Penanganan Pertama Pada Luka Bakar

penanganan luka bakar

  Luka bakar, salah satu resiko yang sering terjadi ketika melakukan aktifitas baik dirumah maupun dimana saja. Resiko terkena luka bakar sering terjadi karena percikan minyak goreng yang mengenai tangan ketika tengah menggoreng, memegang tungku panas ketika memasak, menyentuh telapak panas setrika, atau luka bakar ditempat kerja. Hampir setiap orang mengalaminya, dan hampir setiap orang mendapatkan luka maupun bekas luka yang diakibatkan oleh luka bakar. Ada begitu banyak cara penanganan luka bakar yang beredar dilingkungan kita, namun hanya cara yang tepat dan sesuailah yang mampu mempercepat proses kesembuhan luka bakar tersebut.

Mengalami luka bakar tentu membuat khawatir, namun hal ini tidak dapat dipungkiri begitu saja sebab resiko akan selalu ada dalam kehidupan sehari hari. Ketika luka bakar dialami ditangan, hal ini tentu tidak terlalu mempengaruhi penampilan, namun apa jadinya ketika luka bakar dialami pada area wajah, sehingga menyebabkan bekas luka yang terlihat jelas. Sayang seribu sayang tentunya, menghindarinya tentu lebih baik, utamanya untuk anak anak. Maka dari itu, kita harus mengetahui tata cara yang tepat dalam penanganan luka bakar, agar kelak tidak panik saat mengalaminya.

 

Jenis Luka Bakar

Ada begitu banyak jenis luka bakar yang biasa dialami dalam kehidupan maupun aktifitas sehari-hari, diantaranya yaitu :

1. Luka bakar karena api – Luka bakar ini dialami sebab bagian tubuh melakukan kontak dengan api, atau dengan benda benda padat yang menghantar panas, seperti setrika, penggorengan, tungku, knalpot dan lain sebagainya.

2. Luka bakar air panas – Untuk luka bakar air panas, disebabkan oleh benda cair panas yang mengenai bagian tubuh, seperti minyak panas misalnya, selain itu masih banyak benda cair panas lainya. Biasanya keadaan parahnya luka ditentukan dari kekentalan cairan panas yang mengenai bagian tubuh,

3. Luka bakar kimia – Luka bakar jenis ini tentu disebabkan oleh bahan bahan kimia yang memiliki sifat keras. Diantaranya basa keras serta asam keras

4. Luka bakar akibat listrik – Listrik memiliki aliran yang biasanya tidak begitu terlihat, namun teganganya mirip dengan sambaran petir, bahkan tidak jarang menyebabkan kematian.

5. Luka bakar karena radiasi – Luka bakar dengan jenis ini biasanya disebabkan oleh sinar radiasi, atau bisa juga berupa gelombang radiasi yang memiliki sifat panas. Sinar matahari salah satu contohnya, selain itu radiasi tinggi juga terdapat pada alat alat penghancur kanker.

 

Tingkatan Luka Bakar

Tingkat keparahan Luka bakar biasanya didasarkan dari efek yang ditimbulkan. Berikut tingkatan luka bakar :

Luka bakar tingkat I:

Pada Luka bakar tingkat satu, luka yang dialami hanya mengenai lapisan kulit luar, atau kulit ari. Biasanya tampilan kulit yang terkena akan terlihat memerah atau kemerah merahan, akan terasa sedikit nyeri  sebab saraf saraf pada ujung kulit juga ikut tersetuh.  Pada tingkatan ini, luka bakar yang dialami tidak begitu menyebabkan bekas luka maupun lecet.

Luka bakar tingkat II:

Untuk luka bakar tingkat dua , maka luka yang dialami akan mengenai lapisan kulit ari bahkan lapisan kulit jagat yang ada dibagian bawah juga ikut terkena. Contoh luka bakar tingkat dua yaitu luka akibat terkena kenalpot dan  air mendidih. Tampilan kulit yang dialami pada luka bakar tingkat dua yaitu kulit akan tampak melepuh dan berbekas.

Luka bakar tingkat III:

Sementara untuk luka bakar tingkat Tiga, yang terkena adalah kulit, lemak subkutis yaitu jaringan lemak yang terletak dibawah kulit dan diatas otot, sampai otot bahkan hingga tulang. Tingkat keparahany sangat tinggi sehingga mengakibatkan kerusakan jaringan yang permanen, serta mengakibtakan disfungsi ujung saraf serta pembuluh darah.

 

Penanganan Luka Bakar

Dalam mengatasi atau menyembuhkan luka bakar tentu bukan hal yang mudah. Namun jika dibiarkan akan membuat kurang nyaman dengan penampilan. Apalagi bekas yang ditimbulkan dari luka bakar berupa keloid, tentu membuat rasa percaya diri jadi menurun. Dibawah ini penjelasan mengenai penanganan luka bakar secara tepat, yaitu :

1. Pertolongan pertama pada luka bakar – Pernahkah anda terkena luka bakar, kemudian anda mengingat perkataan seseorang sebelumnya yang menyarankan menggunakan pasta gigi, minyak dingin, bahkan kecap ? Tentu pendapat ini sangat tidak tepat, justru cara ini dapat mengakibatkan infeksi serta panas berlebih pada luka. Lantas, bagaimana cara yang dianjurkan ? membasahi luka dengan menggunakan air tapi “bukan air dingin ataupun air es” kurang lebih 30 menit agar kulit terasa dingin, adalah cara yang lebih baik serta lebih dianjurkan.

2. Membersihkan luka – Saat membersihkan luka dapat dimulai dengan mengompres luka menggunakan obat kompres yang dicampur dengan air hangat. Adapun contoh obat kompres yang biasa diberikan antara lain NaCl, Rivanol atau Bethadine.

3. Mengobati luka – Pada pengobatan Luka bakar dapat menggunakan salep antibiotik namun harus dengan rutin. Sementara pada luka bakar yang tingkat keparahanya tinggi, sebaiknya menemui dokter dirumah sakit dengan segera.

4. Menghilangkan bekas luka – Ketika luka bakar telah sembuh, belum berarti masalah telah usai, namun bekas luka yang ditimbulkan kadang menjadi masalah baru. Penanganan pada bekas luka biasanya menggunakan salep kulit yang diberi dokter atau salep kulit yang ada dipasaran. Sementara untuk cara menghilangkan bekas luka secara alami dapat menggunakan parutan ketimun, parutan kentang, bawang putih atau madu. Bahan alami tersebut memiliki sifat yang mendinginkan. Selain itu bahan bahan tersebut dapat pula memberi nutrisi pada jaringan kulit sehingga kulit dapat kembali normal seperti semula.

5. Jangka waktu luka bakar sembuh – Untuk lamanya waktu yang diperlukan agar luka bakar sembuh, akan dipengaruhi dari tingkat keparahan luka itu sendiri, posisi luka yang berada pada area gerak, dan cara penanganan luka disertai tingkat kerutinan dalam perawatan luka.

Baca Juga : Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Cara yang Salah

 

Resiko selalu ada, sebaiknya berhati-hatilah. Semoga Anda dan orang tersayang terhindar dari luka bakar. Semoga artikel tentang penanganan luka bakar yang dapat Tips Kebugaran berikan ini, dapat bermanfaat untuk anda maupun orang terdekat. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*