hal tentang sakit diabetes yang perlu anda waspadai dan perhatikan dengan cermat.

 

4. Cara Mencegah Diabetes

  Salah satu hal yang paling penting dalam segala hal tentang penyakit diabetes, tentunya adalah cara mencegahnya. Ada beberapa cara yang dapat anda jadikan panduan, diantaranya :

  • Perbanyak mengonsumsi makanan bergizi, misalnya sayuran atau buahan yang banyak mengandung serat.
  • Hindari juga makanan kalengan dan makanan instan.
  • Sebaiknya anda kurangi frekuensi anda dalam mengonsumsi mie, baik yang instan maupun tidak.
  • Hal yang paling penting tentunya anda harus menghindari konsumsi makanan manis, misalnya permen, coklat, kue, gula, dan lainnya.
  • Sebaiknya anda memperbanyak minum air putih, usahakan minum 9 gelas per harinya.
  • Apabila anda ingin minum jus, sebaiknya pilihlah jus yang benar-benar alami dan bukan berasal dari sirup.
  • Pastikan juga bahwa tubuh anda mendapatkan istirahat yang cukup dan hindari kelelahan, misalnya lembur.
  • Olahraga secara teratur dan rutin.

Baca Juga : 2 Dampak Negatif Smartphone Sebelum Tidur

 

  Pola hidup yang salah merupakan faktor terbesar dari terjangkitnya penyakit diabetes tersebut. Semoga dengan pengenalan tentang Diabetes diatas, Tips Kebugaran berharap dapat membantu anda ataupun orang terdekat untuk menghindari akan terkena penyakit diabetes. Mulailah hidup sehat dari sekarang. Be Healthy !!

Baca Juga



2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Tanda-tanda Diabetes Yang Perlu Diwaspadai Ketika Merasakannya
  2. Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Aman Dikonsumsi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*