8 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Secara Rutin di Pagi Hari

Olahraga Yang Cocok Di Pagi Hari

Olahraga merupakan cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan. Beberapa penelitian ilmiah mengungkapkan dengan rajin berolahraga minimal 10 menit setiap pagi dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Yups, hanya 10 menit tidak perlu lama-lama, sedangkan waktu yang paling tepat adalah pagi hari dimana udara masih segar dan sinar matahari masih sehat. Namun, pilihlah olahraga yang cocok di pagi hari, sekiranya yang tidak terlalu menguras tenaga.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin berolahraga yaitu sirkulasi darah menjadi lancar sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan pikiran menjadi lebih segar. Selain itu, otot dan persendian menjadi lebih renggang sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan lebih bersemangat. Pastikan jenis olahraga pagi yang Anda lakukan tidak terlalu berat sehingga kondisi tubuh Anda tetap fit ketika menjalani rutinitas harian.

Pertanyaannya, apakah olahraga yang cocok di pagi hari? Silakan Anda simak ulasan Tips Kebugaran berikut ini.

Olahraga yang Cocok di Pagi Hari

1. Bersepeda

Selain bisa dijadikan hobi, bersepeda juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bersepeda dapat membentuk otot tubuh bagian bawah mulai dari perut hingga kaki. Selain itu, juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Anda bisa bersepeda kurang lebih 20 menit setiap pagi sebelum menjalankan aktivitas. Bahkan, sekarang ini sudah banyak komunitas bike to work atau berangkat kerja dengan bersepeda karena selain menyehatkan juga dapat mengurangi polusi udara.

2. Push Up

Dr. Oz Indonesia pernah membahas seputar manfaat push up diantaranya dapat menghilangkan pegal-pegal, membentuk otot lengan, perut, paha dan betis, meningkatkan stamina dan bisa menghilangkan ngantuk. Anda bisa melakukan push up sebanyak 3 set setiap pagi, setiap set dilakukan sebanyak 15 kali. Namun, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu agar ketika push up tangan Anda tidak terkilir.

3. Lompat Tali

Bisa dibilang jika lompat tali merupakan contoh olahraga ringan di pagi hari karena tidak terlalu banyak gerak dan tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas untuk melakukannya. Anda hanya membutuhkan tali ataupun karet sebagai alat bantunya. Lakukan lompat tali sebanyak 30 kali, kemudian istirahat sebentar lalu lanjutkan lagi.

4. Yoga

Gerakan olahraga pagi yang paling tepat dilakukan untuk semua usia adalah yoga. Gerakan ini tidak terlalu sulit dan tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Walaupun muda dilakukan, ternyata yoga memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh seperti melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan pegal, meredakan sakit pinggang dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

5. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan sendiri ataupun secara berkelompok. Salah satu manfaat dari senam aerobik yaitu mampu melepaskan hormone endorphin yang memiliki peran penting untuk meredakan rasa sakit secara alami dan juga menjaga mood Anda agar lebih semangat dalam menjalani aktivitas. Namun, senam aerobik sangat tidak disarankan untuk penderita penyakit jantung dan ibu hamil.

6. Jogging

Lari pagi atau jogging merupakan olahraga favorit banyak orang karena selain menyehatkan juga menyenangkan. Anda bisa jogging sambil menghirup udara pagi yang segar dan menikmati hangatnya matahari pagi yang masih menyehatkan. Kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh dikeluarkan melalui keringat ketika jogging sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

7. Senam Pernafasan

Jika Anda memiliki masalah pada pernafasan, maka olahraga senam pernafasan sangat cocok untuk Anda. Setiap gerakan yang dilakukan pasti terdapat ritme menarik dan mengeluarkan nafas. Senam pernafasan bermanfaat untuk melancarkan sistem pernafasan sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih lancar.

8. Sit Up

Gerakan sit up sangat mudah untuk dilakukan. Namun, supaya badan Anda tidak terasa sakit sebaiknya gunakan matras atau kasur kecil untuk alas sit up. Lakukan gerakan sit up sebanyak 20 kali setiap pagi. Jika perut sudah terasa kencang sebaiknya ambil jeda beberapa saat kemudian lanjutkan kembali. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, sit up juga bermanfaat untuk membentuk otot perut.

Dengan rutin melakukan olahraga yang cocok di pagi hari, maka tubuh kita akan selalu fit dan sehat serta lebih bersemangat dalam menghadapi berbagai macam rutinitas. Catatan penting, wajib melakukan pemanasan sebelum olahraga agar tangan dan kaki tidak kram atau kejang otot ketika berolahraga. Selamat mencoba. Be Healthy !!

Baca Juga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*